PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Pertamina

Foto:

Pertamina


Nama Lengkap : Pertamina

Alias : No Alias

Profesi : BUMN


No Relation
BIOGRAFI

Nama Pertamina sangat dikenal sebagai pemain utama dalam pengelolaan energi negara yang meliputi minyak bumi, gas, serta energi baru dan terbarukan sejak tanggal 10 Desember 1957 lalu.

Dalam menjalankan bisnisnya, Pertamina menerapkan prinsip tata kelola korporasi secara profesional mulai dari kegiatan hulu sampai hilir. Bisnis sektor hulu Pertamina yang dilaksanakan di beberapa wilayah di Indonesia dan luar negeri meliputi kegiatan di bidang eksplorasi, produksi, serta transmisi minyak dan gas. Untuk mendukung kegiatan eksplorasi dan produksi tersebut, Pertamina juga menekuni bisnis jasa teknologi dan pengeboran, serta aktivitas lainnya yang terdiri atas pengembangan energi panas bumi dan Coal Bed Methane (CBM).

Kemudian untuk aktivitas eksplorasi dan produksi panas bumi, Pertamina sepenuhnya melakukan di dalam negeri. Pertamina beroperasi melalui beberapa pola kerja sama seperti Kerja Sama Operasi (KSO), Joint Operation Body (JOB), Technical Assistance Contract (TAC), Indonesia Participating/ Pertamina Participating Interest (IP/PPI), dan Badan Operasi Bersama (BOB).

Selain itu Pertamina juga mengembangkan CBM atau yang dikenal dengan gas metana batubara (GMB) dalam rangka mendukung program diversifikasi sumber energi serta peningkatan pasokan gas nasional pemerintah.

Untuk sektor yang kedua yaitu sektor hilir, Pertamina melakukan kegiatan pengolahan minyak mentah, pemasaran dan niaga produk hasil minyak, gas dan petrokimia, dan bisnis perkapalan terkait untuk pendistribusian produk perusahaan. Secara garis besar, ada dua jenis produk yang dihasilkan oleh Pertamina. Jenis pertama meliputi BBM seperti premium, minyak tanah, minyak solar, minyak diesel, minyak bakar. Sedangkan jenis yang kedua adalah non BBM seperti pelumas, aspal, Liquefied Petroleum Gas (LPG), Musicool, serta Liquefied Natural Gas (LNG), Paraxylene, Propylene, Polytam, PTA dan produk lainnya.

Riset dan analisis oleh Febrianti Diah Kusumaningrum

SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Minggu, 1 Oktober 2017 17:12:44 Pelumas Pertamina tembus pasar Mesir

    "Penjualan pelumas Pertamina ini sebagai 'trial order' satu kontainer 20 feet dengan nilai sebesar USD 56.695 atau senilai Rp 737 juta," kata Eko Budiarso.

  • Jumat, 29 September 2017 15:52:09 Pertamina siapkan pangkalan khusus untuk BBG nelayan

    Direktur Pemasaran Pertamina M Iskandar memastikan nelayan yang sudah beralih menggunakan Bahan Bakar Gas (BBG) tidak akan kesulitan mendapatkan gas LPG 3 Kilogram (Kg). Alasannya, Pertamina akan menyiapkan pangkalan khusus LPG 3 kg di setiap daerah sentra nelayan.

  • Selasa, 26 September 2017 09:45:26 Pertamina buka lowongan kerja untuk lulusan S1 dan D3 baru, ini syaratnya

    Pendaftaran dilakukan secara online dan dibuka mulai hari ini hingga 3 Oktober mendatang. Pertamina mensyaratkan calon pelamar diantaranya untuk S1 berusia maksimal 27 tahun dan D3 maksimal 25 tahun per 31 Desember 2017. IPK minimal yaitu 3,00 untuk S1 dan 2,75 untuk D3.

  • Rabu, 6 September 2017 20:31:35 Pertamina ingin ekspor BBM jenis Solar, ini tanggapan ESDM

    Dirjen Migas Kementerian ESDM, Ego Syariah menegaskan bahwa ekspor boleh dilakukan asal kebutuhan bahan bakar dalam negeri telah terpenuhi. Kenyataannya, saat ini belum ada kelebihan pasokan BBM jenis Solar di dalam negeri.

  • Jumat, 1 September 2017 18:24:00 Sesjen Kemenhub ingatkan Pertamina untuk siagakan jerigen solar

    Ditambahkan Tomex hingga Kamis (31/8) sore jumlah kendaraan yang melalui Gerbang Tol Cikarang Utama dinilai masih sangat di bawah normal.

  • Kamis, 31 Agustus 2017 18:51:00 280 Mekanik Pertamina Lubricants di Sales Region III & IV Dilindungi BPJS Kesehatan

    280 Mekanik Pertamina Lubricants di Sales Region III dan IV Dilindungi BPJS Kesehatan. Program ini akan dilaksanakan selama setahun penuh. Pertamina juga menargetkan program ini mampu menyasar lebih dari 1.000 mekaniknya.

  • Kamis, 31 Agustus 2017 18:13:56 Pertamina Lubricants Gandeng Telkomsel untuk Promo Ini

    Pertamina Lubricants Gandeng Telkomsel untuk Promo Ini . Bentuknya adalah penukaran Telkomsel POIN untuk hadiah eksklusif atau diskon langsung di seluruh jaringan OliMart di DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.

  • Selasa, 29 Agustus 2017 10:19:02 Ini hasil rapat Pertamina dengan DPR, termasuk evaluasi distribusi LPG 3 Kg

    Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Elia Massa manik mengatakan, RDP dengan Komisi VII DPR RI ini menjadi sebuah titik tolak bagi Pertamina untuk melakukan pembinaan, baik di induk perusahaan maupun di anak-anak perusahaan.

  • Senin, 28 Agustus 2017 19:56:26 Pertamina akui stok BBM di sejumlah daerah rawan krisis

    Pertamina akui stok BBM di sejumlah daerah rawan krisis. Salah satunya di Kalimantan (MOR VI) di mana stok hanya cukup untuk 22 hari. Maka dari itu, dia mengatakan salah satu cara yang akan diambil Pertamina adalah dengan membangun tangki-tangki penampungan BBM di wilayah yang stoknya kurang.