PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Partai Demokrat

Foto:

Partai Demokrat


Nama Lengkap : Partai Demokrat

Alias : Demokrat

Profesi : Partai Politik


No Relation
BIOGRAFI

Partai Demokrat adalah salah satu partai politik terbesar di Indonesia. Partai berlambang mercy ini didirikan oleh Susilo Bambang Yudhoyono pada  9 September 2001 yang kemudian disahkan pada 27 Agustus 2003. Pendirian partai ini terilhami oleh kekalahan terhormat SBY dalam pemilihan calon wakil presiden dalam sidang MPR tahun 2001.
Karena popularitas SBY saat itu cukup tinggi, maka sebagai tokoh terpanggil untuk memikirkan bagaimana sosok SBY bisa dibawa menjadi Pemimpin Bangsa masa mendatang. Akhirnya beberapa orang seperti Vence Rumangkang menyatakan dukungannya untuk mengusung SBY ke kursi Presiden, dan bahwa agar cita-cita tersebut bisa terlaksana, jalan satu-satunya adalah mendirikan partai politik.

Partai Demokrat mempunyai tujuan untuk menegakkan, mempertahankan, dan mengamankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia sesuai dengan jiwa Proklamasi Kemerdekaan serta untuk mewujudkan cita- cita Negara Kesatuan Republik Indonesia, seperti yang tertuang dalam Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Bersama masyarakat, Demokrat berperan mewujudkan keinginan luhur rakyat Indonesia untuk mencapai kehidupan yang merdeka. Menjunjung tinggi semangat nasionalisme, humanisme dan internasionalisme atas dasar ketakwaan kepada Tuhan.

Partai ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Ketika pertama kali mengikuti pemilihan umum pada tahun 2004, Demokrat meraih suara sebanyak 7,45% (8.455.225) dari total suara dan mendapatkan kursi sebanyak 57 di DPR. Dari perolehan tersebut, Partai Demokrat meraih peringkat kelima Pemilu Legislatif 2004. Menjelang Pemilu 2004, popularitas partai ini makin meningkat seiring banyaknya masyarakat yang mengagumi sosok SBY. Kemenangan tersebut membawa SBY menjadi Presiden RI pada dua periode yakni 2004 dan 2009.

Pada Maret 2013, SBY yang awalnya menjadi Dewan Pembina Partai Demokrat akhirnya ditetapkan sebagai ketua umum Partai Demokrat, menggantikan Anas Urbaningrum.

Last update 27 Juli 2013 pukul 12:21
Riset dan analisis oleh Vizcardine Audinovic

SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Jumat, 18 Agustus 2017 23:29:00 Fahri Hamzah sebut koalisi PDIP-Demokrat bisa saja terjadi

    Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menilai pertemuan antara dua mantan presiden yakni Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono membuka peluang merapatnya Demokrat ke koalisi partai pendukung pemerintah maupun koalisi dengan PDIP.

  • Senin, 14 Agustus 2017 06:00:00 Tawaran kursi menteri untuk Agus Harimurti

    Sosok penting itu adalah Sidarto Danusubroto, anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres). Dalam pembicaraan via telepon, Sidarto meminta bantuan kepada mantan menteri koordinator politik, hukum dan HAM (menkopolhukam) tersebut. Salah satunya untuk mempertemukannya dengan Ketua Umum Partai Demokrat.

  • Kamis, 10 Agustus 2017 08:45:00 Dengarkan visi misi, Demokrat undang 5 bakal calon gubernur Jatim

    Lima kandidat yang mendaftar di Partai Demokrat Saifullah Yusuf (Wakil Gubernur Jatim), Nur Hayati Ali Assegaf (anggota DPR RI), dan Nurwiyatno (inspektur Pemprov Jatim). La Nyalla Mattalitti (Ketua Kamar Dagang dan Industri Jatim), serta Komisaris Besar Polisi Syafi'in (Analis Kebijakan Madya Bidkum Mabes Polri).

  • Senin, 7 Agustus 2017 11:07:06 Politikus Demokrat sebut 4 partai telah laporkan Victor ke polisi

    Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Agus Hermanto mengatakan pihaknya telah melaporkan Ketua Fraksi Partai NasDem ke polisi. Dengan demikian, kata Agus, seluruh partai yang dituduh mendukung negara khilafah yakni PKS, PAN, Gerindra dan Demokrat telah melaporkan Victor.

  • Rabu, 2 Agustus 2017 20:29:01 Mendagri tak keberatan jika Demokrat ajukan uji materi UU Pemilu

    "Ya enggak ada masalah, enggak ada masalah silakan aja. Tolong dibukalah filenya, dulu waktu Demokrat memimpin juga setuju kok 20 persen," kata Tjahjo

  • Selasa, 1 Agustus 2017 16:40:49 Demokrat sebut SBY dan Prabowo akan bertemu Amien Rais

    Empat partai yakni PAN, PKS, Gerindra dan Demokrat bisa menggelar pertemuan lebih intensif setelah adanya kesamaan pandangan dengan menolak penerapan ambang batas pencalonan presiden 20 persen.

  • Rabu, 2 Agustus 2017 07:01:00 Menanti pertemuan trisula politik SBY-Prabowo-Amien Rais

    Nama SBY, Prabowo dan Amien Rais sudah tak asing lagi di dunia perpolitikan tanah air. Ketiganya merupakan politikus senior kawakan. Pertemuan ketiganya tentu akan membawa efek politik di tanah air. Sebab ketiganya merupakan 'roh' dari masing-masing parpol Demokrat, Gerindra dan PAN.

  • Senin, 31 Juli 2017 12:20:22 Demokrat sebut AHY paling banyak diusulkan buat maju Pilpres 2019

    Penentuan capres tak bergantung pada pertemuan SBY dan Prabowo di Cikeas.

  • Selasa, 1 Agustus 2017 11:09:27 Demokrat dukung pertemuan SBY dan Prabowo digelar sebulan sekali

    Demokrat dukung pertemuan SBY dan Prabowo digelar sebulan sekali. Tidak hanya dengan Gerindra, Agus menyebut Demokrat siap membuka komunikasi dan penjajakan dengan partai-partai lain seperti PKS dan PAN mau pun yang tergabung di koalisi pemerintah.

  • Selasa, 25 Juli 2017 14:30:58 Demokrat sebut kicauan Yulianis soal Ibas hanya fitnah

    Keputusan Pansus menghadirkan Yulianis, kata Syarief, menunjukkan upaya melemahkan lembaga KPK. Dugaan itu membuat Partai Demokrat tidak ikut dalam keanggotaan Pansus angket KPK.