PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Partai Kebangkitan Bangsa

Foto:

Partai Kebangkitan Bangsa


Nama Lengkap : Partai Kebangkitan Bangsa

Alias : PKB

Profesi : Partai Politik


No Relation
BIOGRAFI

Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB adalah sebuah partai politik di Indonesia. Partai ini lahir di era reformasi tepatnya pada 23 Juli 1998 dan dideklarasikan oleh para kiai Nahdlatul Ulama (NU). Kelahirannya tidak bisa lepas dari organisasi islam terbesar di Indonesia yakni NU. Berdirinya PKB bermula dari kuatnya desakan arus bawah jamiyah NU yg merindukan adanya saluran politik tunggal bagi warga Nahdiyin.

PKB mempunyai visi dan misi yang disesuaikan dengan tradisi dan cita-cita NU, yakni berdasarkan Pancasila, mempertahankan NKRI, menjaga plural, menjunjung nilai kemanusiaan universal dan menciptakan keadilan dan kesejahteraan Indonesia.

Pemilu 1999 merupakan ujian pertama bagi PKB. Berkat dukungan yang solid akhirnya partai ini menjadi pemenang ketiga setelah PDI dan Golkar. Prestasi yang sama juga pernah di partai NU pada 1955 dan 1971. Hingga saat ini PKB tetap eksis di parlemen. Lebih dari 1.200 kader berada di kursi DPR tingkat 1 dan 2 dan kota dan 28 anggota DPR RI untuk mengabdi pada negeri.

PKB bersifat independen. Artinya menolak segala bentuk kekuasaan dari pihak manapun yang bertentangan dengan tujuan didirikannya partai. Bagi Partai ini, mewujudkan cita-cita berarti menjamin hak asasi masyarakat, mengejawantahkan nilai kejujuran, kebenaran, kesungguhan, mampu memecahkan masalah sosial, menempatkan demokrasi sebagai pilar utama dan  menegakkan prinsip hukum.

Last update 19 Agustus 2013 pukul 15:50
Riset dan analisis oleh Vizcardine Audinovic

SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Sabtu, 22 Juli 2017 13:02:00 Dukung PT 20 persen, PKB ogah dikaitkan sebagai pendukung pemerintah

    Dukungan PKB dalam pengesahan ambang batas pencalonan presiden atau presidential threshold (PT) 20 persen merupakan sikap resmi. Menurutnya, dukungan partai politik terhadap pengesahan RUU Pemilu itu tidak bisa diartikan sebagai sikap koalisi.

  • Sabtu, 22 Juli 2017 15:04:46 Gelar harlah, PKB bakal sajikan pagelar wayang kulit

    Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengundang para penggila wayang kulit dengan dalang Ki Enthus Susmono untuk menghadiri Tasyakuran Harlah ke-19. Gelaran wayang kulit nanti rencananya bercerita tentang lakon Gatot Koco Bangkit.

  • Jumat, 21 Juli 2017 20:00:00 Ini alasan PKB berubah sikap dari opsi D menjadi A di RUU Pemilu

    "Sebenarnya yang paling ideal itu paket D. Paket yang diajukan PKB. Hampir semua orang mengatakan yang paling ideal itu D karena di paket itu kita berhasil melakukan konsolidasi demokrasi 15 tahun lebih cepat dibanding konsolidasi secara gradual yang selama ini kita lakukan," jelasnya.

  • Jumat, 21 Juli 2017 21:50:00 PKB anggap tak masalah PAN beda sikap soal UU Pemilu

    Lukman menjelaskan dalam UU Pemilu menjadi hak masing-masing bagi setiap partai politik dalam menentukan sikap. Meski dalam koalisi yang sama bukan berarti setiap partai harus berpandangan yang sama.

  • Jumat, 21 Juli 2017 18:18:22 PKB belum pasti dukung Jokowi di Pilpres 2019

    PKB belum pasti dukung Jokowi di Pilpres 2019. Lukman menjelaskan terkait dukungan dalam pemilihan presiden, PKB memiliki mekanisme yang cukup panjang sehingga tak bisa dengan cepat mengambil keputusan. Terlebih, dalam kontrak politik dengan koalisi hanya tertulis bahwa PKB diminta membantu menyukseskan pemerintah.

  • Kamis, 20 Juli 2017 10:54:31 Jelang voting RUU Pemilu, PKB akhirnya ikut kubu partai pemerintah

    Jelang voting RUU Pemilu, PKB akhirnya ikut kubu partai pemerintah. Daniel memberikan alasan PKB memilih paket A. Pihaknya menyebut keputusan itu agar 5 paket opsi isu krusial bisa mengerucut menjadi 2 opsi saja. Padahal sebelumnya, PKB mengusulkan opsi D sebagai jalan tengah.

  • Rabu, 19 Juli 2017 13:20:33 Setnov tersangka, PKB minta Fadli, Fahri dan Taufik angkat citra DPR

    Setnov tersangka, PKB minta Fadli, Fahri dan Taufik angkat citra DPR. Wasekjen Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Lukman Edy mengatakan ditetapkannya Ketua DPR Setya Novanto sebagai tersangka kasus e-KTP pasti akan menimbulkan pengaruh terhadap citra DPR.

  • Senin, 17 Juli 2017 13:11:24 Soal RUU Pemilu, PKB ikut pemerintah atau oposisi? 'Lihat nanti'

    Soal RUU Pemilu, PKB ikut pemerintah atau oposisi? 'Lihat nanti' 20 Juli akan menjadi ajang penentuan keputusan RUU Pemilu dalam rapat paripurna. Lima partai pendukung pemerintah solid ingin ambang batas capres 20-25 persen. Hanya dua partai yang membelot, yakni PAN dan PKB. Keduanya ingin ambang batas dihapuskan.

  • Kamis, 22 Juni 2017 13:49:53 Cak Imin: Aa Gym menarik dan potensial untuk Pilgub Jabar

    Cak Imin juga menilai Aa Gym punya modal kepemimpinan yang baik.

  • Selasa, 20 Juni 2017 06:38:07 Dapat dukungan pemuda, Cak Imin diminta dampingi Jokowi di Pilpres

    Forum Pemuda Muslim Kalimantan Barat (FPKMB) mendukung Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin untuk maju dalam Pemilu Presiden pada 2019. Mereka yakin Cak Imin layak mendampingi Joko Widodo (Jokowi) sebagai wakil presiden pada Pemilu nanti.