PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan

Foto:

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan


Nama Lengkap : Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan

Alias : PDIP | PDI Perjuangan

Profesi : Partai Politik


No Relation
BIOGRAFI

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) adalah sebuah partai politik di Indonesia. Partai ini pertama kali berdiri pada tanggal 10 Januari 1999 dan berkantor pusat di Lenteng Agung Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Setelah dibukanya kehidupan kepartaian politik oleh Presiden Habibie, dalam rangka akan diselenggarakannya Pemilu 1999, PDI-P didirikan. Dalam Pemilu ini, PDI-P memperoleh peringkat pertama untuk suara DPR dengan memperoleh 151 kursi. Walaupun demikian, PDI-P gagal membawa Megawati ke kursi kepresidenan, karena kalah suara dalam Sidang Umum MPR 1999 dari Abdurrahman Wahid, dan oleh karenanya Megawati menduduki kursi wakil presiden. Setelah Abdurrahman Wahid turun dari jabatan presiden pada tahun 2001, PDI-P berhasil menempatkan Megawati ke kursi presiden.

Pada 28 Maret 2005, Kongres II PDI-P dibuka di Sanur, Bali, di tengah aksi sekelompok kader yang meminta reformasi di dalam tubuh PDI-P dan terkumpul dalam "Gerakan Pembaruan PDI-P". Kongres ditutup pada 31 Maret, dua hari lebih cepat dari yang direncanakan, dengan terpilihnya kembali Megawati Soekarnoputri secara aklamasi oleh sekitar 1.000 utusan PDI Perjuangan dari seluruh Indonesia sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat PDI Perjuangan periode 2005-2010 beserta sejumlah pengurus lainnya. Sadar akan tuntutan proses regenerasi kepemimpinan dalam tubuh Partai, Megawati menunjuk Pramono Anung Wibowo, seorang politisi muda, sebagai Sekretaris Jenderal. Sedangkan Guruh Sukarnoputra, adik Megawati, yang sebelumnya ikut dalam bursa calon Ketua Umum, terpilih sebagai Ketua Bidang Pendidikan dan Kebudayaan.

Seluruh pengurus inti partai ini dapat dilihat di situs resmi PDIP, kini posisi Sekretaris Jendral sudah digantikan oleh Tjahjo Kumolo yang didampingi oleh wakilnya Eriko Sotarduga.

Pencapaian pada Pemilu Anggota DPR 2009, PDI-P mendapat 95 kursi (16,96%) di DPR hasil Pemilihan Umum Anggota DPR 2009, setelah mendapat 14.600.091 suara (14,0%). Dengan hasil ini, PDI-P menempati posisi ketiga dalam perolehan suara serta kursi di DPR.

Last update 30/12/2013

SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Kamis, 22 Juni 2017 13:31:34 PDIP lepas pemudik ke Jawa dan Sumatera, tiap bus dikawal 'komandan'

    Program mudik gratis dari PDIP rutin diadakan setiap tahun dan berlangsung sejak tahun 2003.

  • Kamis, 22 Juni 2017 14:55:16 Mudik Gotong Royong jadi komitmen PDIP merawat budaya silaturahmi

    Mudik Gotong Royong PDI Perjuangan menyambut Idul Fitri 1438 H yang dilakukan dengan kereta api dan bus diikuti dengan penuh antusias oleh warga masyarakat. Tak hanya itu, PDI Perjuangan juga memberikan sentuhan kemanusiaan saat menggelar mudik 2017.

  • Rabu, 14 Juni 2017 15:52:52 PDIP Banyuwangi daftarkan Azwar Anas di penjaringan Pilgub Jatim

    Menurut Made, PDIP Banyuwangi berinisiatif mendaftarkan Anas berdasarkan aspirasi dari konstituen PDIP di Banyuwangi. Selain itu, Anas termasuk nama yang terjaring berdasarkan rekapitulasi hasil rapat pleno DPC PDIP se-Jatim terkait penjaringan bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur.

  • Selasa, 13 Juni 2017 19:05:16 PDIP buka pintu buat kandidat Pilgub Jabar dan Jatim

    PDIP buka pintu buat kandidat Pilgub Jabar dan Jatim. Terkait Pilgub Jawa Timur, sejauh ini PDIP akan mendengar suara para nahdliyin. Sebab khusus Jawa Timur agak sulit baginya untuk menanggalkan budaya dan sejarah masyarakat setempat.

  • Rabu, 14 Juni 2017 08:30:10 Tak maju Pilgub Jatim, Risma diberi mandat Mega pimpin Surabaya

    Didik mengatakan, Ketum DPP PDIP telah memberi arahan agar Risma menjalankan mandatnya sebagai wali kota, jika memang sama sekali tidak menginginkan jabatan gubernur maupun wakil gubernur.

  • Rabu, 14 Juni 2017 06:51:53 Risma ogah nyagub Jatim, harapan PDIP kandas

    Meski DPD PDIP Jawa Timur melayangkan surat pemberitahuan agar Risma segera mengambil formulir, karena batas akhir pendaftaran adalah hari ini, tanggal 14 Juni, alumnus Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya ini tetap menolak.

  • Rabu, 14 Juni 2017 00:01:00 Ini reaksi PDIP soal kemungkinan Risma jadi cawapres Jokowi di 2019

    Menurut Hasto yang menjadi prioritas bagi PDIP saat ini adalah memberikan dukungan sepenuhnya kepada Presiden Jokowi. Sehingga Presiden bisa menjalankan tugas kerakyatan untuk memimpin bangsa dan negara dengan baik.

  • Selasa, 13 Juni 2017 08:03:00 Cari modal lewat saweran demi maju Pilgub Jatim

    Kader PDIP Suhandoyo terpaksa melakukan saweran demi memenuhi hasrat para pendukungnya maju di Pilgub Jawa Timur 2018. Mahalnya biaya formulir partai menjadi alasan. Langkahnya juga tidak dilirik partainya bernaung.

  • Minggu, 11 Juni 2017 23:31:00 PDIP buat Pilgub Jatim: Risma juga punya obsesi

    Hasto Kristianto memberi sinyal mengusung Saifullah Yusuf alias Gus Ipul sebagai kandidat cagub dalam Pilkada Jawa Timur 2018. Meski begitu, pihaknya tidak menutup kemungkinan bakal memberi kesempatan kepada Wali Kota Surabaya sekaligus kader PDIP, Tri Rismaharini (Risma).

  • Senin, 12 Juni 2017 12:06:37 PDIP beri sinyal usung kepala daerah berprestasi di Pilgub Jatim

    Menurut Hasto, kepala daerah itu tidak harus berasal dari internal partai 'banteng moncong putih'. Hasto menambahkan bahwa kandidat yang kelak diusung PDIP juga dipastikan harus bersih dari korupsi.