PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Pertamina

Foto:

Pertamina


Nama Lengkap : Pertamina

Alias : No Alias

Profesi : BUMN


No Relation
BIOGRAFI

Nama Pertamina sangat dikenal sebagai pemain utama dalam pengelolaan energi negara yang meliputi minyak bumi, gas, serta energi baru dan terbarukan sejak tanggal 10 Desember 1957 lalu.

Dalam menjalankan bisnisnya, Pertamina menerapkan prinsip tata kelola korporasi secara profesional mulai dari kegiatan hulu sampai hilir. Bisnis sektor hulu Pertamina yang dilaksanakan di beberapa wilayah di Indonesia dan luar negeri meliputi kegiatan di bidang eksplorasi, produksi, serta transmisi minyak dan gas. Untuk mendukung kegiatan eksplorasi dan produksi tersebut, Pertamina juga menekuni bisnis jasa teknologi dan pengeboran, serta aktivitas lainnya yang terdiri atas pengembangan energi panas bumi dan Coal Bed Methane (CBM).

Kemudian untuk aktivitas eksplorasi dan produksi panas bumi, Pertamina sepenuhnya melakukan di dalam negeri. Pertamina beroperasi melalui beberapa pola kerja sama seperti Kerja Sama Operasi (KSO), Joint Operation Body (JOB), Technical Assistance Contract (TAC), Indonesia Participating/ Pertamina Participating Interest (IP/PPI), dan Badan Operasi Bersama (BOB).

Selain itu Pertamina juga mengembangkan CBM atau yang dikenal dengan gas metana batubara (GMB) dalam rangka mendukung program diversifikasi sumber energi serta peningkatan pasokan gas nasional pemerintah.

Untuk sektor yang kedua yaitu sektor hilir, Pertamina melakukan kegiatan pengolahan minyak mentah, pemasaran dan niaga produk hasil minyak, gas dan petrokimia, dan bisnis perkapalan terkait untuk pendistribusian produk perusahaan. Secara garis besar, ada dua jenis produk yang dihasilkan oleh Pertamina. Jenis pertama meliputi BBM seperti premium, minyak tanah, minyak solar, minyak diesel, minyak bakar. Sedangkan jenis yang kedua adalah non BBM seperti pelumas, aspal, Liquefied Petroleum Gas (LPG), Musicool, serta Liquefied Natural Gas (LNG), Paraxylene, Propylene, Polytam, PTA dan produk lainnya.

Riset dan analisis oleh Febrianti Diah Kusumaningrum

SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Jumat, 17 Maret 2017 07:00:00 Program 100 hari bos baru dan mimpi Pertamina jadi 3 besar dunia

    Program 100 hari bos baru dan mimpi Pertamina jadi 3 besar dunia. Menteri Rini Soemarno menginginkan PT Pertamina masuk dalam jajaran perusahaan minyak dan gas terbaik di dunia. Dia meminta, Pertamina harus dapat mencapai target tersebut dalam lima tahun ke depan.

  • Jumat, 17 Maret 2017 06:00:00 Puja puji pada bos baru Pertamina pilihan Jokowi

    Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) resmi menetapkan Elia Massa Manik sebagai nahkoda baru PT Pertamina. Sebelum menjadi bos Pertamina, Elia Massa Manik saat ini menduduki Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara III sebagai holding BUMN perkebunan.

  • Rabu, 15 Maret 2017 10:21:56 Menteri Rini enggan komentar terkait penunjukan bos baru Pertamina

    Beredar kabar bahwa nama-nama seperti dari Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III Elia Massa Manik dan Staf Khusus Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin menjadi kandidat terkuat pengganti Dwi Soetjipto sebagai Direktur Utama PT Pertamina Persero.

  • Senin, 13 Maret 2017 17:45:59 Resmi, Pertamina bakal kelola Blok Mahakam tahun depan

    SKK Migas telah menyetujui Mahakam Bridging Agreement (BA) dan Funding Agreement (FA) yang telah ditandatangani antara Pertamina, TEPI dan INPEX. Melalui persetujuan tersebut semakin memperkuat komitmen para pihak untuk menjadikan peralihan operatorship pasca 2017 dari TEPI kepada Pertamina dapat berjalan lancar.

  • Rabu, 1 Maret 2017 12:03:33 Arcandra: Impor LPG dari Iran untuk penuhi kebutuhan dalam negeri

    Senior Vice President Integrated Supply Chain (ISN) Pertamina, Daniel Sahputra Purba mengakui, saat ini Indonesia masih tergantung impor Liquefied Petroleum Gas (LPG) karena kebutuhan dalam negeri akan terus meningkat.

  • Rabu, 1 Maret 2017 11:06:47 Arcandra Tahar harap Pertamina bisa garap 2 ladang minyak Iran

    PT Pertamina (persero) secara resmi telah menyerahkan proposal usulan pengembangan dua lapangan migas di Iran, yaitu Ab-Teymour dan Mansouri yang memiliki estimasi cadangan masing-masing lebih dari 1,5 miliar barel. Arcandra berharap, proposal Pertamina bisa segera diterima.

  • Rabu, 1 Maret 2017 12:28:54 Arcandra soal Dirut baru Pertamina: Kita serahkan kepada Presiden

    Terkait berbagai nama yang muncul dari luar pertamina, Arcandra berharap siapapun yang akan memimpin akan membawa Pertamina ke arah yang lebih baik.

  • Jumat, 24 Februari 2017 20:00:00 Pertamina janjikan proyek kilang untungkan masyarakat sekitar lokasi

    Pertamina janjikan proyek kilang untungkan masyarakat sekitar lokasi. Pembangunan kilang Bontang akan memasuki tahap project expose pada 28 Februari mendatang. Pembangunan kilang ini disebut dapat memproduksi minyak lebih dari 300.000 barel per hari (bph).

  • Jumat, 24 Februari 2017 14:21:26 Raja Salman ke RI, Pertamina bakal tawarkan proyek kilang Bontang

    PT Pertamina berencana akan menawarkan Saudi Aramco untuk membangun kilang baru di Bontang. Hal ini sejalan dengan datangnya Raja Arab Saudi, Raja Salman Bin Abdul Aziz ke Indonesia pada Maret 2017 mendatang.

  • Jumat, 3 Februari 2017 18:17:14 Menteri Rini akui dua kepemimpinan bikin Pertamina tidak stabil

    Direktur Utama PT Pertamina Dwi Sutjipto dan Wakil Direktur Utama PT Pertamina Ahmad Bambang resmi dicopot dari jabatannya. Alasan diberhentikannya Dwi dan Ahmad Bambang dikarenakan adanya masalah kepemimpinan antar keduanya. Sehingga, memengaruhi kinerja perseroan.