PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Joko Widodo

Foto:

Joko Widodo


Nama Lengkap : Joko Widodo

Alias : Jokowi

Profesi : Birokrat

Agama : Islam

Tempat Lahir : Surakarta, Jawa Tengah

Tanggal Lahir : Rabu, 21 Juni 1961

Zodiac : Gemini

Hobby : Membaca | Traveling

Warga Negara : Indonesia


Istri : Iriana
BIOGRAFI

Nama Joko Widodo mulai menjadi sorotan ketika terpilih menjadi Walikota Surakarta. Awalnya publik menyangsikan kemampuan pengusaha mebel ini untuk memimpin dan mengembangkan kota Surakarta, namun beberapa perubahan penting yang dibuat untuk membangun Surakarta di tahun pertama kepemimpinannya menepis keraguan ini.

Diawali dengan branding, di bawah kepemimpinan Jokowi kota Surakarta atau yang sering disebut dengan Solo punya slogan 'Solo: The Spirit of Java' yang mendasari semangat warga Solo untuk mengembangkan kotanya. Ini bukan sekedar branding, sejak tahun 2006 lalu kota Surakarta telah menjadi anggota Organisasi Kota-kota Warisan Dunia. Dengan keanggotaan tersebut, di tahun berikutnya (2007) Solo menjadi tempat Festival Musik Dunia (FMD) yang diadakan di Benteng Vastenburg. Penyelenggaraan event ini membawa misi penyelamatan situs bersejarah karena benteng tersebut terancam akan digusur untuk kepentingan bisnis. Bahkan tahun 2008, Solo menjadi tuan rumah penyelenggara konferensi Organisasi Kota-kota Warisan Dunia ini. 

Proses relokasi pedagang barang bekas yang biasanya selalu diwarnai dengan penolakan dan protes bisa dilakukan Jokowi dengan baik karena komunikasi yang langsung dan jelas dijalin dengan masyarakat. Salah satu bentuk komunikasi tersebut adalah melalui saluran televisi lokal di mana masyarakat bisa langsung berinteraksi dengan walikotanya. Masalah lahan hijau juga menjadi perhatian Jokowi, relokasi pedagang barang bekas tersebut juga dilakukan dalam rangka revitalisasi lahan hijau di kota Solo.

Langkah besar lain yang diambil oleh Jokowi adalah menetapkan persyaratan bagi para investor untuk memperhatikan kepentingan publik dan tidak segan untuk menolak mereka jika tidak bisa mengikuti peraturan yang ada dalam kepemimpinan Jokowi. Nama Surakarta kembali menjadi perbincangan ketika para siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Solo ini berhasil merakit mobil yang diberi nama Esemka. Jokowi sangat mendukung hasil yang membanggakan ini dengan ikut mengendarai mobil Esemka tersebut.

Untuk prestasinya ini Jokowi kemudian mencalonkan diri di Pemilihan Gubernur DKI Jakarta tahun 2012 bersama dengan Basuki Tjahaja Purnama sebagai wakilnya. Mereka berdua menjadi pasangan calon gubernur yang paling kuat berdasarkan perhitungan cepat yang dilakukan di hari pemilihan (Rabu, 11 Juli 2012), dan menjadi cagub yang paling banyak disoroti dalam Pilgub DKI 2012 ini. Namun demikian pencalonan Jokowi diwarnai dengan isu SARA yang dikeluarkan oleh Rhoma Irama dalam ceramahnya di Masjid Al'Isra Tanjung Duren Jakarta Barat. Dalam kesempatan itu, Rhoma Irama mengimbau warga agar memilih pemimpin yang seiman, dan beliau menyebutkan bahwa ibu Jokowi adalah seorang non-muslim. Pernyataan ini menuai protes keras dari publik hingga Panwaslu DKI melakukan pemeriksaan atas Rhoma Irama atas dugaan menyebarkan isu SARA.

Hasil dari kepemimpinannya sebagai Gubernur DKI Jakarta, Jokowi berhasil mengambil hati masyarakat. Kini ia maju sebagai calon presiden sebagai kandidat dari PDIP dan menggandeng Jusuf Kalla sebagai calon wakil presidennya dengan nomor urut dua. Melawan pasangan nomor urut satu Prabowo Subianto dengan wakilnya Hatta Rajasa.

Riset dan analisa oleh Somya Samita

Last Update: 11/06/2014

PENDIDIKAN
  • SMP Negeri 1 Surakarta
  • SMA Negeri 6 Surakarta
  • Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada
KARIR
  • Walikota Surakarta
  • Pengusaha mebel dan pertamanan
  • Gubernur Jakarta 2012
PENGHARGAAN
  • Nominasi World Mayor 2012
  • 10 Tokoh 2008 versi majalah Tempo
SOCIAL MEDIA
http://twitter.com/jokowi_do2

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Jumat, 24 November 2017 08:52:00 Diusung SBY, Khofifah-Emil berhadapan dengan Jokowi

    Pemilihan gubernur Jawa Timur akan menjadi salah satu medan pertarungan bagi partai-partai besar untuk mengamankan jalan menuju Pemilu 2019. Dua pasangan calon yang sudah muncul seolah menegaskan calon yang didukung SBY akan melawan calon yang dimajukan PDIP, partai Presiden Jokowi.

  • Jumat, 24 November 2017 05:34:00 Saran untuk Presiden Jokowi dalam memilih Panglima TNI

    Presiden Jokowi diminta mempertimbangkan faktor rotasi angkatan. Selain itu, juga perlu dipertimbangkan sosok yang yang tidak ikut-ikutan dalam dunia politik dan berorientasi pada peningkatan kualitas dan kesejahteraan prajurit.

  • Jumat, 24 November 2017 05:34:00 Saran untuk Presiden Jokowi dalam memilih Panglima TNI

    Presiden Jokowi diminta mempertimbangkan faktor rotasi angkatan. Selain itu, juga perlu dipertimbangkan sosok yang yang tidak ikut-ikutan dalam dunia politik dan berorientasi pada peningkatan kualitas dan kesejahteraan prajurit.

  • Jumat, 24 November 2017 06:29:00 Suara lantang Sumarsono menentang TGUPP ala Anies-Sandi

    Rencana Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakilnya Sandiaga Uno menaikkan anggaran dan menambah jumlah anggota Tim Gubernur Untuk Percepatan Percepatan Pembangunan (TGUPP) menuai polemik. Sebabnya, Anies menambah anggaran TGUPP hingga puluhan kali lipat, begitu juga dengan jumpa personelnya.

  • Jumat, 24 November 2017 06:29:00 Suara lantang Sumarsono menentang TGUPP ala Anies-Sandi

    Rencana Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakilnya Sandiaga Uno menaikkan anggaran dan menambah jumlah anggota Tim Gubernur Untuk Percepatan Percepatan Pembangunan (TGUPP) menuai polemik. Sebabnya, Anies menambah anggaran TGUPP hingga puluhan kali lipat, begitu juga dengan jumpa personelnya.

  • Kamis, 23 November 2017 15:50:48 Pimpinan Komisi I minta Presiden Jokowi tunjuk pengganti Panglima TNI bulan ini

    Pimpinan Komisi I minta Presiden Jokowi tunjuk pengganti Panglima TNI bulan ini. Menurut dia, masa reses DPR mulai 13 Desember hingga 14 Januari 2018. Apabila penunjukan nama Panglima TNI saat memasuki masa reses tak bisa diproses DPR.

  • Kamis, 23 November 2017 11:55:47 Jokowi di Ponpes Lombok: Jangan sampai kita jadi pecah

    Pertama, Jokowi mengunjungi Ponpes Syaikh Zainuddin Nahdlatul Wathan Anjani (NW) yang dipimpin oleh Hj Sitti Raihanun Zainuddin. Di sana ia berpesan agar jangan sampai ada sesuatu hal yang membuat perpecahan terjadi.

  • Kamis, 23 November 2017 12:56:55 Jokowi berziarah ke makam ulama besar NTB, pencetus Nahdlatul Wathan

    Presiden mengaku senang dapat bersilaturahmi ke pondok pesantren tersebut sebagai kunjungan balasan terhadap Pimpinan Pondok Pesantren Hj Sitti Rauhun yang telah beberapa kali hadir ke Istana Kepresidenan Jakarta.

  • Kamis, 23 November 2017 10:41:15 Ini capaian Kemenhub selama 3 tahun pemerintahan Jokowi-JK

    Selama 3 tahun Pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla, Kementerian Perhubungan fokus kepada pembangunan infrastruktur untuk meningkatkan konektivitas dan pemerataan pertumbuhan ekonomi.

  • Kamis, 23 November 2017 10:07:05 Kunjungi Pesantren di Lombok, Jokowi didoakan terpilih lagi

    Ia bertemu pengasuh dan pimpinan pondok pesantren selama 30 menit, kemudian Jokowi langsung mendatangi Masjid Pondok Pesantren NW yang telah dipenuhi ribuan santri dan santriwati.