PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Partai Kebangkitan Bangsa

Foto:

Partai Kebangkitan Bangsa


Nama Lengkap : Partai Kebangkitan Bangsa

Alias : PKB

Profesi : Partai Politik


No Relation
BIOGRAFI

Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB adalah sebuah partai politik di Indonesia. Partai ini lahir di era reformasi tepatnya pada 23 Juli 1998 dan dideklarasikan oleh para kiai Nahdlatul Ulama (NU). Kelahirannya tidak bisa lepas dari organisasi islam terbesar di Indonesia yakni NU. Berdirinya PKB bermula dari kuatnya desakan arus bawah jamiyah NU yg merindukan adanya saluran politik tunggal bagi warga Nahdiyin.

PKB mempunyai visi dan misi yang disesuaikan dengan tradisi dan cita-cita NU, yakni berdasarkan Pancasila, mempertahankan NKRI, menjaga plural, menjunjung nilai kemanusiaan universal dan menciptakan keadilan dan kesejahteraan Indonesia.

Pemilu 1999 merupakan ujian pertama bagi PKB. Berkat dukungan yang solid akhirnya partai ini menjadi pemenang ketiga setelah PDI dan Golkar. Prestasi yang sama juga pernah di partai NU pada 1955 dan 1971. Hingga saat ini PKB tetap eksis di parlemen. Lebih dari 1.200 kader berada di kursi DPR tingkat 1 dan 2 dan kota dan 28 anggota DPR RI untuk mengabdi pada negeri.

PKB bersifat independen. Artinya menolak segala bentuk kekuasaan dari pihak manapun yang bertentangan dengan tujuan didirikannya partai. Bagi Partai ini, mewujudkan cita-cita berarti menjamin hak asasi masyarakat, mengejawantahkan nilai kejujuran, kebenaran, kesungguhan, mampu memecahkan masalah sosial, menempatkan demokrasi sebagai pilar utama dan  menegakkan prinsip hukum.

Last update 19 Agustus 2013 pukul 15:50
Riset dan analisis oleh Vizcardine Audinovic

SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Rabu, 1 November 2017 06:15:00 Menanti pertemuan SBY-Prabowo putuskan siapa cagub Jabar yang diusung

    Selain PPP, PKB, dan Nasdem yang sudah resmi mendukung Ridwan Kamil sebagai cagub Jabar, 7 partai lain hingga kini belum memutuskan pilihan siapa cagub yang akan diusung. Poros baru Gerindra dan Demokrat hingga kini belum menemukan titik terang. Pertemuan dua ketua umum yakni SBY dan Prabowo dinilai akan menjadi kunci.

  • Jumat, 27 Oktober 2017 10:56:15 PKB akan inisiasi pertemuan dengan parpol pendukung Ridwan Kamil

    PKB akan menginisiasi pertemuan antar partai-partai pendukung Ridwan Kamil. Sejauh ini sudah ada empat partai yakni PKB, PPP, Partai NasDem dan Golkar. Pertemuan itu akan menggodok beberapa poin. Mulai dari calon wakil gubernur pendamping Ridwan Kamil dan strategi pemenangan di Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018.

  • Rabu, 25 Oktober 2017 20:09:19 PKB akan uji elektabilitas Ruzhanul Ulum di Jabar

    Cak Imin mengatakan, nama calon wakil yang diajukan oleh PPP yaitu Ruzhanul Ulum (Uu) juga masih perlu diuji lagi elektabilitasnya.

  • Rabu, 25 Oktober 2017 17:16:37 Soal duet Emil-Uu, Politikus PKB sebut PPP buat keputusan sepihak

    Cucun menyebut duet Ridwan Kamil dengan Uu yang merupakan Bupati Tasikmalaya belum final. Apalagi, PKB juga menyodorkan nama kader sebagai calon wakil gubernur bagi Emil, yaitu Ketua DPW PKB Jawa Barat Syaiful Huda.

  • Selasa, 24 Oktober 2017 11:37:43 Menerima dengan catatan, PKB harap putusan Perppu Ormas tanpa voting

    Menerima dengan catatan, PKB harap putusan Perppu Ormas tanpa voting. Salah satu pasal yang harus direvisi adalah soal mekanisme pembubaran Ormas melalui pengadilan. PKB akan mendengarkan aspirasi publik sebelum mendorong revisi tersebut.

  • Jumat, 20 Oktober 2017 20:03:00 Head to head dengan PDIP di Pilgub Jateng, PKB janji beri 'tiket' ke Marwan Jafar

    Menurut PKB, dengan head to head, keinginan masyarakat hanya dibagi dua yakni keinginan perubahan yang lebih baik di Jateng, atau keinginan tetap bersama petahana.

  • Jumat, 20 Oktober 2017 06:01:00 Partai NU 'terbelah' di Jawa Timur

    Sudah menjadi rahasia umum jika Jawa Timur merupakan basis NU. Jika dilihat dari pemilu 2014, di Jawa Timur, PKB keluar menjadi jawara. Pesantren-pesantren NU juga ramai di Jatim.

  • Kamis, 19 Oktober 2017 06:32:54 Menangkan Gus Ipul-Azwar Anas, PKB harap hal ini terjadi dengan PDIP

    Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jawa Timur, Halim Iskandar mengatakan, koalisi linear akan memudahkan kerja dalam memenangi Pilgub Jawa Timur.

  • Minggu, 15 Oktober 2017 16:43:03 PKB enggan komentari Khofifah yang diusung Golkar di Pilgub Jatim

    PKB tak ingin mencampuri dukungan partai Golkar yang akan mencalonkan Khofifah Indar Parawansa sebagai calon Gubernur Jawa Timur 2018 mendatang. Keengganan PKB mengomentari itu lantaran saat ini partainya akan merancang pemenangan pasangan yang akan didukung Saifullah Yusuf-Azwar Anas.