PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Partai Demokrat

Foto:

Partai Demokrat


Nama Lengkap : Partai Demokrat

Alias : Demokrat

Profesi : Partai Politik


No Relation
BIOGRAFI

Partai Demokrat adalah salah satu partai politik terbesar di Indonesia. Partai berlambang mercy ini didirikan oleh Susilo Bambang Yudhoyono pada  9 September 2001 yang kemudian disahkan pada 27 Agustus 2003. Pendirian partai ini terilhami oleh kekalahan terhormat SBY dalam pemilihan calon wakil presiden dalam sidang MPR tahun 2001.
Karena popularitas SBY saat itu cukup tinggi, maka sebagai tokoh terpanggil untuk memikirkan bagaimana sosok SBY bisa dibawa menjadi Pemimpin Bangsa masa mendatang. Akhirnya beberapa orang seperti Vence Rumangkang menyatakan dukungannya untuk mengusung SBY ke kursi Presiden, dan bahwa agar cita-cita tersebut bisa terlaksana, jalan satu-satunya adalah mendirikan partai politik.

Partai Demokrat mempunyai tujuan untuk menegakkan, mempertahankan, dan mengamankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia sesuai dengan jiwa Proklamasi Kemerdekaan serta untuk mewujudkan cita- cita Negara Kesatuan Republik Indonesia, seperti yang tertuang dalam Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Bersama masyarakat, Demokrat berperan mewujudkan keinginan luhur rakyat Indonesia untuk mencapai kehidupan yang merdeka. Menjunjung tinggi semangat nasionalisme, humanisme dan internasionalisme atas dasar ketakwaan kepada Tuhan.

Partai ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Ketika pertama kali mengikuti pemilihan umum pada tahun 2004, Demokrat meraih suara sebanyak 7,45% (8.455.225) dari total suara dan mendapatkan kursi sebanyak 57 di DPR. Dari perolehan tersebut, Partai Demokrat meraih peringkat kelima Pemilu Legislatif 2004. Menjelang Pemilu 2004, popularitas partai ini makin meningkat seiring banyaknya masyarakat yang mengagumi sosok SBY. Kemenangan tersebut membawa SBY menjadi Presiden RI pada dua periode yakni 2004 dan 2009.

Pada Maret 2013, SBY yang awalnya menjadi Dewan Pembina Partai Demokrat akhirnya ditetapkan sebagai ketua umum Partai Demokrat, menggantikan Anas Urbaningrum.

Last update 27 Juli 2013 pukul 12:21
Riset dan analisis oleh Vizcardine Audinovic

SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Rabu, 22 Maret 2017 19:00:00 Demokrat: Logika sesat hubungkan mogoknya mobil Jokowi dengan SBY

    Anggota Komisi III ini mempertanyakan tugas pemerintah menyediakan fasilitas yang layak bagi SBY sesuai aturan hukum tersebut. Namun dia mengingatkan pemerintah agar menjalankan amanah UU ketimbang menggiring isu SBY tidak pernah mengembalikan mobil Kepresidenan yang dipinjamnya sejak 2014 lalu.

  • Rabu, 22 Maret 2017 11:16:20 Soal mobil mogok, Demokrat sebut ada yang mau panaskan SBY & Jokowi

    Soal mobil mogok, Demokrat sebut ada yang mau panaskan SBY & Jokowi. Hubungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden ke enam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kembali hangat diperbincangkan di media. Gara-garanya, mobil dinas Jokowi yang dipakai saat kunjungan ke Kalimantan mogok di tengah jalan.

  • Rabu, 22 Maret 2017 11:48:46 Demokrat ungkap asal usul mobil kepresidenan ada di tangan SBY

    Demokrat ungkap asal usul mobil kepresidenan ada di tangan SBY. Partai Demokrat geram Presiden ke enam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) disebut tak mengembalikan mobil kepresidenan. Sebaliknya, Demokrat justru meminta negara yang menyediakan fasilitas mobil untuk SBY.

  • Rabu, 22 Maret 2017 14:22:15 Demokrat desak Mensesneg bicara polemik SBY pinjam mobil Istana

    Demokrat desak Mensesneg bicara polemik SBY pinjam mobil Istana. Didi menyebut, saat masa jabatan SBY berakhir, pemerintah belum bisa menyediakan kendaraan karena alasan penghematan. Mensesneg pun meminjamkan salah satu kendaraan kepresidenan kepada SBY untuk sementara waktu.

  • Senin, 20 Maret 2017 04:34:00 Kubu Anies klaim Demokrat DKI sepakat deklarasi dukungan waktu dekat

    DPW Partai Demokrat DKI Jakarta dikabarkan akan merapatkan barisan bersama pasangan kandidat Pilgub DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. Kabar tersebut diungkapkan Ketua DPD DKI Jakarta Partai Gerindra, M Taufik saat ditemui di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Minggu (19/3).

  • Jumat, 17 Maret 2017 06:01:00 Netral jadi gaya politik aman Demokrat di Pilpres 2014 & Pilgub 2017

    Pada acara 'Thank You Gathering' atau malam terima kasih untuk para relawan dan tim sukses di Ballroom Jakarta Theatre, Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (15/3) malam lalu, Agus dengan tegas mengumumkan kemana dukungan akan diberikan.

  • Jumat, 17 Maret 2017 05:33:00 Pujian Djarot ke Agus saat bebaskan kader memilih di Pilgub DKI

    Pujian buat Agus dari Ahok-Djarot saat bebaskan kader memilih di Pilgub DKI. Sejumlah pihak yang mengatasnamakan relawan Agus-Sylviana sebelumnya menyatakan dukungannya kepada pasangan Ahok-Djarot maupun Anies-Sandiaga. Namun keputusan Partai Demokrat maupun Agus-Sylviana netral di putaran kedua Pilgub DKI.

  • Kamis, 16 Maret 2017 00:05:27 AHY bebaskan timses & kader Demokrat tentukan pilihan di pilgub DKI

    Agus Harimurti Yudhoyono mempersilakan para pendukungnya dan kader Partai Demokrat untuk memilih jagoannya di Pilgub DKI putaran kedua. Agus tak mengalihkan suara pendukungnya ke salah satu pasangan calon.

  • Kamis, 16 Maret 2017 03:31:00 Demokrat bakal umumkan dukungan di putaran kedua jelang pencoblosan

    "Ya kita lihat saja nanti keputusannya kayak gimana apakah yang mendahului kena sanksi atau tidak. Tapi saya pikir itu karena sifatnya pribadi tidak membawa partai ya sah-sah saja (memberikan dukungan pada siapapun)," kata Syarief.

  • Kamis, 16 Maret 2017 12:51:54 Djarot puji sikap politik Agus Yudhoyono dan Demokrat bebaskan kader

    Djarot puji sikap politik Agus Yudhoyono dan Demokrat bebaskan kader. Menurut Djarot, Agus memberikan teladan dengan membebaskan sikap politik kader dan pendukung di putaran kedua Pilgub DKI. Djarot mengaku sudah menerima beberapa dukungan yang diberikan para relawan Agus-Sylviana Murni.