PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Johan Budi

Foto:

Johan Budi


Nama Lengkap : Johan Budi

Alias : Johan Budi SP | Johan Budi Sapto Prabowo

Profesi : Tokoh Hukum


No Relation
BIOGRAFI

Johan Budi adalah Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sebelumnya dia pernah menjabat sebagai Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK. Johan sendiri sudah tiga periode menjadi juru bicara KPK.

Pada Juli 2011, dia sempat menyatakan mundur dari jabatannya sebagai juru bicara KPK saat kasus wisma atlet disidik. Johan kala itu dituding mantan Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin ikut dalam pertemuan di Hotel Formula One Cikini bersama Direktur Penyidikan Ade Raharja.

Alasan pengunduran diri Johan adalah agar bisa lebih fokus menjalani proses seleksi calon pimpinan KPK yang tengah diikutinya. Selain itu, kata Johan, pengunduran dirinya akan memberi keleluasaan jika Deputi Pengawasan Internal KPK memeriksanya. Namun pimpinan KPK periode Abraham Samad meminta Johan untuk tetap bertahan.

Lalu pada Juni 2012, Said Muhammad, anggota Komisi III DPR RI meminta pimpinan KPK untuk memecat Johan. Dia dinilai tidak mencerminkan sebagai juru bicara tapi melebihi komisioner KPK. Meski demikian, Abraham mempunyai penilaian tersendiri mengenai Johan.

Johan dianggap masih layak menduduki jabatannya karena kinerjanya yang bagus dan masih produktif dalam membantu pemberantasan korupsi di negara ini. Johan seorang magister hukum yang tentunya paham mengenai hukum secara komprehensif. Karenanya, dengan ilmu yang mumpuni, Johan masih layak dipertahankan saat ini.

Riset dan analisis oleh Vizcardine Audinovic

KARIR
  • Juru Bicara KPK
  • Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK

 

SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Selasa, 11 April 2017 10:46:32 Jokowi minta polisi segera tangkap penyiram air keras ke Novel

    Polisi masih menyelidiki kasus penyiram air keras ke penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan. Pelaku diketahui berjumlah dua orang menggunakan motor matic.

  • Selasa, 11 April 2017 10:55:24 Jubir Jokowi sebut Novel Baswedan sering dapat intimidasi

    Mantan juru bicara KPK ini menuturkan pimpinan KPK sudah berupaya memberikan perlindungan terhadap penyidiknya, termasuk Novel.

  • Senin, 10 April 2017 12:02:07 Ini alasan Jokowi pilih Saldi Isra jadi Hakim MK pengganti Patrialis

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih Guru Besar Hukum Tata Negara Universitas Andalas, Padang, Saldi Isra, menjadi Hakim Konstitusi Mahkamah Konstitusi (MK) pengganti Patrialis Akbar. Saldi Isra merupakan satu dari tiga calon yang diloloskan oleh Panitia Seleksi (Pansel) MK.

  • Jumat, 7 April 2017 14:35:00 Jokowi sudah pilih Hakim MK pengganti Patrialis Akbar

    Jokowi sudah pilih Hakim MK pengganti Patrialis Akbar. Panitia Seleksi (Pansel) calon hakim Mahkamah Konstitusi (MK) menyerahkan tiga nama calon Hakim MK ke Presiden Joko Widodo pada 3 April lalu. Ketiga nama yang diserahkan oleh tim Pansel merupakan hasil dari seleksi tahap akhir terhadap sebelas calon.

  • Kamis, 30 Maret 2017 15:30:41 Istana: Jokowi netral, berdiri di semua paslon dalam Pilkada

    Istana: Jokowi netral, berdiri di semua paslon dalam Pilkada. Sebelumnya, pemerintah dinilai berpihak pada Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat dibandingkan pasangan Anies-Sandi.

  • Rabu, 15 Maret 2017 19:48:35 Istana: Ada dua nama calon Direktur Utama Pertamina

    PT Pertamina (Persero) akan memiliki direktur utama yang baru sebagai pengganti Dwi Soetjipto. Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) akan digelar Kamis (16/3) besok. Ada sejumlah nama yang diusulkan ke Presiden Joko Widodo. Johan enggan menyebutkan siapa dua calon tersebut.

  • Rabu, 15 Maret 2017 20:55:01 Istana sebut Jokowi belum ada pembicaraan revisi UU KPK dengan DPR

    Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah emosi saat ditanya mencuatnya kembali revisi UU Nomor 30 tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Fahri meminta hal ini ditanyakan ke Presiden Joko Widodo mau menyetujui atau menolak revisi UU KPK.

  • Selasa, 14 Februari 2017 18:42:57 Istana: Antasari itu urusan pribadi, jangan dikaitkan dengan Jokowi

    Johan menegaskan grasi yang diberikan oleh Presiden Jokowi dilatarbelakangi atas prosedur yang sesuai aturan dan atas pertimbangan dari Mahkamah Agung (MA).

  • Selasa, 14 Februari 2017 18:24:04 Istana bantah tudingan SBY soal motif politik grasi Antasari Azhar

    Juru Bicara Kepresidenan Johan Budi menegaskan tak ada motif tertentu di balik pemberian grasi dari Presiden Jokowi ke Antasari Azhar. Presiden memberikan grasi atas saran dari Mahkamah Agung (MA).

  • Kamis, 2 Februari 2017 15:18:30 Istana minta SBY sebut siapa yang halangi dia ketemu Jokowi

    Istana minta SBY sebut siapa yang halangi dia ketemu Jokowi. Juru Bicara Kepresidenan Johan Budi meminta ada baiknya SBY membuka siapa pihak yang ia tuding menghalangi melakukan pertemuan dengan Jokowi. Johan menilai di era keterbukaan seperti saat ini ada baiknya hal itu dibuka tanpa perlu ditutup-tutupi.