PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Partai Gerakan Indonesia Raya

Foto:

Partai Gerakan Indonesia Raya


Nama Lengkap : Partai Gerakan Indonesia Raya

Alias : Gerindra | Partai Gerindra

Profesi : Partai Politik

Tempat Lahir : Indonesia

Tanggal Lahir : Rabu, 6 Februari 2008

Zodiac : Aquarius

Warga Negara : Indonesia


No Relation
BIOGRAFI

Partai  Gerakan Indonesia Raya atau GERINDRA adalah partai politik yang menjagokan Prabowo Subianto sebagai calon presiden Indonesia pada tahun 2014 mendatang . Partai yang digawangi oleh Ir. Suhardi M. Sc ini bermula dari suatu keprihatinan terhadap kemelaratan yang dialami oleh masyarakat Indonesia akibat permainan orang yang tidak memperdulikan kesejahteraan bangsa. Ketika November 2007, Fadli Zon dan pengusaha ternama Hashim Djohadikusumo membahas masalah politik yang menurut mereka mulai menjauhi nilai-nilai demokrasi yang sesungguhnya.

Perbincangan mengenai nasib bangsa ini kemudian menjadi gagasan berdiri partai Gerindra yang saat itu baru diwacanakan di kalangan Hashim dan Prabowo. Berdirinya partai ini pun juga mendapat penolakan dari beberapa orang yang tidak ingin terlibat dengan pembuatan parpol baru. 

Perdebatan yang cukup panjang dan alot akhirnya menghasilkan manifesto perjuangan demi kesejahteraan rakyat yang memiliki 6 prinsip dasar partai (Prinsip Disiplin, Prinsip Kedaulatan, Prinsip Kemandirian, Prinsip Persamaan Hak, Prinsip Kerjasama dan Gotong Royong dan Prinsip Musyawarah) dan juga 16 pokok-pokok perjuangan partai Gerindra. Selain itu, pada bulan Desember 2007, di sebuah rumah yang menjadi markas IPS (Institute for Policy Studies) di bendungan Hilir, berkumpullah sejumlah nama seperti Adli Zon, hadir pula Ahmad Muzani, M. Asrian Mirza, Amran Nasution, Halida Hatta, Tanya Alwi dan Haris Bobihoe untuk membicarakan masalah anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) partai yang akan dibentuk. Dengan ini, partai Gerindra ingin mewujudkan tatanan masyarakat Indonesia yang merdeka, berdaulat, bersatu, demokratis, adil, dan makmur serta beradab dan berketuhanan yang berlandaskan Pancasila sebagaimana termaktub dalam pembukaan UUD NKRI tahun 1945.

Namun, perjuangan Fadli yang setelah pertemuan itu sakit dan sempat merasa pesimis bahwa gagasan partai baru ini akan terus berlanjut, akhirnya tidak berakhir tragedi. Pada tanggal 6 Februari 2008, terbentuklah Partai Gerindra. Adanya partai ini diharapkan mampu mengabdi untuk menghadapi masalah sistem politik, perekonomian bangsa dan situasi sulit Indonesia dengan mengeratkan persatuan dan kesatuan bangsa. 

Maka dengan semangat kemandirian, keberanian, dan kemakmuran rakyat, Partai Gerindra memilih nama Gerakan Indonesia merdeka dan kepala Garuda sebagai perwujudan niat dan komitmen mereka terhadap manifesto Gerakan Indonesia Rayanya.

 

Riset dan Analisis oleh Kustin Ayuwuragil D.

SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Kamis, 23 Maret 2017 20:07:52 Gerindra 'tutup pintu' buat Ridwan Kamil di Pilgub Jabar

    Gerindra tutup pintu buat Ridwan Kamil di Pilgub Jabar. Wakil Ketua DPP Gerindra Shodiq Mudjahid mengakui, ada atau tidaknya Emil tidak berpengaruh terhadap situasi ditubuh Gerindra. Karena selama ini Emil tidak memberikan kesan serta pengaruh apapun kepada partai pengusungnya di Pilwalkot.

  • Jumat, 24 Maret 2017 08:01:00 Gerindra merasa dilupakan Emil karena pilih Jokowi daripada Prabowo

    Gerindra merasa dilupakan Emil karena pilih Jokowi daripada Prabowo. Wakil Ketua DPP Gerindra Shodiq Mudjahid mengakui, ada atau tidaknya Emil tidak berpengaruh terhadap situasi di tubuh Gerindra. Karena selama ini Emil tidak memberikan kesan serta pengaruh apapun kepada partai pengusungnya di Pilwalkot.

  • Jumat, 24 Maret 2017 10:49:04 Ada politisi wanita Senayan minta diusung Gerindra di Pilgub Jabar

    Ada politisi wanita Senayan minta diusung Gerindra di Pilgub Jabar. Wakil Ketua Umum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, pihaknya masih fokus memenangkan Pilgub DKI di putaran kedua. Soal Pilgub Jabar, masih jauh untuk dikalkulasi.

  • Rabu, 22 Maret 2017 16:09:33 Gerindra ikuti strategi PDIP terjunkan kepala daerah demi Pilgub DKI

    Gerindra ikuti strategi PDIP terjunkan kepala daerah demi Pilgub DKI. Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria memastikan seluruh mesin partai pendukung akan bekerja maksimal memenangkan Anies-Sandiaga di putaran kedua Pilgub DKI Jakarta.

  • Selasa, 21 Maret 2017 22:48:53 Gerindra ogah dukung Ridwan Kamil di Pilgub Jabar

    Saat Emil diusung Partai NasDem, salah satu kesepakatan ter‎tulis yaitu mendukung Joko Widodo kembali menjadi Presiden tahun 2019. Hal itu dinilai menjadi catatan Partai Gerindra. Sebab bukan tidak mungkin Prabowo akan kembali ikut Pilpres dua tahun mendatang.

  • Senin, 20 Maret 2017 20:40:00 Gerindra: NasDem usung Ridwan Kamil karena tak punya kader potensial

    Gerindra: NasDem usung Ridwan Kamil karena tak punya kader potensial. Sejauh ini, Partai Gerindra belum memutuskan calon yang akan diusung di Pilgub Jawa Barat. Pihaknya masih mempertimbangkan sejumlah nama baik kader atau tokoh eksternal.

  • Senin, 20 Maret 2017 01:26:00 Sekda Jawa Barat & istri Aher dibidik Gerindra untuk Pilgub Jabar

    Bursa Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018 mulai diramaikan dengan nama-nama di luar Ridwan Kamil dan Deddy Mizwar. Salah satu yang mencuat nama Sekda Jawa Barat Iwa Karniwa yang masuk radar Partai Gerindra.

  • Kamis, 16 Maret 2017 15:34:11 Gerindra pede dukungan Perindo mampu dongkrak suara Anies-Sandiaga

    Gerindra pede dukungan Perindo mampu dongkrak suara Anies-Sandiaga. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon, menegaskan, dukungan Partai Perindo untuk Anies-Sandiaga tidak masalah. "Itu sah-sah saja dalam negara demokrasi," ujarnya.

  • Kamis, 16 Maret 2017 15:02:20 Gerindra optimis dukungan Perindo mampu dongkrak suara Anies

    Gerindra optimis dukungan Perindo mampu dongkrak suara Anies. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menilai dukungan Partai Perindo sangat membantu Anies-Sandiaga di putaran dua Pilgub nanti. Menurutnya, tokoh-tokoh Perindo mampu mendongkrak suara Anies-Sandiaga.

  • Kamis, 16 Maret 2017 13:51:56 Gerindra soal hak angket e-KTP: Kita wait and see

    Gerindra soal hak angket e-KTP: Kita wait and see. Fadli mengatakan, Gerindra sangat terbuka menerima usulan hak angket itu. Namun, diungkapkan Fadli, Fraksi Gerindra belum menentukan sikap terkait usulan hak angket tersebut.