PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Puan Maharani

Foto:

Puan Maharani


Nama Lengkap : Puan Maharani

Alias : Puan

Profesi : Politisi

Agama : Islam

Tempat Lahir : Jakarta

Tanggal Lahir : Kamis, 6 September 1973

Zodiac : Virgo

Warga Negara : Indonesia


Suami : Happy Hapsoro
Ayah : Taufiq Kiemas
Ibu : Megawati Soekarnoputri
BIOGRAFI

Puan Maharani adalah ketua frkasi PDI Perjuangan di DPR RI periode 2009-2014. Terlahir dalam keluarga politisi membuat ia sejak kecil sudah terbiasa dengan hingar bingar panggung politik. Kakeknya, Soekarno, proklamator Republik Indonesia, serta ibunya Megawati Soekarnoputri, Presiden RI kelima sekaligus Ketua Umum PDI Perjuangan. Kini, ia semakin mantap terjun ke panggung politik bersiap diri menjadi penerus dinasti Soekarno.

Dalam kampanye di Jawa Timur beberapa tahun lalu, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri secara resmi memperkenalkan putri tunggalnya, Puan Maharani, sebagai penerusnya kepada publik.

Seiring dengan perjalanan waktu, Puan semakin terlibat dalam proses politik. Pada masa pemilihan presiden tahun 2009, Puan terlibat aktif di Mega Center, lembaga yang menangani pemenangan Megawati jadi presiden, walaupun menurutnya posisinya itu hanya sebagai observer.

Wanita kelahiran Jakarta, 6 September 1973 ini merupakan anak ketiga Megawati Soekarnoputri, atau anak pertama Megawati dari suaminya Taufiq Kiemas. Terlahir dalam keluarga politisi membuat Puan sejak kecil sudah terbiasa dengan hingar bingar panggung politik.

Hal tersebut memang tidak terlalu mengherankan, karena saat ibunya, Megawati, menjadi Presiden RI pada periode 2001-2004, ia selalu berada di samping ibunya, baik saat melakukan kunjungan resmi ke daerah maupun ke luar negeri. Sehingga tanpa disadari, aktivitas itu telah memperkenalkan Puan Maharani ke panggung politik.
Dengan mendampingi sang bunda, Puan semakin familiar di kalangan masyarakat, teristimewa pada masyarakat politisi.

Di samping melakukan kunjungan-kunjungan, istri dari Happy Hapsoro ini pun beberapa kali pernah dipercaya sang ibu melakukan kegiatan sosial. Dari situ, ia juga kemudian belajar banyak mendekati 'wong cilik'.

Nama besar orang tua memang tidak mungkin dipisahkan dari keberhasilan Puan di kancah politik nasional. Namun, Puan sendiri tampaknya memang ingin membuktikan bahwa dirinya mampu dan layak menjadi politisi handal sekaligus jadi wakil rakyat yang bertanggung jawab tanpa melihat faktor dari nama besar kedua orang tuanya.

Terlepas dari urusan gender, Puan sebenarnya menginginkan PDIP diisi dengan orang-orang yang kompeten dan mempunyai integritas tinggi. Ia percaya PDIP bisa terus berkembang jika dikelola orang-orang profesional yang memiliki kesamaan visi, misi, dan ideologi.

Riset dan analisa oleh Galih Setyo Pribadi

PENDIDIKAN
  • Sarjana Komunikasi Universitas Indonesia.
KARIR
  • Ketua DPP PDI Perjuangan Politik dan Hubungan Antarlembaga (2010-2015)
  • Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRRI (periode 2009-2014)
  • Anggota DPR RI, Anggota Komisi VI (periode 2009-2014)
  • Anggota BKSAP/Badan Kerjasama Antarparlemen (periode 2009-2014)
  • Anggota Panja Komisi VI Bidang Investasi dan UKM (2009)
SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Kamis, 23 Maret 2017 14:14:00 Menko Puan: ASN harus jadi penggerak utama Revolusi Mental

    Menko Puan: ASN harus jadi penggerak utama Revolusi Mental. Keberhasilan Gerakan Nasional Revolusi Mental ditentukan oleh seluruh komponen bangsa dengan memperkuat peran nyata penyelenggara negara dan seluruh elemen masyarakat.

  • Rabu, 22 Maret 2017 15:27:34 Kuota bertambah, pemerintah matangkan persiapan haji 2017

    Puan menjelaskan, progres persiapan pelaksanaan haji tahun ini sudah menunjukkan banyak kemajuan. Misalnya pendaftaran lebih sederhana menjadi dua tahap dari sebelumnya tiga tahap.

  • Jumat, 17 Maret 2017 17:24:20 Presiden Jokowi dan Menko PMK bagikan KIP dan KIS di Sambas

    Presiden Jokowi dan Menko PMK bagikan KIP dan KIS di Sambas. Presiden Joko Widodo dan Menteri PMK Puan Maharani memberikan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), Program Makanan Tambahan (PMT), Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP).

  • Kamis, 16 Maret 2017 21:12:29 Dampingi Presiden, Menko PMK bagikan KIP dan KIS di Kalimantan Barat

    Menko PMK dalam sambutannya melaporkan alokasi Bansos Tunai dan Non Tunai Program Keluarga Harapan (PKH) untuk kabupaten Kapuas Hulu. "Untuk PKH Tunai diberikan kepada 4.973 keluarga dengan anggaran sebesar Rp.9,39 milyar. Sedangkan untuk PKH Nontunai sebesar Rp. 948,7 juta untuk 502 keluarga," ujar Puan.

  • Kamis, 16 Maret 2017 14:55:42 Puan kenang Hasyim Muzadi sebagai sosok mengedepankan Islam moderat

    Puan kenang Hasyim Muzadi sebagai sosok mengedepankan Islam moderat. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani turut berduka dan berbelasungkawa atas meninggalnya KH Hasyim Muzadi. Puan mengenang sosok Kiai Hasyim sebagai sosok yang tenang.

  • Selasa, 14 Maret 2017 16:45:56 Menko Puan setuju kerja sama negara Asean hapus kekerasan perempuan

    Menko Puan setuju kerja sama negara Asean hapus kekerasan perempuan. Menko PMK Puan Maharani menyambut positif usulan istri Perdana Menteri (PM) Malaysia Najib Razak, Datin Paduka Seri Rosmah Mansor untuk kerja sama negara-negara Asean dalam upaya menghapus kekerasan terhadap perempuan dan anak.

  • Senin, 13 Maret 2017 22:58:26 Kunjungi SIKL Kuala Lumpur, Menko PMK beri sumbangan 20 komputer

    Menurut Puan, seperti anak-anak didik di dalam negeri, para siswa di luar negeri seperti di SIKL ini harus dijamin kualitasnya. Hal ini sebagai upaya menghadirkan negara bagi warganya untuk dapat mengakses pendidikan.

  • Senin, 13 Maret 2017 03:30:00 Megawati dan Puan tiba di Kuala Lumpur

    Megawati dan Puan tiba di Kuala Lumpur. "Ibu Megawati tiba di Putra World Trade Center (PWTC) untuk membuka Majelis Peresmian Seminar Kriminalitas Seksual Kanak-Kanak Tingkat Internasional yang juga dihadiri Wakil Dubes Andreano Erwin," kata Stania, Minggu (12/3).

  • Jumat, 10 Maret 2017 12:06:50 Pemerintah berencana tambah penerima PKH jadi 1 juta

    Pemerintah berencana tambah penerima PKH jadi 1 juta. Namun, kata Menko Puan, rencana penambahan PKH menjadi satu juta penerima itu harus melihat kondisi keuangan negara. "Kalau semakin banyak yang diberikan semakin akan lebih baik untuk salah satu program pengentasan kemiskinan."

  • Selasa, 7 Maret 2017 16:26:44 Didampingi para menteri perempuan, Megawati bertemu istri PM Najib

    Didampingi para menteri perempuan, Megawati bertemu istri PM Najib. Pertemuan itu disebut Mega sebagai wujud dari ide Rosmah untuk mengangkat masalah wanita di Indonesia dan Malaysia.