PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan

Foto:

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan


Nama Lengkap : Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan

Alias : PDIP | PDI Perjuangan

Profesi : Partai Politik


No Relation
BIOGRAFI

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) adalah sebuah partai politik di Indonesia. Partai ini pertama kali berdiri pada tanggal 10 Januari 1999 dan berkantor pusat di Lenteng Agung Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Setelah dibukanya kehidupan kepartaian politik oleh Presiden Habibie, dalam rangka akan diselenggarakannya Pemilu 1999, PDI-P didirikan. Dalam Pemilu ini, PDI-P memperoleh peringkat pertama untuk suara DPR dengan memperoleh 151 kursi. Walaupun demikian, PDI-P gagal membawa Megawati ke kursi kepresidenan, karena kalah suara dalam Sidang Umum MPR 1999 dari Abdurrahman Wahid, dan oleh karenanya Megawati menduduki kursi wakil presiden. Setelah Abdurrahman Wahid turun dari jabatan presiden pada tahun 2001, PDI-P berhasil menempatkan Megawati ke kursi presiden.

Pada 28 Maret 2005, Kongres II PDI-P dibuka di Sanur, Bali, di tengah aksi sekelompok kader yang meminta reformasi di dalam tubuh PDI-P dan terkumpul dalam "Gerakan Pembaruan PDI-P". Kongres ditutup pada 31 Maret, dua hari lebih cepat dari yang direncanakan, dengan terpilihnya kembali Megawati Soekarnoputri secara aklamasi oleh sekitar 1.000 utusan PDI Perjuangan dari seluruh Indonesia sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat PDI Perjuangan periode 2005-2010 beserta sejumlah pengurus lainnya. Sadar akan tuntutan proses regenerasi kepemimpinan dalam tubuh Partai, Megawati menunjuk Pramono Anung Wibowo, seorang politisi muda, sebagai Sekretaris Jenderal. Sedangkan Guruh Sukarnoputra, adik Megawati, yang sebelumnya ikut dalam bursa calon Ketua Umum, terpilih sebagai Ketua Bidang Pendidikan dan Kebudayaan.

Seluruh pengurus inti partai ini dapat dilihat di situs resmi PDIP, kini posisi Sekretaris Jendral sudah digantikan oleh Tjahjo Kumolo yang didampingi oleh wakilnya Eriko Sotarduga.

Pencapaian pada Pemilu Anggota DPR 2009, PDI-P mendapat 95 kursi (16,96%) di DPR hasil Pemilihan Umum Anggota DPR 2009, setelah mendapat 14.600.091 suara (14,0%). Dengan hasil ini, PDI-P menempati posisi ketiga dalam perolehan suara serta kursi di DPR.

Last update 30/12/2013

SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Jumat, 10 November 2017 08:05:00 Ketika Megawati kembali diusik

    Ketika Megawati kembali diusik. Namun, sebagai pelapor, Salim sesungguhnya tidak mendengar langsung pidato Mega. Mereka hanya menonton dari Youtube pada 6 November 2017 di Pamekasan.

  • Kamis, 9 November 2017 13:57:56 PDIP masih tunggu momentum umumkan cagub Jateng

    Pengumuman rekomendasi akan dilakukan setelah pembacaan untuk Provinsi Bali dan Riau pada 11 November 2017 di kantor DPP PDIP di Lenteng Agung Jakarta.

  • Rabu, 8 November 2017 23:20:25 PDIP kerahkan pasukan siber incar pemilih muda di Pilgub Jateng

    Ketua Bidang Politik dan Keamanan Dewan Pengurus Pusat (DPP) PDIP, Puan Maharani memastikan semua pengurus BMI akan diterjunkan untuk meraih basis suara maksimal di tiap daerah.

  • Selasa, 7 November 2017 21:22:00 Golkar jagokan Wagub Bali, PDIP baru umumkan cagub Sabtu nanti

    Nama I Ketut Sudikerta telah direkomendasikan dari Partai Golkar sebagai bakal calon gubernur Bali 2018-2023. Namun hingga kini belum keluar satu nama dari Sudikerta yang kini menjabat Wakil Gubernur Bali, untuk mendampinginya di Pilgub 2018.

  • Jumat, 3 November 2017 20:15:00 Wali Kota Irwansyah & Giri Kiemas masuk penjaringan Cagub Sumsel dari PDIP

    Wali Kota Irwansyah & Giri Kiemas masuk penjaringan Cagub Sumsel dari PDIP. PDI Perjuangan belum menentukan siapa figur yang bakal diusung pada Pemilihan Gubernur Sumatera Selatan 2018. Namun dalam beberapa survei, ada nama-nama yang semakin menguat dan berpeluang besar diusung oleh PDI Perjuangan.

  • Jumat, 3 November 2017 20:01:00 PDIP pilih Cagub Jateng tak cuma sekadar elektabilitas

    PDIP pilih Cagub Jateng tak cuma sekadar elektabilitas. Bakal calon gubernur Jawa Tengah yang mendaftar lewat PDI Perjuangan tidak sekadar memiliki elektabilitas bagus, tetapi harus memiliki potensi yang memadai, kata Ketua DPD PDI Perjuangan Jateng Bambang Wuryanto.

  • Jumat, 3 November 2017 17:30:48 Survei CSIS: PDIP berebut pemilih millenial dengan Gerindra dan Demokrat

    Elektabilitas Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menjadi yang tertinggi di dalam survei Center of Stategic and Interntional Studies (CSIS) dengan persentase 26,5 persen. Posisi kedua ditempati Gerindra, 17,8 ketiga Demokrat 13,7, keempat Golkar 10,7 dan posisi kelima dihuni oleh Perindo dengan 4,5 persen.

  • Jumat, 3 November 2017 19:31:00 Disebut komunis, kader PDIP di Samarinda polisikan akun Facebook

    Disebut komunis, kader PDIP di Samarinda polisikan akun Facebook. Pengurus anak cabang (PAC) PDIP Samarinda, Kalimantan Timur, dibikin gerah. Siang tadi, mereka mempolisikan akun medsos Facebook 'Mvklis Kicau Mania', ke Polresta Samarinda. Gara-garanya, akun Facebook itu menuding PDIP sebagai partai komunis.

  • Rabu, 1 November 2017 19:23:58 Jelang Pilkada serentak, Megawati minta kader jaga solidaritas partai

    Jelang Pilkada serentak, Megawati minta kader jaga solidaritas partai. Kesediaan pengurus dan kader untuk turun ke bawah termasuk mengoptimalkan peran pengurus ranting dan anak ranting yang sehari-hari bersentuhan langsung dengan masyarakat. Eriko menjelaskan ada hal menarik sebelum Megawati memberikan pengarahannya.

  • Rabu, 1 November 2017 16:21:44 Megawati resmikan pembangunan gedung serba guna di DPD PDIP Banten

    Megawati resmikan pembangunan gedung Serba Guna di DPD PDIP Banten. Basarah menambahkan, bangunan ini direncanakan rampung dalam waktu satu tahun. Sehingga diharapkan pada November 2018, Megawati hadir untuk meresmikan gedung serba guna tersebut.