PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Pramono Anung

Foto:

Pramono Anung


Nama Lengkap : Pramono Anung

Alias : No Alias

Profesi : Politisi

Agama : Islam

Tempat Lahir : Kediri

Tanggal Lahir : Selasa, 11 Juni 1963

Zodiac : Gemini

Warga Negara : Indonesia


Istri : Endang Nugrahani, S.E., AK.
Anak : Hanindhito Himawan P., Hanifa Fadhila P.
BIOGRAFI

Pramono Anung Wibowo atau yang lebih dikenal dengan nama Pramono Anung merupakan politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang aktif sejak 1998. Pramono Anung kini menjabat sebagai Wakil Ketua DPR RI masa jabatan 2009-2014 dari Fraksi PDIP. Sebelum terjun ke dunia politik, ia sudah terlebih dahulu menggeluti dunia bisnis dengan banyak memangku posisi penting, misalnya direktur di PT. Tanito Harum (1988-1996) dan PT. Vietmindo Energitama (1979-1982), serta komisaris di PT. Yudhistira Haka Perkasa (1996-1999).

Politisi asal Kediri ini menjalani karir politiknya dengan merangkak dari bawah. Pertama kali terjun ke kancah politik, ia bergabung di PDIP dan menjadi anggota. Karirnya merangkak naik pada tahun 2000 ketika ia menjabat sebagai Wakil Sekjen DPP PDIP. Tahun 2005, Pramono Anung naik jabatan menjadi Sekretaris Jenderal PDIP. Sebagai Sekjen PDIP, ia bertugas menggerakkan roda partai hingga ke daerah-daerah.

Pramonolah yang memastikan semua organ partai bekerja memenangkan Megawati dalam Pemilu 2009. Pada tahun 2008, Pramono terpilih menjadi tokoh pemimpin muda berpengaruh versi majalah Biografi Politik. Banyak orang mengatakan penghargaan ini akan mendongkrak popularitasnya untuk maju sebagai capres 2009 dari PDIP, namun ia sendiri tidak berpikir demikian.

Ketika SBY terpilih lagi menjadi Presiden RI untuk yang kedua kalinya, Pramono Anung ditunjuk sebagai Wakil Ketua DPR RI masa bakti 2009-2014, berdampingan dengan Marzuki Ali dari Fraksi Demokrat. Kiprah Pramono di DPR RI semakin mengukuhkan posisi PDIP sebagai partai besar di Indonesia, walaupun bukan partai penguasa, sekaligus menjadi pembuktian bahwa seorang Pramono Anung merupakan politisi yang mumpuni di bidangnya dan memiliki kualifikasi sebagai perpanjangan tangan rakyat untuk menyampaikan aspirasi mereka kepada pemerintah.

Pada 11 Januari 2013, dia resmi menyandang gelar doktor ilmu komunikasi dari Universitas Padjajaran. Dia lulus dengan hasil cumlaude. Pramono berhasil mempertahankan disertasinya berjudul "Komunikasi Politik dan Interpretasi para Anggota DPR Kepada Konstituen Mereka." Disertasi ini dibuat berdasarkan penelitian atas 21 anggota DPR terkait motivasi dan komunikasi politik dalam Pemilu 2009.

PENDIDIKAN
  • Teknik Pertambangan ITB (1982)
  • Magister Manajemen UGM (1990)
  • Doktor Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran (2013)
KARIR
  • Direktur PT. Tanito Harum, Jakarta (1988-1996)
  • Direktur PT. Vietmindo Energitama, Vietnam (1979-1982)
  • Komisaris PT. Mandiri Hana Persada, Jakarta (1996-1999)
  • Wakil Sekjen DPP PDIP, Jakarta (2000-2005)
  • Sekjen DPP PDIP, Jakarta (2005-2010)
  • Wakil Ketua DPR RI (2009-2014)
PENGHARGAAN
  • Tokoh pemimpin muda berpengaruh 2008 versi majalah Biografi Politik
SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Selasa, 7 November 2017 17:24:57 Pramono Anung nilai pernikahan Kahiyang Ayu sangat sederhana tak ada kesan mewah

    Soal jumlah tamu yang diundang, kata Pramono, tak bisa dijadikan ukuran mewahnya pesta pernikahan. Karena banyak warga yang sebenarnya tak diundang pun tetap ingin datang. Bahkan, tak sedikit undangan yang berasal dari kalangan tukang becak, pedagang pasar dan pengamen.

  • Rabu, 8 November 2017 07:31:48 Sejumlah tokoh nasional tiba di lokasi pernikahan Kahiyang-Bobby

    Tamu yang sudah datang Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, Menteri PMK Puan Maharani, Kepala BIN Budi Gunawan, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Sinta Nuriyah Wahid (istri almarhum Gus Dur), Sekretaris Kabinet Kerja Pramono Anung dan Mensesneg Pratikno.

  • Jumat, 3 November 2017 09:45:55 Susuri Tol Becakayu, Jokowi naik mobil offroad RI1

    Saat hendak memasuki kawasan Jakarta, Jokowi ganti mobil. Dia kemudian menggunakan mobil dinas RI 1.

  • Jumat, 3 November 2017 08:06:16 Hadir di peresmian Tol Becakayu, Anies pertama kali dampingi Jokowi

    Setiba di lokasi, Anies langsung bersalaman dengan Pramono dan Basuki. Sesaat kemudian, ketiganya mengenakan rompi safety pekerja proyek. Sesekali mereka terlihat bercanda dan tertawa.

  • Rabu, 18 Oktober 2017 17:32:24 Seskab duga Jokowi dan Anies bakal bahas MRT, LRT dan reklamasi Jakarta

    Seskab duga Jokowi dan Anies bakal bahas MRT, LRT dan reklamasi Jakarta. Tidak tertutup kemungkinan, pertemuan itu juga akan membahas soal kelanjutan reklamasi pantai utara Jakarta. Karena persoalan reklamasi masuk dalam tanggung jawab Pemprov DKI.

  • Selasa, 12 September 2017 17:09:23 Seskab tegaskan Jokowi konsisten tak ingin kurangi kewenangan KPK

    Seskab tegaskan Jokowi konsisten tak ingin kurangi kewenangan KPK. Presiden kembali menekankan agar semua elemen berkewajiban menjaga KPK agar tetap kuat. Ini menunjukkan bahwa Presiden tidak ingin ada pihak yang ingin mengurangi kewenangan KPK.

  • Rabu, 6 September 2017 07:03:00 Ada yang menggoyang Jokowi dan sentimen agama lewat Rohingya

    Ada yang menggoyang Jokowi dan sentimen agama lewat Rohingya. Analisa di media sosial, isu ini lebih banyak digunakan untuk konsumsi dalam negeri, dalam rangka membakar sentimen masyarakat Islam, umat Islam di Indonesia untuk antipati terhadap pemerintah.

  • Selasa, 5 September 2017 14:18:15 Pramono Anung sayangkan ada nuansa politis di balik keprihatinan Rohingya

    Pramono Anung sayangkan ada nuansa politis di balik keprihatinan Rohingya. Pramono mengatakan, sebelum peristiwa Rohingya menjadi konsumsi publik yang begitu luar biasa, sebenarnya Presiden Jokowi telah mengirim bantuan baik itu membangun sekolah. Tak cuma itu, Presiden Jokowi langsung mengirimkan bantuan.

  • Selasa, 5 September 2017 14:18:15 Pramono Anung sayangkan ada nuansa politis di balik keprihatinan Rohingya

    Pramono Anung sayangkan ada nuansa politis di balik keprihatinan Rohingya. Pramono mengatakan, sebelum peristiwa Rohingya menjadi konsumsi publik yang begitu luar biasa, sebenarnya Presiden Jokowi telah mengirim bantuan baik itu membangun sekolah. Tak cuma itu, Presiden Jokowi langsung mengirimkan bantuan.

  • Sabtu, 2 September 2017 17:00:00 Pramono Anung soal nasib muslim Rohingya: Itu sudah di luar batas kemanusiaan

    Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan Indonesia mengutuk keras tragedi penyiksaan etnis Rohingya di Rakhine, Myanmar. Penyiksaan etnis ini sudah menjadi perhatian dunia internasional. Saat ini, perhatian pemerintah yang harus cepat ditangani yakni para pengungsi.