PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Partai Demokrat

Foto:

Partai Demokrat


Nama Lengkap : Partai Demokrat

Alias : Demokrat

Profesi : Partai Politik


No Relation
BIOGRAFI

Partai Demokrat adalah salah satu partai politik terbesar di Indonesia. Partai berlambang mercy ini didirikan oleh Susilo Bambang Yudhoyono pada  9 September 2001 yang kemudian disahkan pada 27 Agustus 2003. Pendirian partai ini terilhami oleh kekalahan terhormat SBY dalam pemilihan calon wakil presiden dalam sidang MPR tahun 2001.
Karena popularitas SBY saat itu cukup tinggi, maka sebagai tokoh terpanggil untuk memikirkan bagaimana sosok SBY bisa dibawa menjadi Pemimpin Bangsa masa mendatang. Akhirnya beberapa orang seperti Vence Rumangkang menyatakan dukungannya untuk mengusung SBY ke kursi Presiden, dan bahwa agar cita-cita tersebut bisa terlaksana, jalan satu-satunya adalah mendirikan partai politik.

Partai Demokrat mempunyai tujuan untuk menegakkan, mempertahankan, dan mengamankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia sesuai dengan jiwa Proklamasi Kemerdekaan serta untuk mewujudkan cita- cita Negara Kesatuan Republik Indonesia, seperti yang tertuang dalam Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Bersama masyarakat, Demokrat berperan mewujudkan keinginan luhur rakyat Indonesia untuk mencapai kehidupan yang merdeka. Menjunjung tinggi semangat nasionalisme, humanisme dan internasionalisme atas dasar ketakwaan kepada Tuhan.

Partai ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Ketika pertama kali mengikuti pemilihan umum pada tahun 2004, Demokrat meraih suara sebanyak 7,45% (8.455.225) dari total suara dan mendapatkan kursi sebanyak 57 di DPR. Dari perolehan tersebut, Partai Demokrat meraih peringkat kelima Pemilu Legislatif 2004. Menjelang Pemilu 2004, popularitas partai ini makin meningkat seiring banyaknya masyarakat yang mengagumi sosok SBY. Kemenangan tersebut membawa SBY menjadi Presiden RI pada dua periode yakni 2004 dan 2009.

Pada Maret 2013, SBY yang awalnya menjadi Dewan Pembina Partai Demokrat akhirnya ditetapkan sebagai ketua umum Partai Demokrat, menggantikan Anas Urbaningrum.

Last update 27 Juli 2013 pukul 12:21
Riset dan analisis oleh Vizcardine Audinovic

SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Kamis, 19 Oktober 2017 16:41:58 Berubah sikap, Demokrat terima Perppu Ormas dengan catatan

    Berubah sikap, Demokrat terima Perppu Ormas dengan catatan. Mangindaan beralasan pihaknya mendukung pemerintah untuk menertibkan ormas-ormas yang berupaya mengganti Pancasila dan konstitusi negara.

  • Senin, 16 Oktober 2017 15:26:02 Demokrat usul nama Wabup Ngawi dampingi Khofifah

    Sekretaris DPD Partai Demokrat Jawa Timur, Renville Antonio mengatakan, saat ini pihaknya tengah memantau Wakil Bupati Ngawai dua periode, Ony Anwar Harsono.

  • Senin, 16 Oktober 2017 15:17:58 Tak ikut ke KPU, SBY doakan dan lepas rombongan pengurus Demokrat

    SBY turut melepas rombongan dari kantor DPP Partai Demokrat. SBY juga ikut membantu proses persiapan sebelum pendaftaran dilakukan. Dari mulai pendaftaran atau pengisian formulir sampai finalisasi.

  • Senin, 16 Oktober 2017 16:31:53 Pilgub Jatim, Demokrat komunikasi intens dengan Khofifah

    Terkait rencana pembentukan poros baru di Pilkada Jatim, Hinca mengatakan memang pernah dibahas dengan beberapa parpol lainnya. Dan dalam waktu dekat akan segera diputuskan mengingat beberapa parpol juga telah menetapkan calon yang akan diusungnya.

  • Senin, 16 Oktober 2017 15:54:29 Ditanya soal Capres 2019, Ibas Yudhoyono sebut 'Woles saja'

    Ketua Tim Pemenangan Pemilu Partai Demokrat, Edhi Baskoro Yudhoyono atau akrab disapa Ibas belum mau membeberkan jagoan yang akan diusung partainya. Siapa pun yang akan diusung partainya, Ibas memastikan prosesnya akan terbuka. Termasuk soal koalisi dengan partai lain.

  • Senin, 16 Oktober 2017 14:43:50 Ibas dan Sekjen pimpin pendaftaran Partai Demokrat ke KPU

    Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan bersama Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas memimpin rombongan pengurus DPP Partai Demokrat mendaftar ke Kantor KPU. Mereka datang membawa 17 boks berisi berkas persyaratan pendaftaran sebagai parpol peserta Pemilu 2019.

  • Senin, 9 Oktober 2017 14:41:40 Demokrat siap tampung Jenderal Gatot Nurmantyo setelah pensiun dari Panglima TNI

    Partai Demokrat siap menampung Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo untuk berpolitik jika telah pensiun. Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan mengatakan partainya bersedia menerima Gatot selama sesuai dengan platform Demokrat.

  • Jumat, 6 Oktober 2017 04:04:00 Emil Dardak dilirik Partai Demokrat jadi cawagub Jatim

    DPD Partai Demokrat Jawa Timur, telah mengantongi enam nama bakal calon gubernur termasuk La Nyalla M Mattalitti yang memutuskan mundur dari penjaringan. Sementara untuk bakal cawagubnya, partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini mengusulkan beberapa nama.

  • Kamis, 5 Oktober 2017 14:11:03 Demokrat belum punya jagoan di Pilgub Jatim

    Demokrat belum punya jagoan di Pilgub Jatim. Menurutnya, semua penentuan baik calon Gubernur, Wakil Gubernur, Presiden dan Wakil Presiden itu selalu harus ditentukan terlebih dahulu di sidang majelis tinggi. Keputusan itu juga diambil melalui hasil survei dan juga kinerja dari para bakal calon.

  • Selasa, 3 Oktober 2017 12:12:11 Majelis Tinggi Demokrat masih cari kriteria yang pas buat Cagub Jatim

    Majelis Tinggi Demokrat masih cari kriteria yang pas buat Cagub Jatim. Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Agus Hermanto mengatakan, partainya masih fokus rapat internal untuk calon yang akan diusung pada Pilkada Jatim 2018. Hal ini dilakukan untuk menetapkan calon yang paling sesuai dengan kriteria Partai Demokrat.