PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Partai Gerakan Indonesia Raya

Foto:

Partai Gerakan Indonesia Raya


Nama Lengkap : Partai Gerakan Indonesia Raya

Alias : Gerindra | Partai Gerindra

Profesi : Partai Politik

Tempat Lahir : Indonesia

Tanggal Lahir : Rabu, 6 Februari 2008

Zodiac : Aquarius

Warga Negara : Indonesia


No Relation
BIOGRAFI

Partai  Gerakan Indonesia Raya atau GERINDRA adalah partai politik yang menjagokan Prabowo Subianto sebagai calon presiden Indonesia pada tahun 2014 mendatang . Partai yang digawangi oleh Ir. Suhardi M. Sc ini bermula dari suatu keprihatinan terhadap kemelaratan yang dialami oleh masyarakat Indonesia akibat permainan orang yang tidak memperdulikan kesejahteraan bangsa. Ketika November 2007, Fadli Zon dan pengusaha ternama Hashim Djohadikusumo membahas masalah politik yang menurut mereka mulai menjauhi nilai-nilai demokrasi yang sesungguhnya.

Perbincangan mengenai nasib bangsa ini kemudian menjadi gagasan berdiri partai Gerindra yang saat itu baru diwacanakan di kalangan Hashim dan Prabowo. Berdirinya partai ini pun juga mendapat penolakan dari beberapa orang yang tidak ingin terlibat dengan pembuatan parpol baru. 

Perdebatan yang cukup panjang dan alot akhirnya menghasilkan manifesto perjuangan demi kesejahteraan rakyat yang memiliki 6 prinsip dasar partai (Prinsip Disiplin, Prinsip Kedaulatan, Prinsip Kemandirian, Prinsip Persamaan Hak, Prinsip Kerjasama dan Gotong Royong dan Prinsip Musyawarah) dan juga 16 pokok-pokok perjuangan partai Gerindra. Selain itu, pada bulan Desember 2007, di sebuah rumah yang menjadi markas IPS (Institute for Policy Studies) di bendungan Hilir, berkumpullah sejumlah nama seperti Adli Zon, hadir pula Ahmad Muzani, M. Asrian Mirza, Amran Nasution, Halida Hatta, Tanya Alwi dan Haris Bobihoe untuk membicarakan masalah anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) partai yang akan dibentuk. Dengan ini, partai Gerindra ingin mewujudkan tatanan masyarakat Indonesia yang merdeka, berdaulat, bersatu, demokratis, adil, dan makmur serta beradab dan berketuhanan yang berlandaskan Pancasila sebagaimana termaktub dalam pembukaan UUD NKRI tahun 1945.

Namun, perjuangan Fadli yang setelah pertemuan itu sakit dan sempat merasa pesimis bahwa gagasan partai baru ini akan terus berlanjut, akhirnya tidak berakhir tragedi. Pada tanggal 6 Februari 2008, terbentuklah Partai Gerindra. Adanya partai ini diharapkan mampu mengabdi untuk menghadapi masalah sistem politik, perekonomian bangsa dan situasi sulit Indonesia dengan mengeratkan persatuan dan kesatuan bangsa. 

Maka dengan semangat kemandirian, keberanian, dan kemakmuran rakyat, Partai Gerindra memilih nama Gerakan Indonesia merdeka dan kepala Garuda sebagai perwujudan niat dan komitmen mereka terhadap manifesto Gerakan Indonesia Rayanya.

 

Riset dan Analisis oleh Kustin Ayuwuragil D.

SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Kamis, 15 Juni 2017 08:15:00 Gerindra kembali tegaskan usung Prabowo Subianto di Pilpres 2019

    Politikus Gerindra ini enggan berkomentar banyak soal Anies Baswedan menjadi wakil Prabowo di Pilpres 2019 nanti. Apalagi Anies belum dilantik menjadi Gubernur DKI Jakarta. "Belum sampaikah kan RUU-nya saja baru Minggu ini diputuskan. Pak Anies dilantik saja belum," tegas Fadli Zon.

  • Rabu, 14 Juni 2017 12:38:01 Gerindra mundur dari Pansus jika KPK ada bukti Desmond tekan Miryam

    Desmond J Mahesa mengatakan Gerindra akan mundur dari Pansus Angket KPK apabila KPK telah membuktikan ada rekaman dirinya telah menekan Miryam S Haryani. Desmond menyebut Fraksi Partai Gerindra akhirnya mengirim anggota ke Pansus karena dirinya difitnah penyidik KPK Novel Baswedan telah mengancam Miryam.

  • Minggu, 11 Juni 2017 23:14:08 Gerindra sarankan PDIP usung Risma, tak perlu dukung Gus Ipul

    Wakil Ketua Partai Gerindra, Fery Juliantono, mengatakan akan memberikan dukungan kepada Saifullah Yusuf alias Gus Ipul pada Pilgub Jawa Timur 2018. Untuk itu, mereka menyarankan PDIP untuk mendukung Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan tak ikut dukung Gus Ipul.

  • Rabu, 17 Mei 2017 19:55:52 Partai Gerindra dorong Mulyadi maju Pilgub Jabar

    Hasil rapat pimpinan daerah DPD Gerindra Jabar dilakukan di Bogor awal Mei lalu, menelurkan nama Mulyadi untuk maju di Pilgub Jabar. Mulyadi merupakan Ketua DPD Gerindra Jabar, menjadi salah satu alternatif selain nama Deddy Mizwar memang disebut-sebut akan diusung.

  • Rabu, 17 Mei 2017 11:01:56 Berubah sikap, Fraksi Gerindra kirim wakilnya ke Pansus Angket KPK

    Berubah sikap, Fraksi Gerindra kirim wakilnya ke Pansus Angket KPK. Fraksi partai Gerindra memutuskan untuk mengirimkan perwakilan ke Pansus angket KPK. Ketua DPP Partai Gerindra Sodik Mudjahid mengatakan pihaknya telah mengetahui bahwa Pansus bisa terbentuk meski tidak semua fraksi mengirimkan perwakilan.

  • Jumat, 12 Mei 2017 20:50:14 Besok, Waketum Gerindra akan jenguk Ahok di Mako Brimob

    Besok, Waketum Gerindra akan jenguk Ahok di Mako Brimob. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Arief Poyuono akan menjenguk terpidana penistaan agama Basuki T Purnama di Mako Brimob, Depok pada (14/5) besok. Arief mengaku ingin mengetahui kondisi sekaligus bersilaturahmi dengan Ahok sapaan Basuki.

  • Rabu, 10 Mei 2017 05:15:00 Ahok dipenjara, Gerindra soroti kursi wakil gubernur DKI

    Ahok dipenjara, Gerindra soroti kursi wakil gubernur DKI. Jabatan Ahok sebagai gubernur DKI Jakarta yang bersisa tinggal enam bulan lagi langsung digantikan oleh wakilnya, Djarot Saiful Hidayat. Ahok diberhentikan sementara sebagai orang nomor 1 DKI karena dalam amat putusan, hakim perintahkan Ahok masuk penjara.

  • Senin, 8 Mei 2017 21:31:00 Selain Gerindra, PKS buka peluang koalisi dengan PAN di Pilgub Jabar

    "Tapi bahwa PKS dan Gerindra itu memang sudah ya dari lama kita bincangkan. Selalu Pak Prabowo menyebut PKS adalah sekutu Gerindra, PAN menyertai kami tentu kami welcome Ahlan Wasahlan. Nanti kita sepakati siapa yang jadi Cagub dan Cawagub," kata Hidayat.

  • Selasa, 9 Mei 2017 13:40:51 Gerindra persoalkan jabatan Wagub jika Djarot jadi Gubernur DKI

    Ketua DPP Partai Gerindra itu meminta Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengangkat Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat sebagai Plt Gubernur DKI Jakarta menggantikan Ahok yang ditahan di Rutan Cipinang, Jakarta Timur.

  • Rabu, 3 Mei 2017 18:04:15 Gerindra bantah mensyaratkan Emil jadi kader jika mau diusung

    Gerindra bantah mensyaratkan Emil jadi kader jika mau diusung. Hanya saja, Emil telah mendapat dukungan dari partai pendukung Joko Widodo, yakni Partai NasDem yang salah satu syaratnya adalah Presiden di Pemilu 2019.