PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Pertamina

Foto:

Pertamina


Nama Lengkap : Pertamina

Alias : No Alias

Profesi : BUMN


No Relation
BIOGRAFI

Nama Pertamina sangat dikenal sebagai pemain utama dalam pengelolaan energi negara yang meliputi minyak bumi, gas, serta energi baru dan terbarukan sejak tanggal 10 Desember 1957 lalu.

Dalam menjalankan bisnisnya, Pertamina menerapkan prinsip tata kelola korporasi secara profesional mulai dari kegiatan hulu sampai hilir. Bisnis sektor hulu Pertamina yang dilaksanakan di beberapa wilayah di Indonesia dan luar negeri meliputi kegiatan di bidang eksplorasi, produksi, serta transmisi minyak dan gas. Untuk mendukung kegiatan eksplorasi dan produksi tersebut, Pertamina juga menekuni bisnis jasa teknologi dan pengeboran, serta aktivitas lainnya yang terdiri atas pengembangan energi panas bumi dan Coal Bed Methane (CBM).

Kemudian untuk aktivitas eksplorasi dan produksi panas bumi, Pertamina sepenuhnya melakukan di dalam negeri. Pertamina beroperasi melalui beberapa pola kerja sama seperti Kerja Sama Operasi (KSO), Joint Operation Body (JOB), Technical Assistance Contract (TAC), Indonesia Participating/ Pertamina Participating Interest (IP/PPI), dan Badan Operasi Bersama (BOB).

Selain itu Pertamina juga mengembangkan CBM atau yang dikenal dengan gas metana batubara (GMB) dalam rangka mendukung program diversifikasi sumber energi serta peningkatan pasokan gas nasional pemerintah.

Untuk sektor yang kedua yaitu sektor hilir, Pertamina melakukan kegiatan pengolahan minyak mentah, pemasaran dan niaga produk hasil minyak, gas dan petrokimia, dan bisnis perkapalan terkait untuk pendistribusian produk perusahaan. Secara garis besar, ada dua jenis produk yang dihasilkan oleh Pertamina. Jenis pertama meliputi BBM seperti premium, minyak tanah, minyak solar, minyak diesel, minyak bakar. Sedangkan jenis yang kedua adalah non BBM seperti pelumas, aspal, Liquefied Petroleum Gas (LPG), Musicool, serta Liquefied Natural Gas (LNG), Paraxylene, Propylene, Polytam, PTA dan produk lainnya.

Riset dan analisis oleh Febrianti Diah Kusumaningrum

SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Kamis, 17 Agustus 2017 20:00:00 HUT RI ke-72, Pertamina bagi-bagi Rp 4,12 miliar di Boyolali

    PT Pertamina (Persero) menyalurkan sejumlah bantuan dengan nilai total Rp 4,12 miliar untuk beberapa program di Boyolali dan sekitarnya. Pemberian bantuan ini sebagai bentuk peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72.

  • Rabu, 16 Agustus 2017 15:23:33 DPR minta tak ada tujuan lain di balik perubahan direksi Pertamina

    Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Azam Azman Natawijana berharap agar perubahan direksi tersebut akan mengarah pada perbaikan dan pembenahan terhadap kinerja BUMN sektor migas tersebut. Selain itu, dia juga meminta agar perubahan direksi tidak mengandung tujuan tertentu.

  • Rabu, 16 Agustus 2017 13:59:24 Per Juni 2017, Pertamina catat penjualan bahan bakar khusus melonjak

    Direktur utama PT Pertamina, Elia Massa Manik memaparkan kinerja dan capaian semester I-2017. Disebutkan bahwa penjualan Bahan Bakar Khusus (BBK) dan bahan bakar lainnya melonjak dibanding tahun sebelumnya.

  • Rabu, 16 Agustus 2017 16:08:28 Bos Pertamina beberkan alasan perombakan direksi

    Posisi Direktorat Manajemen Aset bertujuan untuk memberikan suntikan kekuatan baru untuk Pertamina. Saat ini, aset non core yang dimiliki oleh Pertamina mencapai Rp 137 triliun. Untuk Direktorat Perencanaan Investasi dan Manajemen Risiko bertujuan agar investasi yang dilakukan Pertamina dapat lebih terencana.

  • Rabu, 16 Agustus 2017 13:20:36 Turun 24 persen, Pertamina raup laba semester I 2017 Rp 18,7 triliun

    Turun 24 persen, Pertamina raup laba semester I 2017 Rp 18,7 triliun. Sementara, pendapatan bersih sebesar USD 20,5 miliar pada semester pertama 2017 atau tumbuh sebesar 19 persen dibandingkan semester pertama 2016 yang tercatat USD 17,2 miliar.

  • Kamis, 10 Agustus 2017 20:46:46 Pertamina segera luncurkan Pertamax Turbo kandungan sulfur rendah

    "Pertamax Turbo dengan 50 ppm itu kan sudah sesuai dengan KLH-kan. Sulfurnya itu yang penting dulu. Dari yang sebelumnya 250 ppm, sudah menurun banget (kandungan sulfurnya)."

  • Kamis, 10 Agustus 2017 20:30:47 Pertamina luncurkan My Pertamina Loyalty Program di GIIAS 2017

    Senior Vice President Fuel Marketing & Distribution Pertamina, Gigi Wahyu Harianto menjelaskan, My Pertamina Loyalty Program bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan Pertamina kepada pelanggan setia dalam pembelian bahan bakar khusus kendaraan di SPBU yang dikelola oleh Pertamina.

  • Selasa, 8 Agustus 2017 18:04:44 Produksi gas Tiung Biru bakal dialokasikan untuk PLTGU Jawa 3

    PT PLN (Persero) dan PT Pertamina (Persero) menandatangani Head of Agreement (HoA) pembelian gas bumi Lapangan Jambaran-Tiung Biru (JTB). Pertamina akan menjual gas sebanyak 100 MMSCFD dari JTB untuk PLN dengan harga USD 7,6 per MMBTU.

  • Senin, 31 Juli 2017 18:45:11 Menteri Susi gandeng Pertamina majukan sentra ikan di pulau terluar

    Menteri Susi gandeng Pertamina majukan sentra ikan di pulau terluar. Menurutnya, pembangunan SPKT ini akan memajukan industri perikanan hingga ke pelosok nusantara. Permasalahan pengembangan SPKT saat ini, nelayan butuh stok BBM yang mencukupi meski bukan BBM subsidi.

  • Senin, 24 Juli 2017 18:12:30 Usai Exxon hengkang, Pertamina cari partner baru kelola East Natuna

    Hengkangnya ExxonMobil dari Blok East Natuna disambut positif oleh berbagai kalangan. Alasannya, dengan keluarnya Exxon, pengelolaan blok yang memiliki kandungan migas empat kali lipat dari blok Mahakam tersebut dapat dikelola sepenuhnya oleh PT Pertamina (Persero) selaku perusahaan BUMN.