PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Partai Hati Nurani Rakyat

Foto:

Partai Hati Nurani Rakyat


Nama Lengkap : Partai Hati Nurani Rakyat

Alias : Partai Hanura | Hanura

Profesi : Partai Politik

Tanggal Lahir : Kamis, 21 Desember 2006

Zodiac : Sagittarius

Warga Negara : Jakarta


No Relation
BIOGRAFI

Partai Hati Nurani Rakyat atau yang lebih dikenal sebagai Partai Hanura merupakan salah satu partai politik di Indonesia. Awal berdiri-nya partai ini tak lepas dari gagasan Jend. TNI (Purn) Wiranto beserta tokoh-tokoh nasional lain. Gagasan ini kemudian dibahas dalam sebuah pertemuan yang diadakan di Jakarta pada tanggal 13-14 November 2006. Dalam pertemuan ini dihasilkan 8 kesepakatan yang menjadi tonggak berdirinya partai. Dalam 8 kesepakatan tersebut dibahas mengenai berbagai hal yang menyangkut kesejahteraan rakyat Indonesia. Pada pendeklarasian tanggal 21 Desember 2006 kesepakatan tersebut ditindaklanjuti dalam partai politik yang kemudian diberi nama  Partai Hati Nurani Rakyat atau biasa disingkat menjadi Partai Hanura. Adapun nama-nama dewan pendiri Partai Hanura antara lain Jend. TNI (Purn) Wiranto, Yus Usman Sumanegara, Dr. Fuad Bawazier, Dr. Tuti Alawiyah AS., Jend. TNI (Purn) Fachrul Razi, Laks TNI (Purn) Bernard Kent Sondakh, Prof. Dr. Achmad Sutarmadi, Prof. Dr. Max Wullur, Prof. Dr. Azzam Sam Yasin, Jend. TNI (Purn) Subagyo HS., Jend. Pol (Purn) Chaeruddin Ismail, Samuel Koto, LetJen. TNI (Purn) Suaidi Marasabessy, Marsdya TNI (Purn) Budhy Santoso, Djafar Badjeber, Uga Usman Wiranto, Letjen. TNI (Purn) Ary Mardjono, Elza Syarief, Nicolaus Daryanto, Anwar Fuadi, Dr. Teguh Samudra dan beberapa tokoh lainnya.

Partai Hanura mempunyai visi yang terbagi menjadi 2 bagian yakni Kemandirian Bangsa dan Kesejahteraan Rakyat. Dalam visi tersebut secara garis besar menjelaskan bahwa Bangsa Indonesia terasa tidak mandiri lagi dengan banyaknya campur tangan pihak asing yang dapat merugikan kehidupan bangsa sehingga diharapkan seluruh rakyat Indonesia mampu bangkit kembali demi menciptakan sebuah bangsa yang mandiri serta selalu menanamkan dan mewujudkan kesejahteraan bagi rakyat Indonesia. Partai Hanura terus menjunjung tinggi nilai-nilai dasar partai yang antara meliputi ketaqwa-an, kemandirian, kebersamaan, kerakyatan dan kesederhanaan.

Dalam keikutsertaan partai dalam pemilihan umum (Pemilu) di Indonesia, Partai Hanura menjalani debut pertama-nya dengan tampil dalam Pemilu 2009. Dalam Pemilu 2009 lalu Partai Hanura mampu mendapat suara sebanyak 3.922.870 suara atau sekitar 3,8%. Selain itu, pendiri partai Wiranto juga ikut mencalonkan diri sebagai Presiden dalam Pemilu 2009 lalu. Dengan menggandeng mantan wakil presiden Jusuf Kalla, Wiranto maju menjadi kandidat presiden Republik Indonesia. Melalui nomor urut 3 Wiranto dan Jusuf Kalla hanya mampu berada di peringkat ke 3 dengan perolehan 15.081.814 suara sah atau 12,41%. Menatap Pemilu 2014 mendatang, Wiranto berencana untuk maju kembali sebagai kandidat Presiden. Kali ini, Wiranto menggandeng CEO MNC Group yang merupakan Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) dan Ketua Dewan Pertimbangan Partai Hanura, Hary Tanoesoedibjo. Hal ini disampaikan dalam Deklarasi Capres Cawapres Partai Hanura yang diselenggarakan pada Juli 2013 ini. Dengan ini diharapkan mampu memberi perubahan bagi bangsa Indonesia menjadi lebih makmur melalui sosok pemimpin yang adil dan berhati nurani.

Riset dan analisa oleh Tryning Rahayu Setya W.

SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Selasa, 12 September 2017 15:13:09 Hanura resmi gabung koalisi PDIP dan Golkar di Pilgub Jabar

    Hanura resmi gabung koalisi PDIP dan Golkar di Pilgub Jabar. Partai Hanura mulai menentukan sikap politiknya menghadapi Pilgub Jabar 2018. Melalui Ketua DPD Partai Hanura Jabar Aceng HM Fikri, partai tersebut melakukan kunjungan politik ke markas DPD PDIP Jabar.

  • Senin, 11 September 2017 19:29:21 Bertemu Moeldoko, Wiranto bahas masa depan Hanura

    Bertemu Moeldoko, Wiranto bahas masa depan Hanura. Menko Polhukam Wiranto mengakui kalau dirinya bertemu dengan Mantan Panglima TNI Moeldoko di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Senin (11/9). Dalam pertemuan itu, mereka membahas tentang masa depan Hanura.

  • Kamis, 7 September 2017 15:04:29 Hanura: Dulu SBY juga minta kader Demokrat sosialisasi kinerja pemerintah

    Hanura: Dulu SBY juga minta kader Demokrat sosialisasi kinerja pemerintah. Perintah Presiden Joko Widodo kepada relawannya, Projo untuk sosialisasikan capaian kinerja pemerintah jadi sorotan. Hal ini berkaitan dengan niat Jokowi kembali nyapres di Pemilu 2019.

  • Kamis, 7 September 2017 11:42:04 Hanura tuding Saracen manfaatkan isu Rohingya untuk serang Jokowi

    Hanura tuding Saracen manfaatkan isu Rohingya untuk serang Jokowi. Hanura meminta pemerintah menindak tegas orang yang memanfaatkan isu Rohingya tersebut. Sebab, ulah dari kelompok penebar kebencian itu telah menimbulkan kegaduhan di masyarakat.

  • Selasa, 5 September 2017 13:08:39 Dedi Mulyadi sumringah Hanura bergabung hadapi Pilgub Jabar

    Dedi Mulyadi sumringah Hanura bergabung hadapi Pilgub Jabar. Dengan bergabungnya Hanura dalam barisan koalisi Golkar dan PDIP, 40 kursi sudah dikantongi. Syarat untuk mengajukan calon gubernur sudah dipenuhi.

  • Selasa, 5 September 2017 15:24:31 NasDem cuek lihat manuver Hanura balik arah dukung Dedi Mulyadi

    NasDem cuek lihat manuver Hanura balik arah dukung Dedi Mulyadi. Hanura sempat melakukan komunikasi politik dengan NasDem. Saat itu Ketua DPD Hanura Jabar Aceng Fikri menyatakan kesiapannya bersanding dengan Ridwan Kamil. Belakangan, Hanura bermanuver dan berbalik arah mendukung Dedi Mulyadi.

  • Selasa, 29 Agustus 2017 22:07:00 Gara-gara Pilgub, Ketua DPD Golkar NTT pindah ke Hanura

    Gara-gara Pilgub, Ketua DPD Golkar NTT pindah ke Hanura. Medah memilih 'lompat pagar' ke Partai Hanura karena menilai kebijakan partai berlambang Pohon Beringin itu tidak melihat mekanisme pencalonan Gubernur NTT sedang berproses di tubuh partai.

  • Senin, 28 Agustus 2017 19:23:00 Dana parpol naik 10 kali lipat, Hanura bilang 'sebenarnya masih bisa lebih besar'

    Dana parpol naik 10 kali lipat, Hanura bilang 'sebenarnya masih bisa lebih besar'. DPP Partai Hanura mengapresiasi langkah pemerintah menetapkan besaran dana bantuan bagi partai politik, yakni Rp 1.000 per suara, naik sekitar 10 kali lipat dari sebelumnya hanya Rp 108 per suara, kata Wakil Sekjen Hanura Tridianto.

  • Kamis, 24 Agustus 2017 23:01:10 Dedi Mulyadi dikabarkan temui ketum Hanura minta dukungan

    Wasekjen Partai Hanura Dadang Rusdiana mengaku tidak mengetahui pertemuan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi dengan Ketua Umum Oesman Sapta Odang (OSO) pada Rabu (23/8) malam. Namun, menurutnya, jika kabar itu benar maka tujuan Dedi sowan ke OSO kemungkinan untuk meminta dukungan kepada Hanura di Pilgub Jawa Barat.

  • Kamis, 24 Agustus 2017 09:03:00 Hanura sebut Agus Yudhoyono terlalu dini jika maju Pilpres 2019

    Hanura sebut Agus Yudhoyono terlalu dini jika maju Pilpres 2019. Wasekjen Partai Hanura Tri Dianto mengatakan Ketum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) diperkirakan mempersiapkan Agus Harimurti Yudhoyono untuk Pilpres 2019 mendatang. Menurutnya di Pilgub DKI lalu merupakan pemanasan saja.