PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Ignasius Jonan

Foto:

Ignasius Jonan


Nama Lengkap : Ignasius Jonan

Alias : No Alias

Profesi : Birokrat

Agama : Katolik

Tanggal Lahir : Jumat, 21 Juni 1963

Zodiac : Gemini


Istri : Ratnawati Jona
Anak : Monica, Caterine
BIOGRAFI

Ignasius Jonan, sosok Menteri Perhubungan dalam Susunan Kabinet Kerja Joko Widodo ini lahir di Singapura, 21 Juni 1963.

Sebelum menjabat posisi Menteri Perhubungan periode 2014 hingga 2019, pria berusia 51 tahun menjabat sebagai Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) dari tahun 2009 sampai 2014. Ignasius Jonan menjabat sebagai Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) menggantikan Ronny Wahyudi.

Berbicara soal karir, keberhasilannya menduduki kursi Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia tak terlepas dari karir cemerlangnya selama menjabat sebagai Managing Director Citibank/Citigroup mulai 2006-2009.

Lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Akuntansi, Universitas Airlangga ini juga sempat menempati posisi sebagai Director Citibank/Citigroup dari 1999 hingga 2001 dan Direktur Utama PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) periode 2001-2006.

Prestasi dan etos kerja yang baik dari Menteri Perhubungan ini sempat membuat heboh sosial media kala dirinya masih menjabat sebagai Dirut PT KAI. Saat itu, foto Ignasius Jonan tersebar ke sosial media saat dirinya tertidur di kursi kereta api. Ternyata saat itu, Ignasius Jonan diketahui tak pulang selama 15 hari dan tidur di kereta untuk mengawasi pelayanan kereta api PT KAI. 

Ignasius Jonan yang merupakan alumni dari SMA Katolik St. Louis 1, Surabaya yang berhasil meneruskan pendidikan hingga Fletcher School, Tufts University, AS ini memiliki istri bernama Ratnawati Jonan. Dari pernikahannya tersebut dirinya memiliki dua orang anak, Monica dan Caterine.

Riset dan analisa oleh Dwi Zain Musofa

PENDIDIKAN
  • Fletcher School, Tufts University, AS
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Akuntansi, Universitas Airlangga
KARIR
  • Menteri Perhubungan - Kabinet Kerja Joko Widodo - 2014 - 2019
  • Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) - 2009 - 2014
  • Managing Director Citibank/Citigroup - 2006 - 2009
  • Director Citibank/Citigroup - 1999 - 2001
  • Direktur Utama PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) - 2001 - 2006
SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Rabu, 26 Juli 2017 14:19:43 Kementerian ESDM luruskan isu kedekatan Jonan dengan Indira Soediro

    Foto Menteri ESDM Ignasius Jonan tengah jalan dengan seorang wanita heboh di media sosial. Wanita cantik itu adalah Indira Soediro. Sejak 1 April, Indira direkrut oleh Kementerian ESDM sebagai Tenaga Ahli Bidang Komunikasi.

  • Senin, 24 Juli 2017 12:22:27 Jokowi minta aturan Menteri Jonan tidak hambat dunia usaha

    Presiden Joko Widodo meminta menteri kabinet kerja agar berhati-hati dalam menerbitkan Peraturan Menteri (Permen). Setiap Permen yang dikeluarkan harus memperhatikan pertumbuhan ekonomi. Adapun langkah yang harus diambil menteri kabinet kerja saat ini adalah mempermudah dunia usaha untuk ekspansi, mengembangkan usaha.

  • Rabu, 19 Juli 2017 19:15:35 Menteri Jonan: Komersialisasi mobil listrik bisa lebih cepat

    "Ketika saya berbicara dengan orang-orang di bidang minyak dan gas, mereka mengatakan mungkin itu berlaku secara komersial tahun 2050. Saya tidak berpikir demikian, ini akan berjalan lebih cepat."

  • Kamis, 20 Juli 2017 07:00:00 Buka-bukaan Jonan soal strategi wujudkan mobil listrik Jokowi

    Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, mendorong Badan Pengembangan dan Penerapan Teknologi (BPPT) agar serius untuk mengembangkan proyek mobil listrik. Dia ingin Indonesia bisa menjadi negara produsen mobil ramah lingkungan ini.

  • Rabu, 19 Juli 2017 14:51:33 Jonan: Mobil listrik pakai baterai, ngecharge harus 6 jam

    Menteri ESDM, Ignasius Jonan mengatakan mobil listrik nantinya tidak akan melakukan isi ulang tenaga seperti mobil konvensional seperti stasiun pengisian. Sebab, pengisian tersebut justru akan merepotkan pengguna mobil listrik.

  • Rabu, 19 Juli 2017 15:53:29 Cerita Jonan soal tarif listrik mahal bisa tumbuhkan radikalisme

    Jonan mengakui, jika tarif listrik mahal dan tidak terjangkau oleh masyarakat, maka akan berdampak sangat luas. Salah satunya adalah menimbulkan rasa tidak adil yang dapat memicu kecemburuan sosial.

  • Rabu, 19 Juli 2017 15:59:54 Jalankan perintah Jokowi, Jonan mau SPBU jual baterai mobil listrik

    Setelah mendapat instruksi dari Presiden Joko Widodo, Kementerian ESDM menyusun rancangan kebijakan dalam bentuk peraturan presiden mengenai pengembangan mobil listrik untuk mengurangi emisi karbon.

  • Rabu, 19 Juli 2017 13:40:04 Jonan: Tesla kalau masuk RI harganya bisa Rp 2 M, tak ada yang beli

    Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengungkapkan pemerintah akan mendukung melalui insentif fiskal proyek mobil listrik. Tanpa adanya insentif, niscaya harga mobil listrik tidak akan terjangkau masyarakat luas. Dia menambahkan kebijakan mobil listrik tidak diarahkan kepada jenis EBT.

  • Rabu, 19 Juli 2017 13:27:33 Menteri Jonan sebut pengembangan mobil listrik atas instruksi Jokowi

    Menteri Jonan sebut pengembangan mobil listrik atas instruksi Jokowi. Menteri Jonan mengatakan akan ada peraturan presiden (perpres) mengenai pengembangan mobil listrik di Indonesia. Melalui kebijakan pengembangan mobil listrik ini, impor gas dan bahan bakar minyak akan dapat ditekan.

  • Rabu, 19 Juli 2017 13:27:33 Menteri Jonan sebut pengembangan mobil listrik atas instruksi Jokowi

    Menteri Jonan sebut pengembangan mobil listrik atas instruksi Jokowi. Menteri Jonan mengatakan akan ada peraturan presiden (perpres) mengenai pengembangan mobil listrik di Indonesia. Melalui kebijakan pengembangan mobil listrik ini, impor gas dan bahan bakar minyak akan dapat ditekan.