PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Partai Hati Nurani Rakyat

Foto:

Partai Hati Nurani Rakyat


Nama Lengkap : Partai Hati Nurani Rakyat

Alias : Partai Hanura | Hanura

Profesi : Partai Politik

Tanggal Lahir : Kamis, 21 Desember 2006

Zodiac : Sagittarius

Warga Negara : Jakarta


No Relation
BIOGRAFI

Partai Hati Nurani Rakyat atau yang lebih dikenal sebagai Partai Hanura merupakan salah satu partai politik di Indonesia. Awal berdiri-nya partai ini tak lepas dari gagasan Jend. TNI (Purn) Wiranto beserta tokoh-tokoh nasional lain. Gagasan ini kemudian dibahas dalam sebuah pertemuan yang diadakan di Jakarta pada tanggal 13-14 November 2006. Dalam pertemuan ini dihasilkan 8 kesepakatan yang menjadi tonggak berdirinya partai. Dalam 8 kesepakatan tersebut dibahas mengenai berbagai hal yang menyangkut kesejahteraan rakyat Indonesia. Pada pendeklarasian tanggal 21 Desember 2006 kesepakatan tersebut ditindaklanjuti dalam partai politik yang kemudian diberi nama  Partai Hati Nurani Rakyat atau biasa disingkat menjadi Partai Hanura. Adapun nama-nama dewan pendiri Partai Hanura antara lain Jend. TNI (Purn) Wiranto, Yus Usman Sumanegara, Dr. Fuad Bawazier, Dr. Tuti Alawiyah AS., Jend. TNI (Purn) Fachrul Razi, Laks TNI (Purn) Bernard Kent Sondakh, Prof. Dr. Achmad Sutarmadi, Prof. Dr. Max Wullur, Prof. Dr. Azzam Sam Yasin, Jend. TNI (Purn) Subagyo HS., Jend. Pol (Purn) Chaeruddin Ismail, Samuel Koto, LetJen. TNI (Purn) Suaidi Marasabessy, Marsdya TNI (Purn) Budhy Santoso, Djafar Badjeber, Uga Usman Wiranto, Letjen. TNI (Purn) Ary Mardjono, Elza Syarief, Nicolaus Daryanto, Anwar Fuadi, Dr. Teguh Samudra dan beberapa tokoh lainnya.

Partai Hanura mempunyai visi yang terbagi menjadi 2 bagian yakni Kemandirian Bangsa dan Kesejahteraan Rakyat. Dalam visi tersebut secara garis besar menjelaskan bahwa Bangsa Indonesia terasa tidak mandiri lagi dengan banyaknya campur tangan pihak asing yang dapat merugikan kehidupan bangsa sehingga diharapkan seluruh rakyat Indonesia mampu bangkit kembali demi menciptakan sebuah bangsa yang mandiri serta selalu menanamkan dan mewujudkan kesejahteraan bagi rakyat Indonesia. Partai Hanura terus menjunjung tinggi nilai-nilai dasar partai yang antara meliputi ketaqwa-an, kemandirian, kebersamaan, kerakyatan dan kesederhanaan.

Dalam keikutsertaan partai dalam pemilihan umum (Pemilu) di Indonesia, Partai Hanura menjalani debut pertama-nya dengan tampil dalam Pemilu 2009. Dalam Pemilu 2009 lalu Partai Hanura mampu mendapat suara sebanyak 3.922.870 suara atau sekitar 3,8%. Selain itu, pendiri partai Wiranto juga ikut mencalonkan diri sebagai Presiden dalam Pemilu 2009 lalu. Dengan menggandeng mantan wakil presiden Jusuf Kalla, Wiranto maju menjadi kandidat presiden Republik Indonesia. Melalui nomor urut 3 Wiranto dan Jusuf Kalla hanya mampu berada di peringkat ke 3 dengan perolehan 15.081.814 suara sah atau 12,41%. Menatap Pemilu 2014 mendatang, Wiranto berencana untuk maju kembali sebagai kandidat Presiden. Kali ini, Wiranto menggandeng CEO MNC Group yang merupakan Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) dan Ketua Dewan Pertimbangan Partai Hanura, Hary Tanoesoedibjo. Hal ini disampaikan dalam Deklarasi Capres Cawapres Partai Hanura yang diselenggarakan pada Juli 2013 ini. Dengan ini diharapkan mampu memberi perubahan bagi bangsa Indonesia menjadi lebih makmur melalui sosok pemimpin yang adil dan berhati nurani.

Riset dan analisa oleh Tryning Rahayu Setya W.

SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Senin, 20 November 2017 20:29:00 Ketum Hanura serahkan pergantian Ketua DPR ke Golkar

    Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) mengaku prihatin dengan kasus yang menjerat Ketua DPR sekaligus Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto. Pihaknya akan menyerahkan wacana pergantian Setnov dari jabatan Ketua DPR kepada Fraksi Golkar.

  • Rabu, 8 November 2017 11:16:00 Hanura sayangkan lawan politik manfaatkan pernikahan Kahiyang buat serang Jokowi

    Hanura sayangkan lawan politik manfaatkan pernikahan Kahiyang buat serang Jokowi. Tri mengatakan, wajar jika pernikahan putri Jokowi dianggap mewah kalau dibandingkan dengan resepsi rakyat biasa. Namun kalau dibandingkan dengan sesama presiden, kata Tri, tentu tidak terlalu mewah.

  • Jumat, 3 November 2017 21:22:41 Hanura sambut baik usul Amien Rais agar PAN keluar koalisi

    Partai Hanura menyambut baik usulan Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais agar PAN hengkang dari koalisi pemerintah. Hanura menyarankan agar PAN sebaiknya mendengarkan usulan Amien Rais.

  • Rabu, 18 Oktober 2017 13:08:53 Hanura beri sinyal dukung Ridwan Kamil di Pilgub Jabar

    Pernyataan Egi ini tentu bertentangan dengan Ketua DPD Partai Hanura Jawa Barat Aceng Fikri justru yang belakangan ingin disandingkan dengan calon gubernur Jawa Barat yang juga Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat Dedi Mulyadi.

  • Rabu, 18 Oktober 2017 07:26:47 Wasekjen Hanura minta pidato 'pribumi' Anies Baswedan tak perlu dibesarkan

    Wasekjen Hanura minta pidato 'pribumi' Anies Baswedan tak perlu dibesarkan. Dia mengakui, kata pribumi dalam pidato Anies diucapkan dalam momen yang kurang tepat. Namun sekali lagi, menurut Tri, hal tersebut tak perlu dipolemikkan, karena merugikan bagi rakyat Jakarta itu sendiri.

  • Senin, 16 Oktober 2017 23:38:00 Hanura Jabar bantah gabung PDIP dan Golkar di Koalisi Pancasila

    DPD Partai Hanura Jabar membantah bergabung dengan Koalisi Pancasila yang digagas PDIP dan Golkar. Hanura masih menunggu titah sang Ketua Umum Oesman Sapta Odang.

  • Kamis, 12 Oktober 2017 15:05:17 Hanura belum bicara pasangan Jokowi di Pilpres 2019

    Partai Hanura menyatakan tidak akan pindah ke lain hati dan tetap mendukung Joko Widodo di Pemilihan Presiden 2019. Terkait calon wakil presiden, Hanura belum menemukan sosok yang pantas atau tepat untuk menjadi pendamping Jokowi.

  • Kamis, 12 Oktober 2017 13:26:52 Tanpa Ketum OSO, Hanura daftar peserta Pemilu ke KPU

    Rombongan partai yang dipimpin Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Hanura Sarifuddin Suding itu tiba sekitar pukul 10.45 WIB. Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang tidak ikut dalam rombongan. Sekjen Hanura Sarifuddin mengatakan, pihaknya sudah siap menyambut hajatan politik akbar Pemilu 2019.

  • Senin, 9 Oktober 2017 07:01:00 Anomali merosotnya elektabilitas partai pendukung Jokowi

    Anomali merosotnya elektabilitas partai pendukung Jokowi. Sejak jauh hari, empat partai yakni Golkar, NasDem, Hanura dan PPP telah mendeklarasikan diri dukung Joko Widodo di Pemilu 2019. Selain karena dianggap sukses, ketokohan Jokowi dianggap bisa mendongkrak elektabilitas partai pendukung.

  • Sabtu, 7 Oktober 2017 15:35:00 Hadir acara Hanura, Dedi Mulyadi tak ingin pede soal dukungan Pilgub Jabar

    Dedi mengaku tidak ingin terlalu percaya diri jika ada anggapan dirinya diundang sebagai bentuk dukungan Partai Hanura kepadanya pada Pilgub Jabar 2018 tahun depan. Menurutnya, ini hanya silaturahmi antar partai.