PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Musni Umar

Foto:

Musni Umar


Nama Lengkap : Musni Umar

Alias : No Alias

Profesi : Politisi

Agama : Islam

Tempat Lahir : Kendari

Tanggal Lahir : Jumat, 12 Juni 1953

Zodiac : Gemini

Warga Negara : Indonesia


No Relation
BIOGRAFI

Mantan Ketua komite SMAN 70 Jakarta ini menyelesaikan pendidikan dasarnya di kampung halamanya. Sekolah Menengah Atas (PGAAN), Sekolah Menengah Pertama (SMPN), Sekolah Dasar (SDN) dan Madrasah Ibtidaiyah, dijalaninya di Kendari, Sulawesi Tenggara. Setelah menyelesaikan pendidikan S1, bekerja di PT. Indobuildco (Owning company of Jakarta Hilton International) dan PT. Intalan Works (The First Alumunium Extruder in Indonesia), dan sempat mendirikan perusahaan dan menjadi direktur utama beberapa perusahaan swasta. Selain itu, aktif  menjadi Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (DPP HIPPI) di masa kepengurusan Ir. Iman Taufik (Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia) dan Suryo B. Sulisto (kini menjadi Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia).

Di bidang sosial, pada masa menjadi anggota DPR/MPR mendirikan Pondok Pesantren Hubbul Wathan, dan menjadi  Ketua Umum Yayasan Pondok Pesantren Hubbul Wathan sampai saat ini.  Juga mendirikan Yayasan Pengembangan Pedesaan Indonesia.  Pada tahun 2010, bersama kelompok pengajian yang digagas Prof. Dr. Rokhmin Dahuri, yang diketuai Dr. Salim Albahri mendirikan Yayasan Albahri Nusantara, dan duduk menjadi Wakil Ketua.

Dalam bidang keilmuan, menulis banyak buku seperti  Demokrasi dan Islam di Kalangan Orang-orang Miskin (2011),  Korupsi di Alam Demokrasi  (2011),  Soft Power Approach Indonesia-Malaysia (2011), Mencari Akar Permasalahan Kemiskinan di Kendari dan Strategi Pemberdayaannya (2009),  Al-Qur’an Demokrasi Politik dan Ekonomi (2004), Islam dan Demokrasi di Indonesia Kemenangan Abangan dan Sekuler (2004) dan DPRD di Era Otonomi Daerah (2003).  Selain itu menyunting banyak buku seperti: Membangkitkan Memori Kolektif Kesejarahan Indonesia-Malaysia (2010), Meluruskan Arah Reformasi (2008),  Korupsi Musuh Bersama (2004),  Terobosan Pemulihan Ekonomi Indonesia (2002), dan Aceh Win-Win Solution (2002). Saat ini ia sedang melakukan pengusulan untuk menjadi Guru Besar (Profesor) dalam bidang Sosiologi di FISIP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Nama Musni Umar mulai dikenal publik karena kasus pencemaran nama baik Sekolah SMAN 70 Jakarta. Musni menuding adanya korupsi di sekolah tersebut. Ia bersikukuh bahwa komite sekolah SMAN 70 Jakarta melakukan tindak korupsi karena tidak adanya transparansi keuangan pihak sekolah kepada pihak komite sekolah yang diketuai oleh Musni. Pihak sekolah membantah semua yang dilontarkan oleh Musni. Kasus ini sedang dalam taraf peyelidikan oleh pihak kepolisian.

Riset dan analisa oleh Somya Samita

PENDIDIKAN
  • Ph.D Sosiologi Pembangunan, Univ. Kebangsaan Malaysia (UKM), Malaysia
  • Master of Science (M.Si), Sosiologi Politik, Universitas Indonesia (UI)
  • Pasca Sarjana Ilmu Politik, Universitas Nasional (UNAS) (tidak diselesaikan)
  • Sarjana Hukum dan Sarjana Muda Hukum, Fakultas  Hukum dan Ilmu Pengetahuan Kemasyarakatan UIJ, Jakarta.
KARIR
  • Dewan Pimpinan Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) di masa Tjahjo Kumolo menjadi Sekjen KNPI
  • Ketua Fraksi PDIP DPR RI dan Sekretaris Jenderal DPP PDIP
  • Sekretaris/anggota Tim Asistensi Koordinator Bidang Ekonomi
  • Anggota DPR RI dari daerah pemilihan Prov. Sulawesi Tenggara (1997)
  • Juru bicara Eminent Persons Group (EPG) Indonesia untuk urusan Malaysia
SOCIAL MEDIA
musniumar.wordpress.com

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA