PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Megawati Soekarnoputri

Foto:

Megawati Soekarnoputri


Nama Lengkap : Megawati Soekarnoputri

Alias : Megawati | Mega

Profesi : Politisi

Agama : Islam

Tempat Lahir : Yogyakarta

Tanggal Lahir : Kamis, 23 Januari 1947

Zodiac : Aquarius


Anak : Mohammad Prananda, Puan Maharani, Mohammad Rizki Pratama
Suami : Taufiq Kiemas
Ayah : Soekarno
Ibu : Fatmawati Soekarno
BIOGRAFI

Megawati adalah anak kedua Soekarno, presiden pertama Indonesia, dari Fatmawati. Megawati sendiri dibesarkan dalam suasana keistanaan karena saat itu Soekarno sedang menjabat sebagai presiden.

Megawati pernah mengenyam pendidikan di Universitas Padjadjaran Bandung dalam bidang pertanian serta di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia meskipun tidak sampai lulus.

Suami pertama Mega adalah seorang pilot AURI bernama Surindro Supjarso yang meninggal karena kecelakaan pesawat. Surindro meninggalkan dua orang anak yang masih kecil. Lalu Mega menikah dengan seorang pria asal Mesir yang rupanya tidak bertahan lama. Barulah Mega kemudian menikah dengan Taufiq Kiemas yang bertahan hingga sekarang.

Sejak menjadi mahasiswa, Mega sudah berkecimpung di dunia politik melalui GMNI. Tahun 1986, Mega menjadi wakil ketua PDI Cabang Jakarta Pusat. Pada 1993, dia terpilih menjadi Ketua Umum PDI.

Kongres PDI di Medan pada tahun 1996 memutuskan mengganti Mega dengan Soerjadi sebagai Ketua Umum PDI. Mega sendiri tidak mengakui hasil kongres tersebut. Bahkan, sampai terjadi Peristiwa 27 Juli yang menewaskan beberapa pendukung Mega saat pendukung Soerjadi berusaha merebut kantor DPP PDI di Jalan Diponegoro dari tangan pendukung Mega. Tak hanya itu, beberapa aktivis juga ditahan dan dipenjarakan karena kerusuhan tersebut.

Penyerangan tersebut dibawa ke meja hijau oleh Mega meskipun kemudian usaha itu kandas di pengadilan. Akhirnya PDI terbelah menjadi dua, PDI Soerjadi dan PDI Mega.

Pada tahun 1999, PDI Mega yang berubah nama menjadi PDI Perjuangan berhasil memenangkan pemilu. Sidang Umum 1999 akhirnya memutuskan Gus Dur sebagai presiden dan Mega sebagai wakilnya.

Dua tahun kemudian, 23 Juli 2001, mandat MPR RI yang memutuskan Gus Dur sebagai presiden dicabut. Akhirnya Mega yang menggantikannya.

Masa pemerintahan Mega harus berakhir pada tahun 2004 ketika pemilu kembali dilangsungkan. Saat itu, Susilo Bambang Yudhoyono, mantan Menteri Koordinator pada masa pemerintahan Mega, yang akhirnya terpilih menjadi presiden.

Dikabarkan bahwa PDIP akan mengajukan Mega sebagai calon presiden 2014, namun disisi lain Jokowi termasuk salah satu kandidat calon presiden dari PDIP yang dapat dikatakan kuat.

Riset dan analisa oleh Noviana Indah Tri Wahyuni.

Last update: 28/11/2013

KARIR
  • Presiden Republik Indonesia periode 2001-2004
  • 1986, Wakil ketua PDI Cabang Jakarta Pusat
  • 1993, Ketua Umum PDI
PENGHARGAAN
  • Priyadarshni Award dari lembaga Priyadarshni Academy, Mumbay, India
  • Doctor Honoris Causa dari Universitas Waseda
SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Jumat, 17 November 2017 00:15:00 Megawati Soekarnoputri ungkap keunggulan demokrasi Pancasila

    Megawati menjelaskan pemikiran politik Soekarno atau Bung Karno merupakan anti-tesa terhadap imperialisme dan kapitalisme, yang menjadi akar kemiskinan bangsa-bangsa terjajah, termasuk di Indonesia.

  • Rabu, 15 November 2017 17:49:27 Perjuangkan ekonomi Pancasila, Mega terima gelar dari Universitas Mokpo

    Perjuangkan ekonomi Pancasila, Mega terima gelar dari Universitas Mokpo. Megawati sangat yakin bila Ekonomi Pancasila diterapkan, maka Trisakti akan terwujud bukan hanya di Indonesia, tetapi juga di negara-negara lain yang mengimplementasikannya.

  • Minggu, 12 November 2017 05:57:00 Blak-blakan Megawati hadapi momentum yang buat nyali ciut

    Mega beralasan memilih calon yang akan diusung untuk Pilkada Serentak bukan perkara mudah. apalagi bagi seorang ketua umum seperti dirinya. Ia diharuskan memilih atas penilaian objektif bukan subjektif.

  • Jumat, 10 November 2017 08:05:00 Ketika Megawati kembali diusik

    Ketika Megawati kembali diusik. Namun, sebagai pelapor, Salim sesungguhnya tidak mendengar langsung pidato Mega. Mereka hanya menonton dari Youtube pada 6 November 2017 di Pamekasan.

  • Jumat, 10 November 2017 08:05:00 Ketika Megawati kembali diusik

    Ketika Megawati kembali diusik. Namun, sebagai pelapor, Salim sesungguhnya tidak mendengar langsung pidato Mega. Mereka hanya menonton dari Youtube pada 6 November 2017 di Pamekasan.

  • Kamis, 9 November 2017 10:51:18 PDIP curiga pelaporan Megawati ke polisi buat main isu SARA di Pilgub Jatim

    PDIP curiga pelaporan Megawati ke polisi buat main isu SARA di Pilgub Jatim. Basarah meminta seluruh kader dan pendukung bakal calon pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf dan Abdullah Azwar Anas untuk tidak terprovokasi dengan propaganda bermuatan SARA tersebut.

  • Rabu, 8 November 2017 21:58:57 Polisi pelajari pelaporan terhadap Ketum PDIP Megawati

    Polisi pelajari pelaporan terhadap Ketum PDIP Megawati. Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Pol Frans Barung Mangera mengatakan bahwa akan menindaklanjuti dari laporan tersebut. Untuk itu, nantinya penyidik polisi yang menangani akan melakukan penyelidikan terlebih dahulu secara seksama.

  • Rabu, 8 November 2017 18:08:09 Mega kembali dilaporkan atas tuduhan pidato bermuatan penodaan agama

    sebagai pelapor, Salim sesungguhnya tidak mendengar langsung pidato Mega. Mereka hanya menonton dari Youtube pada 6 November 2017 di Pamekasan. Dia diminta oleh para ulama sebagai perwakilan yang melaporkan Megawati.

  • Rabu, 8 November 2017 08:07:55 Naik kereta kencana, Bobby Nasution berangkat ke lokasi akad nikah

    Warga tampak girang ketika mendapatkan salam dari calon mantu Presiden Jokowi tersebut. Warga banyak pula yang merupakan anak-anak sekolah di Solo.

  • Rabu, 8 November 2017 10:22:52 Ketum parpol pendukung pemerintah lengkap hadiri pernikahan putri Jokowi

    Ketum parpol pendukung pemerintah lengkap hadiri pernikahan putri Jokowi. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menikahkan anak keduanya, Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution di Graha Saba Buana, Jalan Letjen Suprapto, Solo, Rabu (8/11). Sejumlah petinggi partai politik tampak hadir dalam acara resepsi pernikahan Kahiyang.