PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Puan Maharani

Foto:

Puan Maharani


Nama Lengkap : Puan Maharani

Alias : Puan

Profesi : Politisi

Agama : Islam

Tempat Lahir : Jakarta

Tanggal Lahir : Kamis, 6 September 1973

Zodiac : Virgo

Warga Negara : Indonesia


Suami : Happy Hapsoro
Ayah : Taufiq Kiemas
Ibu : Megawati Soekarnoputri
BIOGRAFI

Puan Maharani adalah ketua frkasi PDI Perjuangan di DPR RI periode 2009-2014. Terlahir dalam keluarga politisi membuat ia sejak kecil sudah terbiasa dengan hingar bingar panggung politik. Kakeknya, Soekarno, proklamator Republik Indonesia, serta ibunya Megawati Soekarnoputri, Presiden RI kelima sekaligus Ketua Umum PDI Perjuangan. Kini, ia semakin mantap terjun ke panggung politik bersiap diri menjadi penerus dinasti Soekarno.

Dalam kampanye di Jawa Timur beberapa tahun lalu, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri secara resmi memperkenalkan putri tunggalnya, Puan Maharani, sebagai penerusnya kepada publik.

Seiring dengan perjalanan waktu, Puan semakin terlibat dalam proses politik. Pada masa pemilihan presiden tahun 2009, Puan terlibat aktif di Mega Center, lembaga yang menangani pemenangan Megawati jadi presiden, walaupun menurutnya posisinya itu hanya sebagai observer.

Wanita kelahiran Jakarta, 6 September 1973 ini merupakan anak ketiga Megawati Soekarnoputri, atau anak pertama Megawati dari suaminya Taufiq Kiemas. Terlahir dalam keluarga politisi membuat Puan sejak kecil sudah terbiasa dengan hingar bingar panggung politik.

Hal tersebut memang tidak terlalu mengherankan, karena saat ibunya, Megawati, menjadi Presiden RI pada periode 2001-2004, ia selalu berada di samping ibunya, baik saat melakukan kunjungan resmi ke daerah maupun ke luar negeri. Sehingga tanpa disadari, aktivitas itu telah memperkenalkan Puan Maharani ke panggung politik.
Dengan mendampingi sang bunda, Puan semakin familiar di kalangan masyarakat, teristimewa pada masyarakat politisi.

Di samping melakukan kunjungan-kunjungan, istri dari Happy Hapsoro ini pun beberapa kali pernah dipercaya sang ibu melakukan kegiatan sosial. Dari situ, ia juga kemudian belajar banyak mendekati 'wong cilik'.

Nama besar orang tua memang tidak mungkin dipisahkan dari keberhasilan Puan di kancah politik nasional. Namun, Puan sendiri tampaknya memang ingin membuktikan bahwa dirinya mampu dan layak menjadi politisi handal sekaligus jadi wakil rakyat yang bertanggung jawab tanpa melihat faktor dari nama besar kedua orang tuanya.

Terlepas dari urusan gender, Puan sebenarnya menginginkan PDIP diisi dengan orang-orang yang kompeten dan mempunyai integritas tinggi. Ia percaya PDIP bisa terus berkembang jika dikelola orang-orang profesional yang memiliki kesamaan visi, misi, dan ideologi.

Riset dan analisa oleh Galih Setyo Pribadi

PENDIDIKAN
  • Sarjana Komunikasi Universitas Indonesia.
KARIR
  • Ketua DPP PDI Perjuangan Politik dan Hubungan Antarlembaga (2010-2015)
  • Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRRI (periode 2009-2014)
  • Anggota DPR RI, Anggota Komisi VI (periode 2009-2014)
  • Anggota BKSAP/Badan Kerjasama Antarparlemen (periode 2009-2014)
  • Anggota Panja Komisi VI Bidang Investasi dan UKM (2009)
SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Selasa, 7 November 2017 19:48:02 Menko PMK ingin RSUD Ir Soekarno jadi sarana edukasi kesehatan

    Menko PMK ingin RSUD Ir Soekarno jadi sarana edukasi kesehatan. Puan berharap penggunaan nama Ir Soekarno pada RSUD harus menjadi motivasi kuat bagi seluruh jajaran RSUD untuk memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat Sukoharjo dan sekitarnya.

  • Rabu, 8 November 2017 07:31:48 Sejumlah tokoh nasional tiba di lokasi pernikahan Kahiyang-Bobby

    Tamu yang sudah datang Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, Menteri PMK Puan Maharani, Kepala BIN Budi Gunawan, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Sinta Nuriyah Wahid (istri almarhum Gus Dur), Sekretaris Kabinet Kerja Pramono Anung dan Mensesneg Pratikno.

  • Senin, 6 November 2017 15:28:03 Menko Puan usul defisit anggaran BPJS Kesehatan Rp 9 T ditutup dari dana cukai rokok

    Direktur Utama BPJS Kesehatan, Fachmi Idris menjelaskan, salah satu solusi yang ditawarkan pemerintah adalah menyuntik dana ke BPJS Kesehatan dari bagi hasil atas cukai rokok serta efisiensi operasional BPJS ke depannya.

  • Senin, 6 November 2017 14:29:50 Menko Puan: Walaupun defisit, BPJS Kesehatan tetap layani masyarakat

    Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani menilai meski mengalami defisit, namun BPJS masih bisa menanggung klaim masyarakat yang berobat. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir mengenai pelayanan dan tagihan yang akan dilakukan BPJS.

  • Senin, 6 November 2017 13:34:00 Jaga fiskal BPJS, Menko Puan minta Pemda bantu pelayanan kesehatan katastropik

    Jaga fiskal BPJS, Menko Puan minta Pemda bantu pelayanan kesehatan katastropik. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani memimpin rapat tingkat menteri terkait pengendalian defisit keuangan BPJS Kesehatan.

  • Senin, 6 November 2017 11:12:01 Menko Puan kumpulkan para menteri bahas defisit BPJS Kesehatan

    Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani memimpin rakor koordinasi tingkat menteri (RTM) membahas pengendalian defisit BPJS Kesehatan. Puan meminta dilakukan kajian pengendalian defisit BPJS Kesehatan.

  • Jumat, 3 November 2017 20:46:17 Program padat karya Presiden Jokowi fokus pada desa di 100 kabupaten

    Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharini, mengatakan program padat karya akan dimulai pada Januari 2018. Guna mendukung program tersebut, pemerintah akan mengeluarkan surat keputusan bersama (SKB) terhadap empat kementerian.

  • Jumat, 3 November 2017 20:46:17 Program padat karya Presiden Jokowi fokus pada desa di 100 kabupaten

    Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharini, mengatakan program padat karya akan dimulai pada Januari 2018. Guna mendukung program tersebut, pemerintah akan mengeluarkan surat keputusan bersama (SKB) terhadap empat kementerian.

  • Rabu, 1 November 2017 18:50:00 Tahun 2017, angka gizi buruk disebut berkurang 27,5 persen

    Tahun 2017, angka gizi buruk diklaim berkurang 27,5 persen. Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan, penanganan masalah stunting harus dilakukan secara sinergis.

  • Senin, 30 Oktober 2017 15:08:06 Perbaiki sistem di dunia, pemerintah buat Forum Pangan Asia Pasifik

    Perbaiki sistem di dunia, pemerintah buat Forum Pangan Asia Pasifik. Pemerintah mengambil inisiatif membahas sistem pangan dunia yang berkelanjutan. Termasuk mendorong keterlibatan aktif para pemangku kepentingan untuk perbaikan sistem pangan dunia.