PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Partai Hati Nurani Rakyat

Foto:

Partai Hati Nurani Rakyat


Nama Lengkap : Partai Hati Nurani Rakyat

Alias : Partai Hanura | Hanura

Profesi : Partai Politik

Tanggal Lahir : Kamis, 21 Desember 2006

Zodiac : Sagittarius

Warga Negara : Jakarta


No Relation
BIOGRAFI

Partai Hati Nurani Rakyat atau yang lebih dikenal sebagai Partai Hanura merupakan salah satu partai politik di Indonesia. Awal berdiri-nya partai ini tak lepas dari gagasan Jend. TNI (Purn) Wiranto beserta tokoh-tokoh nasional lain. Gagasan ini kemudian dibahas dalam sebuah pertemuan yang diadakan di Jakarta pada tanggal 13-14 November 2006. Dalam pertemuan ini dihasilkan 8 kesepakatan yang menjadi tonggak berdirinya partai. Dalam 8 kesepakatan tersebut dibahas mengenai berbagai hal yang menyangkut kesejahteraan rakyat Indonesia. Pada pendeklarasian tanggal 21 Desember 2006 kesepakatan tersebut ditindaklanjuti dalam partai politik yang kemudian diberi nama  Partai Hati Nurani Rakyat atau biasa disingkat menjadi Partai Hanura. Adapun nama-nama dewan pendiri Partai Hanura antara lain Jend. TNI (Purn) Wiranto, Yus Usman Sumanegara, Dr. Fuad Bawazier, Dr. Tuti Alawiyah AS., Jend. TNI (Purn) Fachrul Razi, Laks TNI (Purn) Bernard Kent Sondakh, Prof. Dr. Achmad Sutarmadi, Prof. Dr. Max Wullur, Prof. Dr. Azzam Sam Yasin, Jend. TNI (Purn) Subagyo HS., Jend. Pol (Purn) Chaeruddin Ismail, Samuel Koto, LetJen. TNI (Purn) Suaidi Marasabessy, Marsdya TNI (Purn) Budhy Santoso, Djafar Badjeber, Uga Usman Wiranto, Letjen. TNI (Purn) Ary Mardjono, Elza Syarief, Nicolaus Daryanto, Anwar Fuadi, Dr. Teguh Samudra dan beberapa tokoh lainnya.

Partai Hanura mempunyai visi yang terbagi menjadi 2 bagian yakni Kemandirian Bangsa dan Kesejahteraan Rakyat. Dalam visi tersebut secara garis besar menjelaskan bahwa Bangsa Indonesia terasa tidak mandiri lagi dengan banyaknya campur tangan pihak asing yang dapat merugikan kehidupan bangsa sehingga diharapkan seluruh rakyat Indonesia mampu bangkit kembali demi menciptakan sebuah bangsa yang mandiri serta selalu menanamkan dan mewujudkan kesejahteraan bagi rakyat Indonesia. Partai Hanura terus menjunjung tinggi nilai-nilai dasar partai yang antara meliputi ketaqwa-an, kemandirian, kebersamaan, kerakyatan dan kesederhanaan.

Dalam keikutsertaan partai dalam pemilihan umum (Pemilu) di Indonesia, Partai Hanura menjalani debut pertama-nya dengan tampil dalam Pemilu 2009. Dalam Pemilu 2009 lalu Partai Hanura mampu mendapat suara sebanyak 3.922.870 suara atau sekitar 3,8%. Selain itu, pendiri partai Wiranto juga ikut mencalonkan diri sebagai Presiden dalam Pemilu 2009 lalu. Dengan menggandeng mantan wakil presiden Jusuf Kalla, Wiranto maju menjadi kandidat presiden Republik Indonesia. Melalui nomor urut 3 Wiranto dan Jusuf Kalla hanya mampu berada di peringkat ke 3 dengan perolehan 15.081.814 suara sah atau 12,41%. Menatap Pemilu 2014 mendatang, Wiranto berencana untuk maju kembali sebagai kandidat Presiden. Kali ini, Wiranto menggandeng CEO MNC Group yang merupakan Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) dan Ketua Dewan Pertimbangan Partai Hanura, Hary Tanoesoedibjo. Hal ini disampaikan dalam Deklarasi Capres Cawapres Partai Hanura yang diselenggarakan pada Juli 2013 ini. Dengan ini diharapkan mampu memberi perubahan bagi bangsa Indonesia menjadi lebih makmur melalui sosok pemimpin yang adil dan berhati nurani.

Riset dan analisa oleh Tryning Rahayu Setya W.

SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Jumat, 21 April 2017 16:39:01 Hadir rakorda Hanura, Ridwan Kamil minta dukungan untuk Pilgub Jabar

    Hadir rakorda Hanura, Ridwan Kamil minta dukungan untuk Pilgub Jabar. Emil mengaku terus menjalin komunikasi ke semua partai termasuk Partai Hanura. Dia tidak malu-malu mengaku langkah tersebut untuk meraih dukungan politik.

  • Kamis, 6 April 2017 16:15:29 'Demi kehormatan, Hanura akan memberhentikan Miryam'

    'Demi kehormatan, Hanura akan memberhentikan Miryam' Hanura akan menggelar rapat untuk memutuskan hal tersebut. Termasuk apakah memberikan bantuan hukum atau tidak.

  • Rabu, 15 Maret 2017 16:32:26 Hanura sambangi DPD Demokrat ajak dukung Ahok-Djarot di putaran dua

    Ketua DPD Partai Hanura Mohamad Sangaji alias Ongen mengatakan, kehadiran pada kesempatan itu sebagai bentuk silaturahmi dalam membangun Jakarta yang lebih baik. Ia berharap Partai Demokrat turut mendukung pasangan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat (Ahok-Djarot) di putaran dua Pilgub DKI Jakarta.

  • Rabu, 15 Maret 2017 18:07:23 Dikunjungi Hanura, Demokrat belum tentukan arah dukungan Pilgub DKI

    Terkait adanya elite dan kader Demokrat yang melakukan deklarasi dukungan kepada salah satu paslon, Vike menyatakan bahwa hal itu merupakan keputusan pribadi, bukan mewakili Partai Demokrat.

  • Rabu, 15 Maret 2017 12:13:40 Hanura sebut hak angket e-KTP terkesan DPR intervensi KPK

    Hanura sebut hak angket e-KTP terkesan DPR intervensi KPK. Penggunaan hak angket atas pengusutan kasus e-KTP hanya akan menimbulkan kegaduhan baru. DPR seharusnya memberikan dukungan kepada KPK agar memproses korupsi megaproyek e-KTP secara adil dan profesional.

  • Senin, 13 Maret 2017 18:31:00 Hanura sebut hak angket kasus e-KTP bisa timbulkan kecurigaan publik

    Penggunaan hak angket justru akan menimbulkan kecurigaan publik dan konflik kepentingan. Hal ini karena hak angket bisa dianggap sebagai upaya untuk melindungi anggota-anggota DPR yang diduga menerima aliran dana e-KTP.

  • Jumat, 10 Maret 2017 16:57:27 Gede Pasek dipolisikan ketua umum gerakan sayap Partai Hanura

    Gerakan Muda Nurani Rakyat (Gemura) melaporkan Wakil Ketua Umum DPP Hanura I Wayan Gede Pasek ke Polda Metro Jaya, Jumat (10/3). Laporan itu lantaran Gede Pasek diduga telah melakukan fitnah kepada Ketua Umum Gemura Oktasari Sabil.

  • Jumat, 24 Februari 2017 14:37:09 OSO tunjuk terdakwa suap jadi wakil pembina, ini pembelaan Hanura

    OSO tunjuk terdakwa suap jadi Waketum, ini pembelaan Hanura. Hal ini dikarenakan Bambang adalah salah satu pendiri Partai Hanura. Untuk itu, OSO menunjuk Bambang dengan mengesampingkan kasus hukum yang menjeratnya.

  • Rabu, 22 Februari 2017 16:03:29 Moeldoko sampai Krisdayanti jadi pengurus baru Hanura

    Moeldoko sampai Krisdayanti jadi pengurus baru Hanura. Sejumlah tokoh masuk dalam kepengurusan pimpinan Ketua Umum Oesman Sapta Odang (OSO) ini. Mereka di antaranya mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Moeldoko yang menempati posisi salah satu Wakil Ketua Umum. Meski dilantik, Moeldoko tidak terlihat hadir.

  • Kamis, 23 Februari 2017 10:15:18 Pidato politik ala OSO yang bikin Jokowi dan Megawati ketawa ngakak

    Pidato politik ala OSO yang bikin Jokowi dan Megawati ketawa ngakak. Partai Hanura mengukuhkan pengurus DPP masa bakti 2016-2020 di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat. Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) pun menyinggung soal jatah menteri.