PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Olly Dondokambey

Foto:

Olly Dondokambey


Nama Lengkap : Olly Dondokambey

Alias : No Alias

Profesi : Politisi

Tempat Lahir : Manado

Tanggal Lahir : Sabtu, 18 November 1961

Zodiac : Scorpion


No Relation
BIOGRAFI

Olly Dondokambey adalah wakil ketua Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Dia lahir di Manado, 18 November 1961. Dia juga menjabat sebagai bendahara DPP PDI-Perjuangan.

Dia dikenal aktif dalam bidang politik. Bahkan Olly disebut-sebut sebagai tokoh politik populer di Minahasa. Kemenangan pasangan Jantje Wowiling Sajow – Ivan Sarundajang (JWS-Ivansa) di Pilkada Minahasa tak lepas dari tangan dingin pria yang menduduki posisi Ketua PDI-Perjuangan Sulawesi Utara ini. Beberapa moment pilkada di sana banyak dimenangkan oleh PDI-Perjuangan karena jasa Olly.

Meski pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulut masih 3 tahun lagi. Namun siapa figur yang bakal bertarung dalam pesta demokrasi mulai diperbincangkan masyarakat luas. Menariknya, nama Ketua PDIP Sulut, Olly Dondokambey digadang-gadang bakal menjadi calon papan satu alias gubernur.

Sementara itu dia pernah diperiksa KPK, lantaran kasus pembahasan alokasi Dana Penyesuaian Infrasktruktur Daerah (DPID). Olly diperiksa sebagai saksi yang diduga mengetahui suap tersangka Fahd El-Fouz alias Fahd A Rafiq terhadap bekas anggota Banggar, Wa Ode Nurhayati.

Pada 27 Agustus 2013, Olly didapuk menjadi Ketua Komisi XI DPR RI menggantikan Emir Moeis yang tersandung kasus korupsi. Keputusan ini ditetapkan oleh Fraksi Partai PDIP. Kemudian, Olly sebagai wakil ketua Banggar digantikan oleh Yasonna Laoly.

Last update 27 Juli 2013 pukul 15:21
Riset dan analisis oleh Vizcardine Audinovic

KARIR
  • Wakil ketua Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)
  • Bendahara DPP PDI-Perjuangan
  • Ketua PDI-Perjuangan Sulawesi Utara
SOCIAL MEDIA
http://ollydondokambey.com/

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Jumat, 26 Mei 2017 15:09:54 Juni, ada Jin Air 'wara-wiri' di langit Indonesia

    Juni, ada Jin Air 'wara-wiri' di langit Indonesia. Olly menjelaskan posisi Sulut yang strategis bisa menjadi gerbang bagi wisatawan asal Asia Timur menuju destinasi lain di Indonesia. Seperti Wakatobi dan Raja Ampat. Jin Air sebelumnya Air Korea adalah maskapai penerbangan berbiaya murah dari Korea Selatan.

  • Selasa, 16 Mei 2017 00:42:00 Gubernur dan Kapolda Sulawesi Utara bantah ada demo makar

    Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menampik adanya permintaan referendum oleh kelompok massa pendemo. Demo dilakukan oleh LSM di depan Kantor Gubernur hanya mempertanyakan kegiatan Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah pada Sabtu (13/5) kemarin.

  • Senin, 15 Mei 2017 13:45:17 Fahri Hamzah cerita kronologi ditolak di Manado hingga balik ke DKI

    Fahri Hamzah cerita kronologi ditolak di Manado hingga balik ke DKI. Dia menambahkan, ada sekelompok masyarakat Manado yang menganggapnya sebagai pengurus FPI. Hal inilah yang memicu terjadinya kesalahpahaman sehingga muncul aksi protes menolak kedatangannya.

  • Kamis, 27 April 2017 20:56:42 Olly lebih percaya pengadilan ketimbang lapor fitnah ke polisi

    "Tadinya saya mau lapor polisi, tapi lebih baik pembuktian di pengadilan," kata Olly.

  • Jumat, 28 April 2017 09:36:00 JK puji Gubernur Sulawesi Utara yang mampu jaga kerukunan beragama

    JK puji Gubernur Sulawesi Utara yang mampu jaga kerukunan beragama. Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengapresiasi Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey dianggap mampu menciptakan suasana rukun dan damai di daerahnya. Meskipun, Sulut terdiri dari beragam suku dan agama yang berbeda-beda.

  • Kamis, 27 April 2017 18:33:01 Olly Dondokambey: Belanja kementerian bukan bidang saya

    Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengaku tidak tahu soal adanya anggaran proyek e-KTP yang diajukan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Sebab, sebagai pimpinan Badan Anggaran DPR 2009-2013, dia tidak mengurus soal anggaran kementerian.

  • Kamis, 27 April 2017 17:08:36 Jadi pimpinan Banggar, Olly Dondokambey tak tahu soal anggaran e-KTP

    Olly menerangkan ketidaktahuannya mengenai anggaran tersebut karena divisi yang berbeda, yakni pembahasan dana transfer untuk daerah.

  • Kamis, 27 April 2017 08:02:57 Sidang kedua belas e-KTP hadirkan Gubernur Sulut Olly Dondokambey

    Sidang kedua belas e-KTP hadirkan Gubernur Sulut Olly Dondokambey. Selain Olly, ada 9 nama lainnya akan dihadirkan di persidangan kasus ini. Yakni Mahmud, Henry Manik, Toto Prasetyo, Djoko Kartiko Krisno, Mayus Bangun, Evi Andi Noor Halim, Yulianto, Irvanto Hendra Pambudi, dan Mudji Rachmat Kurniawan.

  • Selasa, 20 September 2016 12:06:27 Olly Dondokambey sebut PDIP arahnya dukung Ahok di Pilgub DKI

    Olly Dondokambey sebut PDIP arahnya dukung Ahok di Pilgub DKI. Olly menyebut, PDIP akan memilih calon gubernur yang memiliki elektabilitas dan popularitas tinggi. Menurut Olly, ada tiga nama yang memiliki elektabilitas dan popularitas tinggi, yaitu Ahok, Risma dan Budi Waseso.

  • Senin, 31 Maret 2014 16:13:32 Kampanye di Manado, Mega jelaskan alasan capreskan Jokowi

    "Seorang pemimpin harus dicintai rakyatnya, dan saya lihat, Jokowi dicintai rakyatnya," kata Mega.