PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Joko Widodo

Foto:

Joko Widodo


Nama Lengkap : Joko Widodo

Alias : Jokowi

Profesi : Birokrat

Agama : Islam

Tempat Lahir : Surakarta, Jawa Tengah

Tanggal Lahir : Rabu, 21 Juni 1961

Zodiac : Gemini

Hobby : Membaca | Traveling

Warga Negara : Indonesia


Istri : Iriana
BIOGRAFI

Nama Joko Widodo mulai menjadi sorotan ketika terpilih menjadi Walikota Surakarta. Awalnya publik menyangsikan kemampuan pengusaha mebel ini untuk memimpin dan mengembangkan kota Surakarta, namun beberapa perubahan penting yang dibuat untuk membangun Surakarta di tahun pertama kepemimpinannya menepis keraguan ini.

Diawali dengan branding, di bawah kepemimpinan Jokowi kota Surakarta atau yang sering disebut dengan Solo punya slogan 'Solo: The Spirit of Java' yang mendasari semangat warga Solo untuk mengembangkan kotanya. Ini bukan sekedar branding, sejak tahun 2006 lalu kota Surakarta telah menjadi anggota Organisasi Kota-kota Warisan Dunia. Dengan keanggotaan tersebut, di tahun berikutnya (2007) Solo menjadi tempat Festival Musik Dunia (FMD) yang diadakan di Benteng Vastenburg. Penyelenggaraan event ini membawa misi penyelamatan situs bersejarah karena benteng tersebut terancam akan digusur untuk kepentingan bisnis. Bahkan tahun 2008, Solo menjadi tuan rumah penyelenggara konferensi Organisasi Kota-kota Warisan Dunia ini. 

Proses relokasi pedagang barang bekas yang biasanya selalu diwarnai dengan penolakan dan protes bisa dilakukan Jokowi dengan baik karena komunikasi yang langsung dan jelas dijalin dengan masyarakat. Salah satu bentuk komunikasi tersebut adalah melalui saluran televisi lokal di mana masyarakat bisa langsung berinteraksi dengan walikotanya. Masalah lahan hijau juga menjadi perhatian Jokowi, relokasi pedagang barang bekas tersebut juga dilakukan dalam rangka revitalisasi lahan hijau di kota Solo.

Langkah besar lain yang diambil oleh Jokowi adalah menetapkan persyaratan bagi para investor untuk memperhatikan kepentingan publik dan tidak segan untuk menolak mereka jika tidak bisa mengikuti peraturan yang ada dalam kepemimpinan Jokowi. Nama Surakarta kembali menjadi perbincangan ketika para siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Solo ini berhasil merakit mobil yang diberi nama Esemka. Jokowi sangat mendukung hasil yang membanggakan ini dengan ikut mengendarai mobil Esemka tersebut.

Untuk prestasinya ini Jokowi kemudian mencalonkan diri di Pemilihan Gubernur DKI Jakarta tahun 2012 bersama dengan Basuki Tjahaja Purnama sebagai wakilnya. Mereka berdua menjadi pasangan calon gubernur yang paling kuat berdasarkan perhitungan cepat yang dilakukan di hari pemilihan (Rabu, 11 Juli 2012), dan menjadi cagub yang paling banyak disoroti dalam Pilgub DKI 2012 ini. Namun demikian pencalonan Jokowi diwarnai dengan isu SARA yang dikeluarkan oleh Rhoma Irama dalam ceramahnya di Masjid Al'Isra Tanjung Duren Jakarta Barat. Dalam kesempatan itu, Rhoma Irama mengimbau warga agar memilih pemimpin yang seiman, dan beliau menyebutkan bahwa ibu Jokowi adalah seorang non-muslim. Pernyataan ini menuai protes keras dari publik hingga Panwaslu DKI melakukan pemeriksaan atas Rhoma Irama atas dugaan menyebarkan isu SARA.

Hasil dari kepemimpinannya sebagai Gubernur DKI Jakarta, Jokowi berhasil mengambil hati masyarakat. Kini ia maju sebagai calon presiden sebagai kandidat dari PDIP dan menggandeng Jusuf Kalla sebagai calon wakil presidennya dengan nomor urut dua. Melawan pasangan nomor urut satu Prabowo Subianto dengan wakilnya Hatta Rajasa.

Riset dan analisa oleh Somya Samita

Last Update: 11/06/2014

PENDIDIKAN
  • SMP Negeri 1 Surakarta
  • SMA Negeri 6 Surakarta
  • Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada
KARIR
  • Walikota Surakarta
  • Pengusaha mebel dan pertamanan
  • Gubernur Jakarta 2012
PENGHARGAAN
  • Nominasi World Mayor 2012
  • 10 Tokoh 2008 versi majalah Tempo
SOCIAL MEDIA
http://twitter.com/jokowi_do2

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Jumat, 23 Juni 2017 14:59:48 Hanya makan siang, tak ada topik khusus dalam pertemuan Jokowi-Obama

    Jokowi akan mengundang Obama makan siang bersama di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Jumat (30/6).

  • Jumat, 23 Juni 2017 14:59:48 Hanya makan siang, tak ada topik khusus dalam pertemuan Jokowi-Obama

    Jokowi akan mengundang Obama makan siang bersama di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Jumat (30/6).

  • Kamis, 22 Juni 2017 17:32:12 Stabilkan harga pangan saat Ramadan, mendag & mentan dipuji Jokowi

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) memuji kinerja Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman yang dinilai berhasil menstabilkan harga kebutuhan pokok di Ramadan 2017. Selain dua menteri tersebut, Jokowi juga mengapresiasi kinerja Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian.

  • Kamis, 22 Juni 2017 17:59:59 Jokowi telepon Duterte soal bantuan pasukan berantas ISIS di Marawi

    Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto mengatakan, Duterte memberi lampu hijau bahwa mereka membutuhkan bantuan militer dari Indonesia. Bantuan militer Indonesia dipandang penting guna menyelesaikan konflik di Marawi, Filipina.

  • Kamis, 22 Juni 2017 16:52:07 Presiden Jokowi marah karena pembagian beras sejahtera lambat

    Presiden Jokowi marah karena pembagian beras sejahtera lambat.Kepala Negara menegaskan, keterlambatan ini tidak boleh terjadi lagi. Jika menemui persoalan, menteri terkait harus segera berkoordinasi dengan Presiden untuk mencari jalan keluar atau solusinya.

  • Kamis, 22 Juni 2017 09:44:10 Jokowi tinjau pembagian sembako di Tebet

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali melakukan peninjauan pembagian sembako. Kali ini, orang nomor satu di Indonesia ini meninjau pembagian sembako di Jalan Tebet Barat, RT 014 RW 01 Kelurahan Tebet Barat, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan. Ada 2.000 paket sembako yang dibagikan di lokasi ini.

  • Kamis, 22 Juni 2017 10:16:50 Jokowi ucapkan selamat Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriah

    Presiden Joko Widodo mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriah kepada seluruh umat muslim di Tanah Air. Ini disampaikan Jokowi saat meninjau pembagian paket sembako di Jalan Tebet Barat, RT 014 RW 01 Kelurahan Tebet Barat, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan.

  • Kamis, 22 Juni 2017 10:35:07 Di sela pembagian sembako, Jokowi bagikan uang ke wanita lanjut usia

    Sebelum meninggalkan lokasi, Jokowi juga membagikan buku tulis. Pada pukul 10.15 WIB mantan Gubernur DKI Jakarta ini menuju kawasan Tambora untuk melanjutkan pembagian paket sembako.

  • Rabu, 21 Juni 2017 04:49:00 Ambang batas capres 25 persen, upaya Jokowi jegal lawan di 2019?

    Ambang batas capres 25 persen, upaya Jokowi jegal lawan di 2019? Muncul kecurigaan, penguasa ingin menghalangi adanya capres alternatif pada Pemilu 2019 nanti. Sebab, sejauh ini baru ada dua nama kuat sebagai capres dua tahun mendatang. Mereka adalah Joko Widodo sebagai incumbent dan Prabowo Subianto.

  • Rabu, 21 Juni 2017 07:07:25 Selamat ulang tahun Presiden Jokowi ke-56

    Selamat ulang tahun Presiden Jokowi ke-56. Sejumlah ucapan selamat dari warga dan netizen kepada Jokowi ramai membanjiri media sosial milik Jokowi. Mereka mendoakan Jokowi selalu sehat dan panjang umur.