PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Muhammad Nazaruddin

Foto:

Muhammad Nazaruddin


Nama Lengkap : Muhammad Nazaruddin

Alias : Nazaruddin | M. Nazaruddin

Profesi : Politisi

Agama : Islam

Tempat Lahir : Bangun, Simalungun, Sumatera Utara

Tanggal Lahir : Sabtu, 26 Agustus 1978

Zodiac : Virgo

Warga Negara : Indonesia


Istri : Neneng Sri Wahyuni
BIOGRAFI

Dilahirkan di Bangun, 26 agustus 1978, nama Muhammad Nazaruddin semula dikenal sebagai pengusaha sukses bidang pengadaan alat kesehatan, konstruksi, perkebunan, dan jasa. Pada tahun 2002, Nazar, memulai bisnisnya dengan membentuk sebuah CV bernama Anak Negeri di Pekanbaru, Riau. Bakat wirausaha rupanya diturunkan oleh ayahnya.

Baru sebentar saja dirinya memulai bisnis, ia sudah tercatat sebagai komisaris di beberapa perusahaan, di antaranya yaitu PT. Anugerah Nusantara, PT. Panahatan, dan PT. Berhak Alam Berlimpah. Perusahaannya sendiri pun telah berganti menjadi PT. Anak Negeri.

Namanya baru santer diberitakan dan mendadak terkenal saat suami dari Neneng Sri Wahyuni ini terlibat kasus suap pembangunan Wisma Atlet Sea Games XXVI Palembang. Namanya disebut oleh Mindo Rosalina Manulang ketika tersangka kasus suap ini menghadiri persidangan.

Nama Nazar sebelumnya tak pernah hadir dalam dunia politik, usianya yang terbilang muda sering menimbulkan beberapa pertanyaan bercokol di kepala. Pada tahun 2004, Nazar mencoba peruntungan untuk mencalonkan diri sebagai anggota legislatif melalui Partai Pembangunan Persatuan. Sayang, usahanya terhenti karena ia gagal memperebutkan kursi dan duduk di Senayan kala itu.

Tak puas dengan hasil pemilihan calon legislatif tahun 2004, Nazar kembali mencalonkan diri menjadi anggota DPR periode 2009-2014 kali ini dari Fraksi Partai Demokrat dengan Daerah Pemilihan Jawa Timur IV. Tidak seperti periode sebelumnya, Nazar berhasil melenggang di Senayan dengan apik.

Kala itu, loyalitas Nazar di Partai Demokrat dipuji-puji sehingga disebut-sebut karena hal itulah Nazar ditunjuk sebagai Bendahara Umum Partai Demokrat oleh Presiden SBY pada tahun 2010. Bahkan, sumber lain mengatakan adanya kucuran dana dari Nazar untuk ikut menyumbang pasangan SBY-Boediono.

Dalam kasus suap wisma atlet ini, Rosa mengungkapkan adanya keterlibatan pihak lain dalam aliran dana proyek yang bernilai di atas seratus milyar tersebut. Ia sempat menyeret nama mantan bosnya di PT. Anak Negeri. Meski sempat menyangkal tidak kenal dengan Rosa, pada akhirnya Nazarudin berhasil ditangkap selang beberapa bulan dengan penangkapan Rosa.

Ayah dua orang anak ini tertangkap di Kolombia pada tanggal 7 Agustus 2011 oleh polisi daerah setempat. Terungkapnya kasus suap Wisma Atlet ini melahirkan tersangka baru seperti Angelina Sondakh. Nyanyian Nazarudin selanjutnya banyak ditunggu pihak pembela kebenaran, tapi juga meresahkan para koruptor yang bertopeng.

Sesuai keputusan sidang majelis hakim, Nazaruddin terbukti bersalah dan divonis 4 tahun 10 bulan subsider 4 bulan dan denda 200 juta.  

Oleh: Atiqoh Hasan

PENDIDIKAN
  • STIE Bisnis Indonesia, Jakarta (2004) 
KARIR
  • Anggota DPR-RI Fraksi Demokrat, 2009-2014 
  • Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, 2010
  • Pemilik perusahaan PT. Anak Negeri
  • Komisaris PT. Anugerah Nusantara, PT. Panahatan, dan PT. Berhak Alam Berlimpah  
SOCIAL MEDIA
twitter.com/nazaruddin78

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Senin, 17 April 2017 13:58:11 Tersangka alkes Udayana sebut Nazaruddin sebagai dalang kasus

    Tersangka alkes Udayana sebut Nazaruddin sebagai dalang kasus. Marisi mengatakan akan mengungkap peran mantan Bendahara Umum Partai Demokrat Nazaruddin pada persidangannya nanti. Dia menambahkan, bahwa sebenarnya Nazaruddin dalang dari kasus ini hingga terjadi kasus korupsi alat kesehatan.

  • Jumat, 7 April 2017 07:07:00 Kesalnya Anas pada kesaksian Nazaruddin sampai merasa dikencingi

    Kesalnya Anas pada kesaksian Nazaruddin sampai merasa dikencingi. Anas juga menambahkan, pengakuan Irman dan Sugiharto dalam berkas dakwaan yang menyebut dirinya menerima USD 5,5 juta dari proyek e-KTP adalah fitnah. Oleh karena itu, Anas meminta PPATK ikut membongkar aliran uang panas tersebut.

  • Kamis, 6 April 2017 15:18:43 Anas soal korupsi e-KTP: Muka saya dikencingi keterangan Nazaruddin

    Muhammad Nazaruddin menyebut Anas Urbaningrum menerima Rp 500 miliar dan USD 3 juta dari Andi Agustinus alias Andi Narogong saat menjadi saksi di persidangan kasus korupsi proyek e-KTP di Pengadilan Negeri Tipikor, Jakarta Pusat.

  • Rabu, 5 April 2017 21:36:23 Kesaksian Nazar soal Setnov di sidang e-KTP dinilai patut dicurigai

    Menurut Mudzakir, tidak tertutup kemungkinan kesaksian Nazar diskenariokan untuk menyelamatkan pihak tertentu. "Bisa jadi ada tekanan atau by design dengan menyelamatkan A, B, C. Bisa jadi menguntungkan pihak dengan Nazar memberikan keterangan seperti itu," jelasnya.

  • Rabu, 5 April 2017 10:40:53 Ruhut benarkan kesaksian Nazar soal Anas jadi ketum pakai dana e-KTP

    Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, Muhammad Nazaruddin membeberkan aliran dana proyek e-KTP saat bersaksi di persidangan. Dalam pernyataannya, aliran dana tersebut mengalir kepada Anas Urbaningrum untuk kongres pencalonan sebagai ketua umum Partai Demokrat.

  • Selasa, 4 April 2017 07:10:00 Nazaruddin ungkap gilanya bagi-bagi duit korupsi e-KTP

    Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, Muhammad Nazaruddin dihadirkan sebagai saksi kasus korupsi e-KTP. Meski tak duduk di Komisi II, Nazar tahu betul jika proyek itu dijadikan bancakan oleh koleganya di DPR.

  • Senin, 3 April 2017 15:20:19 Nazar sebut Gamawan ancam batalkan tender jika tak dapat USD 4 juta

    "Pokoknya periode saya Pak Gamawan menerima USD 4 sampai 5 juta caranya sama melalui beberapa tahap," pungkas Nazar.

  • Senin, 3 April 2017 16:07:03 Nazar sebut Anas sokong USD 400.000 ke Khatibul jadi ketua GP Anshor

    "Keperluan partai secara langsung tidak ada, tapi waktu itu setelah mas Anas terpilih jadi Ketum, ganti ketua fraksi Jafar Hafsah, Mas Anas bilang bantulah USD 100.000," ucap mantan bendahara umum Demokrat itu.

  • Senin, 3 April 2017 13:54:52 Nazar sebut Ganjar minta jatah e-KTP ditambah jadi USD 500.000

    Muhammad Nazaruddin membeberkan pihak-pihak yang menerima aliran dana dari proyek e-KTP. Di hadapan majelis hakim, Nazar mengatakan Ganjar memang sempat menolak pemberian uang tersebut.

  • Senin, 3 April 2017 13:10:48 Nazar sebut Anas pakai duit e-KTP pesan 700 kamar di Hotel Sultan

    Muhammad Nazaruddin blak-blakan merinci aliran uang terkait korupsi proyek e-KTP ke sejumlah pihak di DPR. Dia juga menuturkan, Anas Urbaningrum mendapat kucuran uang Rp 20 miliar untuk biaya kongres pencalonan dirinya maju sebagai ketua umum Demokrat.