PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Kristiani Herawati

Foto:

Kristiani Herawati


Nama Lengkap : Kristiani Herawati

Alias : Ani Yudhoyono | Ani

Profesi : Politisi

Agama : Islam

Tempat Lahir : Yogyakarta

Tanggal Lahir : Minggu, 6 Juli 1952

Zodiac : Cancer

Warga Negara : Indonesia


Anak : Agus Harimurti, Edhie Baskoro Yudhoyono
Suami : Susilo Bambang Yudhoyono
Ayah : Sarwo Edhie Wibowo
Ibu : Sunarti Sri Hadiyah
Saudara : Hartanto Edhie Wibowo
BIOGRAFI

Kristiani Herawati yang lebih sering dipanggil Ibu Ani adalah istri Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono.

Ani terlahir di Yogyakarta pada 6 Juli 1952 sebagai anak ketiga dari tujuh bersaudara dari pasangan Jend. Sarwo Edhie Wibowo dan Ny. Sunarti Sri Hidayah. Ibu Ani menikah pada tanggal 30 Juli 1976 dan dikaruniai 2 orang anak, Agus Harimurti dan Edhie Baskoro.

Ani sempat melanjutkan jenjang pendidikannya di Universitas Kristen Indonesia untuk mengejar cita-citanya menjadi dokter. Tapi, pada tahun ketiga berhenti karena ia harus mengikuti ayahnya pindah ke Korsel. Sepulang ke Indonesia, ia melanjutkan kuliahnya di Fakultas Ilmu Politik Universitas Terbuka (UT). Ani fasih berbicara, menulis, dan membaca dalam bahasa Inggris serta memahami bahasa Korea secara pasif.

Ani pernah memegang jabatan Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat. Ia juga aktif dalam kegiatan sosial di Persit Kartika Chandra Kirana (Persatuan Istri Tentara), Dharma Pertiwi dan Dharma Wanita.

Untuk membantu program pemerintah,  Ani bersama-sama dengan para istri Menteri Kabinet Indonesia Bersatu membentuk suatu perkumpulan dengan nama Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) untuk membantu masyarakat, khususnya anak-anak dan kaum perempuan yang kurang beruntung dalam rangka memberdayakan mereka melalui program "Indonesia Sejahtera" sesuai tujuan Millenium Development Goals.

Banyak program sosial yang dilakukan olehnya. Misalnya, di bidang pendidikan, melalui SIKIB, Ibu Negara keenam Republik Indonesia ini memelopori Program Indonesia Pintar, yakni penyediaan Motor Pintar, Mobil Pintar, Kapal Pintar sebagai sarana bergerak untuk menyediakan buku-buku bacaan bagi anak-anak secara gratis. Juga rumah pintar, yakni rumah di suatu daerah yang agak jauh dari kota, seperti Rumah Pintar 'Akhlaqul Karimah' yang ada di Kelurahan Cipondoh, yang menyediakan buku bacaan untuk anak-anak yang juga gratis. Dengan cara itu, anak-anak dimaksudkan akan dapat belajar sambil bermain tanpa harus berjalan jauh dari rumahnya.

Ia akan terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat semampu mungkin sesuai dengan kapasitasnya. Kepada semua pihak ia mengajak untuk bersama-sama membangun kepedulian sosial dan peningkatan kesejahteraan ini sesuai kapasitasnya masing-masing sehingga dapat membawa kebaikan bagi masyarakat.

Riset dan analisis oleh Vizcardine Audinovic

Last update: 10:00 19/10/2013

[gie]

PENDIDIKAN
  • Fakultas Kedokteran, Universitas Kristen Indonesia
  • 1998, Fakultas Ilmu Politik Universitas Terbuka (UT)
KARIR
  • Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat
  • Persit Kartika Chandra Kirana (Persatuan Istri Tentara)
  • Dharma Pertiwi
  • Dharma Wanita
  • Ibu negara Indonesia sejak 2004
  • Duta Nasional
PENGHARGAAN
  • Global Leadership Award dari UNEP untuk kepemimpinan Ibu Ani dalam program Penanaman dan Perawatan 10.000 pohon di seluruh Indonesia
  • Pin emas dari M Yunus (Pemegang nobel perdamaian tahun 2006 dan pendiri Grameen Bank, Bangladesh) karena komitmen Ibu Negara yang tanpa henti mendorong dan mengembangkan UKM dan Kredit Mikro Indonesia melalui program PERKASSA (Program Perempuan Keluarga Sehat dan Sejahtera) dan Indonesia Kreatif
SOCIAL MEDIA
Insagram: @aniyudhoyono

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Kamis, 16 Februari 2017 13:47:39 Bu Ani: Biar pun kalah, saya tetap bangga kepada Agus

    Agus Yudhoyono secara ksatria mengakui kekalahannya meski proses penghitungan suara pemilihan gubernur DKI belum dirampungkan oleh KPU DKI. Hasil hitung cepat berbagai lembaga survei menempatkan calon nomor urut satu itu di posisi paling buncit.

  • Jumat, 10 Februari 2017 07:32:00 Kompaknya keluarga Yudhoyono bela Agus dari segala serangan

    Situasi ini dirasakan keluarga besar Yudhoyono. Tidak hanya sang ayah, SBY yang bersuara keras saat dirinya dan putera sulungnya diserang dari segala penjuru, tapi keluarga Yudhoyono lain juga tak tinggal diam. Mulai dari Ani Yudhoyono sampai Annisa Pohan berada di garda terdepan membela Agus.

  • Selasa, 31 Januari 2017 11:23:22 Mimpi Heppy perut dielus Bu Ani saat hamil 40 minggu jadi kenyataan

    Usia kehamilan Heppy Medalina sudah memasuki 40 minggu, namun belum juga melahirkan. Sampai-sampai dia bermimpi perutnya dielus oleh Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ibu Ani Yudhoyono.

  • Jumat, 13 Januari 2017 23:09:27 Ani Yudhoyono: Selama ini orang bilang Agus anak ingusan

    Ani Yudhoyono: Selama ini orang bilang Agus anak ingusan. Ani mengatakan, dalam debat kali ini menunjukkan siapa sebenarnya Agus. Sebab selama ini isu miring selalu menghantui putra pertamanya tersebut, mulai dari takut debat dan masih anak ingusan.

  • Jumat, 13 Januari 2017 18:12:38 Dari Megawati hingga Bu Ani bakal hadiri debat Pilgub DKI

    Dia mengungkapkan, nantinya para tamu VVIP ini akan‎ disediakan tempat khusus untuk menyaksikan jalannya debat secara langsung. Sementara itu hingga kini, sejumlah persiapan masih dilakukan pihak penyelenggara debat.

  • Sabtu, 14 Januari 2017 08:35:00 Debat pertama Pilgub DKI, Agus buktikan berani, Bu Ani ngaku puas

    Debat pertama Pilgub DKI, Agus buktikan berani, Bu Ani ngaku puas. Buat pasangan nomor urut satu, Agus Yudhoyono-Sylviana Murni, debat semacam ini baru pertama kali mereka ikuti. Agus-Sylvi sebelumnya memilih absen di debat Pilgub DKI yang digelar dua stasiun televisi swasta. Saat itu disebut-sebut Agus tak siap.

  • Minggu, 25 Desember 2016 18:32:00 Ucapkan hari Natal, SBY minta toleransi harus dipertahankan

    Presiden RI-6 Susilo Bambang Yudhoyono mengucapkan hari Natal 2016 bagi masyarakat yang merayakannya.

  • Kamis, 22 Desember 2016 13:21:16 Ani Yudhoyono di mata Agus: She is my number one supporter

    Ani Yudhoyono di mata Agus: She is my number one supporter. Agus mengucapkan terima kasih kepada sang ibunda, Ani Yudhoyono dan istrinya Annisa Pohan. Pada kesempatan itu, Agus juga menyampaikan selamat hari ibu kepada seluruh ibu yang ada di Indonesia, khususnya Jakarta.

  • Sabtu, 17 Desember 2016 07:32:00 Saat sang memo bela Agus Yudhoyono yang tak ikut debat

    Saat sang memo bela Agus Yudhoyono yang tak ikut debat. Netizen pun ramai mengolok-olok Agus. Bahkan, tagar AHY takut debat sempat menjadi trending topic kala itu. Agus setidaknya sudah dua kali absen dalam debat yang digelar oleh TV.

  • Jumat, 16 Desember 2016 10:35:59 Ani Yudhoyono jawab pertanyaan kenapa Agus-Sylvi tak datang debat

    Ani Yudhoyono jawab pertanyaan kenapa Agus-Sylvi tak datang debat. Ini adalah debat kedua diselenggarakan televisi swasta yang tidak dihadiri pasangan diusung Partai Demokrat, PPP, PKB dan PAN itu. "Masing-masing calon punya strategi sendiri," jelas Ani Yudhoyono.