PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Iriana

Foto:

Iriana


Nama Lengkap : Iriana

Alias : Iriana Joko Widodo | Iriana Jokowi | Iriana Widodo

Profesi : Ibu Negara

Agama : Islam

Tempat Lahir : Surakarta

Tanggal Lahir : Selasa, 1 Oktober 1963

Zodiac : Balance

Warga Negara : Indonesia


Suami : Joko Widodo
Anak : Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, Kaesang Pangarep
BIOGRAFI

Hj Iriana, atau lebih dikenal sebagai Iriana Joko Widodo lahir di Surakarta, Jawa Tengah, pada 1 Oktober 1963. Iriana juga menempuh pendidikan sekolah menengah atas di SMA 3 Solo. Sejak tanggal 20 Oktober 2014, Iriana resmi menjadi Ibu Negara Indonesia, setelah suaminya, Ir. H. Joko Widodo, dilantik menjadi Presiden RI ketujuh 2014 - 2019.

Wanita yang dikenal sederhana ini lahir dari pasangan Noto Mihardjo dan Sujiatmi. Iriana memiliki empat orang saudara dan merupakan teman baik dari Lit Sriyantini, adik Joko Widodo. Kegemarannya mengunjungi Lit inilah yang kemudian mempertemukannya dengan Joko Widodo.

Iriana resmi menikah dengan Jokowi pada 24 Desember 1986 setelah berpacaran selama empat tahun lebih. Saat ini Iriana telah dikaruniai tiga orang anak, antara lain Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep.

Saat awal pernikahan, Iriana diboyong oleh Joko Widodo (Jokowi) yang saat itu bekerja di PT Kertas Kraft Aceh. Iriana setia mendampingi Jokowi mulai suaminya menjadi karyawan, merintis usaha sendiri, hingga Jokowi silantik menjadi seorang presiden. Sama sepertinya sang suami, Iriana juga dikenal sebagai wanita yang sederhana, ramah, dan bersahaja.

Saat mendampingi Joko Widodo sebagai Walikota Solo pada tahun 2005 - 2014, sarjana Ekonomi ini menjadi Ketua Tim Penggerak PKK Kota Surakarta. Iriana juga menjadi Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta ketika suaminya menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Riset dan analisis oleh Kun Sila Ananda

KARIR
  • Ibu Negara Indonesia (2014 - Sekarang)
  • Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta (2012 - 2014)
  • Ketua Tim Penggerak PKK Kota Surakarta (2005 - 2012)
SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Jumat, 21 April 2017 10:49:42 Saat Ibu Negara akting pacaran dengan anak SMA di hadapan Jokowi

    Saat Ibu Negara akting pacaran dengan anak SMA di hadapan Jokowi. Ibu Negara Iriana Joko Widodo berakting pacaran bersama salah satu siswa SMK N 8 Surakarta bernama Frans Dito dalam acara Sosialisasi Bahaya Narkoba, Pornografi, dan Kekerasan terhadap.

  • Selasa, 28 Maret 2017 16:03:00 Iriana bakal berkunjung ke Pekanbaru, 540 personel disiagakan

    Iriana bakal berkunjung ke Pekanbaru, 540 personel disiagakan. Iriana dan rombongan dijadwalkan mengunjungi sejumlah tempat seperti PAUD Mekar dan berdialog dengan 1.800 guru PAUD yang mengikuti pelatihan di Universitas Islam Riau.

  • Selasa, 28 Maret 2017 16:03:00 Iriana bakal berkunjung ke Pekanbaru, 540 personel disiagakan

    Iriana bakal berkunjung ke Pekanbaru, 540 personel disiagakan. Iriana dan rombongan dijadwalkan mengunjungi sejumlah tempat seperti PAUD Mekar dan berdialog dengan 1.800 guru PAUD yang mengikuti pelatihan di Universitas Islam Riau.

  • Kamis, 23 Maret 2017 10:06:13 Jokowi bersama Ibu Iriana bertolak ke Batam bagikan KIP dan KIS

    Turut menyertai Presiden dan Ibu Iriana dalam penerbangan menuju Bandara Hang Nadim, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dan Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki.

  • Selasa, 7 Maret 2017 07:05:00 Cerita pedang emas & isu berlian untuk istri Jokowi dari Raja Saudi

    Kunjungan Raja Arab Saudi Salman Abdulazis Al Saud menyisakan banyak cerita. Selain bertemu Presiden Joko Widodo, Raja Salman juga mendatangi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Masjid Istiqlal.

  • Rabu, 15 Februari 2017 10:10:16 Berbatik cokelat, Jokowi didampingi Iriana mencoblos di TPS 4

    Berbatik cokelat, Jokowi dan Iriana mencoblos di TPS 4. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Iriana Jokowi menggunakan hak pilihnya di Pilgub DKI di TPS 4, Gambir, Jakarta Pusat. Jokowi tiba sekitar pukul 10.00 WIB dengan pengawalan ketat.

  • Minggu, 15 Januari 2017 18:13:15 Istri PM Jepang belajar membatik di Istana Bogor

    Istri PM Jepang belajar membatik di Istana Bogor. Ibu Negara Iriana Jokowi mengajak Akie Abe melihat pajangan kain batik dan kain songket milik Usaha Kecil Menengah (UKM) pilihan di beranda belakang Gedung Induk Istana Kepresidenan Bogor. Di lokasi itu, disediakan juga alat tenun songket.

  • Kamis, 1 Desember 2016 11:23:10 Bos Kadin: Donald Trump silakan ke Jokowi belajar Tax Amnesty

    "Amerika mengatakan Presiden (Trump) fokus infrastruktur dan Tax Amnesty. Sama-sama familiar dengan program kita. Kalau begitu, (silakan) bertemu dengan presiden kita (Jokowi)."

  • Selasa, 29 November 2016 09:12:34 HUT Korpri, Jokowi minta birokrat segera tinggalkan mental priyayi

    HUT Korpri, Jokowi minta birokrat segera tinggalkan mental priyayi. "Segera tinggalkan pola pikir masa lalu seperti ego sektoral, mental priyayi, mental penguasa, koruptif yang hanya terpaku pada formalitas belaka. Fokuskan energi pada intisari pelayanan publik yaitu memberi pelayanan terbaik," ujar Jokowi.

  • Kamis, 24 November 2016 12:00:44 Hadiri Gerakan IVA Tes di Klaten, Iriana ajak guru-guru berdialog

    Hadiri Gerakan IVA Tes di Klaten, Iriana ajak guru-guru berdialog. Iriana mengatakan, gerakan IVA Tes ini sangat penting untuk menjaga perkembangan kesehatan perempuan di seluruh Tanah Air. "Ibu hadir di sini karena undangan apa karena memang mau periksa IVA Tes?" tanya Iriana.