PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Partai Demokrat

Foto:

Partai Demokrat


Nama Lengkap : Partai Demokrat

Alias : Demokrat

Profesi : Partai Politik


No Relation
BIOGRAFI

Partai Demokrat adalah salah satu partai politik terbesar di Indonesia. Partai berlambang mercy ini didirikan oleh Susilo Bambang Yudhoyono pada  9 September 2001 yang kemudian disahkan pada 27 Agustus 2003. Pendirian partai ini terilhami oleh kekalahan terhormat SBY dalam pemilihan calon wakil presiden dalam sidang MPR tahun 2001.
Karena popularitas SBY saat itu cukup tinggi, maka sebagai tokoh terpanggil untuk memikirkan bagaimana sosok SBY bisa dibawa menjadi Pemimpin Bangsa masa mendatang. Akhirnya beberapa orang seperti Vence Rumangkang menyatakan dukungannya untuk mengusung SBY ke kursi Presiden, dan bahwa agar cita-cita tersebut bisa terlaksana, jalan satu-satunya adalah mendirikan partai politik.

Partai Demokrat mempunyai tujuan untuk menegakkan, mempertahankan, dan mengamankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia sesuai dengan jiwa Proklamasi Kemerdekaan serta untuk mewujudkan cita- cita Negara Kesatuan Republik Indonesia, seperti yang tertuang dalam Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Bersama masyarakat, Demokrat berperan mewujudkan keinginan luhur rakyat Indonesia untuk mencapai kehidupan yang merdeka. Menjunjung tinggi semangat nasionalisme, humanisme dan internasionalisme atas dasar ketakwaan kepada Tuhan.

Partai ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Ketika pertama kali mengikuti pemilihan umum pada tahun 2004, Demokrat meraih suara sebanyak 7,45% (8.455.225) dari total suara dan mendapatkan kursi sebanyak 57 di DPR. Dari perolehan tersebut, Partai Demokrat meraih peringkat kelima Pemilu Legislatif 2004. Menjelang Pemilu 2004, popularitas partai ini makin meningkat seiring banyaknya masyarakat yang mengagumi sosok SBY. Kemenangan tersebut membawa SBY menjadi Presiden RI pada dua periode yakni 2004 dan 2009.

Pada Maret 2013, SBY yang awalnya menjadi Dewan Pembina Partai Demokrat akhirnya ditetapkan sebagai ketua umum Partai Demokrat, menggantikan Anas Urbaningrum.

Last update 27 Juli 2013 pukul 12:21
Riset dan analisis oleh Vizcardine Audinovic

SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Jumat, 24 November 2017 06:43:00 Saat Anas kembali panas dengar 'nyanyian' Nazar

    Anas Urbaningrum sewot dengan kesaksian mantan koleganya di Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin. Mantan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) itu meyakini Nazar 'bernyanyi' karena pesanan pihak tertentu.

  • Jumat, 24 November 2017 07:35:00 Istri cantik para politisi yang ikut repot karena korupsi sang suami

    Hari penuh bahagia yang selama ini dilalui bersama sekejap berubah ketika suami tercinta terjerat kasus dan harus dijebloskan ke bui. Tak sekadar harus menerima kenyataan, terkadang para istri sampai ikut terseret dalam kasus yang membelit sang suami.

  • Kamis, 23 November 2017 10:20:00 Demokrat siapkan AHY jadi jurkam Khofifah-Emil di Pilgub Jatim

    "Pak SBY tidak jadi jurkam, apalagi beliau selaku mantan Presiden," ujar Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur Soekarwo.

  • Kamis, 23 November 2017 13:16:41 Jadi saksi, Anas sebut SBY perintahkan Demokrat dukung proyek e-KTP

    Jaksa penuntut umum KPK, Irene Putri pun mengajukan pertanyaan kepada Anas mengenai dasar pemilihan Anas sebagai ketua fraksi saat itu.

  • Kamis, 23 November 2017 07:38:00 Koalisi Zaman Now dukung Deddy Mizwar-Ahmad Syaikhu, Gerindra ditinggal?

    Deddy Mizwar akhirnya bisa bernapas lega setelah Majelis Tinggi Partai Demokrat mengeluarkan rekomendasi mendukung dirinya berpasangan dengan kader PKS Ahmad Syaikhu di Pilgub Jabar 2018. Deddy kini tak butuh lagi dukungan Gerindra, karena syarat minimal 20 kursi sudah terpenuhi.

  • Jumat, 10 November 2017 05:50:00 Klaim Demokrat AHY paling oke jadi cawapres dibanding Jenderal Gatot

    Setelah kalah dalam pilgub DKI, Agus Harimurti Yudhoyono rajin tampil di berbagai kesempatan. Mengunjungi berbagai tempat, AHY juga melakukan safari politik dengan menemui para tokoh politik senior. Publik pun semakin mengenal putra sulung SBY itu.

  • Jumat, 10 November 2017 08:13:39 Deddy Mizwar: Saya akan menjadi kader Partai Demokrat

    Ia mengatakan dengan dirinya menjadi bagian dari Partai Demokrat maka PKS bisa bersekutu dengan partai yang dipimpin oleh Susilo Bambang Yudhoyono di Pilgub Jawa Barat 2018. Dia pun yakin Gerindra akan tetap berada di barisannya untuk mendukung di Pilgub Jabar.

  • Jumat, 3 November 2017 20:28:55 Soal ambang batas capres, Demokrat tegaskan MK tak boleh buat norma baru

    Soal ambang batas capres, Demokrat tegaskan MK tak boleh buat norma baru. Sebelumnya, Mahkamah Konstitusi (MK) dinilai harus membuat aturan baru bila menyetujui aturan presidential threshold (PT) sebesar 20 persen pada pelaksanaan Pemilu serentak 2019 nanti.

  • Jumat, 3 November 2017 22:35:16 Demokrat: Kesempatan makin sempit buat kami jika ambang batas capres 20 persen

    Demokrat: Kesempatan makin sempit buat kami jika ambang batas capres 20 persen. Partai Demokrat memprediksi Pemilihan Presiden 2019 bisa diikuti oleh 3 sampai 4 pasangan calon meski Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan uji materi ambang batas pencalonan presiden sebesar 20 persen.

  • Jumat, 3 November 2017 17:30:48 Survei CSIS: PDIP berebut pemilih millenial dengan Gerindra dan Demokrat

    Elektabilitas Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menjadi yang tertinggi di dalam survei Center of Stategic and Interntional Studies (CSIS) dengan persentase 26,5 persen. Posisi kedua ditempati Gerindra, 17,8 ketiga Demokrat 13,7, keempat Golkar 10,7 dan posisi kelima dihuni oleh Perindo dengan 4,5 persen.