PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Rachmawati Soekarnoputri

Foto:

Rachmawati Soekarnoputri


Nama Lengkap : Rachmawati Soekarnoputri

Alias : No Alias

Profesi : Politisi

Agama : Islam

Tempat Lahir : Jakarta

Tanggal Lahir : Jumat, 27 September 1957

Zodiac : Balance

Warga Negara : Indonesia


Ibu : Fatmawati Soekarno
BIOGRAFI

Diah Pramana Rachmawati Soekarno Putri adalah anak ketiga Presiden Soekarno dan Fatmawati. Dia lahir di Jakarta, 27 September 1950. Wanita 52 tahun ini ingin meneruskan cita-citanya dengan turut menciptakan masyarakat adil makmur. Ketika almarhumah ibunya, Fatmawati meninggalkan istana sebagai protes atas pernikahan presiden Soekarno dengan Hartini, dia masih berusia tiga tahun pada tahun 1953. Sejak itu Rachmawati lebih dekat dengan ayahnya. Dia diasuh oleh ibu angkatnya, Ibu Hadi, wanita asal Solo, Jawa Tengah.

Di SD, kemudian SMP, Diah belajar menari Jawa, Sunda, dan Sumatera. Olah raganya anggar, renang, dan bulu tangkis. Semula ia bercita-cita ingin menjadi dokter, tetapi ia lulus dari SMA jurusan sosial dan akhirnya ia kuliah di Fakultas Hukum Universitas Indonesia pada tahun 1969.
Diah kini aktif di banyak kegiatan. Ibu tiga anak ini sering menulis. Ia juga mengurusi organisasi Gerakan Pemuda Marhaenis (GPM), Yayasan Bung Karno, dan Yayasan Pendidikan Soekarno (YPS), serta pendiri Universitas Bung Karno (UBK) pada tahun 1981.

Yayasan Pendidikan Soekarno dan Universitas Bung Karno (UBK), didirikan Rachmawati Soekarno Putri bersama sejumlah tokoh nasionalis di era kepemimpinan Soeharto, di antaranya Yano Bolang (Alm), Simon Tiranda (Alm) dan Bagin (Alm), meski menghadapi berbagai tekanan berat. Tujuan didirikannya instansi pendidikan itu untuk mengimplementasikan ajaran-ajaran Bung Karno yang masih sangat relevan dengan kondisi saat ini. Antara lain Trisakti Bung Karno yaitu, berdaulat dalam bidang politik, berdikari dalam bidang ekonomi dan berkepribadian dalam bidang kebudayaan.

Kiprah politik Rachmawati Soekarnoputri mulai nampak pada pertengahan tahun 2001 ketika ia mendeklarasikan Forum Nasional di mana dia mulai mengecam para elit politik yang menurutnya berada di menara gading. Saat Forum Nasional melahirkan Partai Persatuan Bangsa Indonesia, Rachmawati dijadikan Calon Presiden oleh partai tersebut walaupun ia bukan termasuk pendiri partai.

Satu tahun setelah peristiwa itu barulah Rachmawati mendirikan Partai Pelopor yang mengandalkan konstituennya dari kalangan urban muda marhaenis. Partai yang bersemangat marhaenis ini menjajikan tidak akan berkompromi terhadap para pelanggar HAM, menolak dwifungsi TNI/Polri dan menolak ketergantungan ekonomi pada lembaga dana internasional. Selain itu kiprahnya di kancah politik, dia pernah menjabat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) dan Ketua Umum Partai Pelopor.

Riset dan analisis oleh Vizcardine Audinovic

PENDIDIKAN
  • 1969  Fakultas Hukum Universitas Indonesia
KARIR
  • Pendiri Universitas Bung Karno
  • Ketua Yayasan Pendidikan Soekarno
  • Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres)
  • Ketua Umum Partai Pelopor.
SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Selasa, 17 Januari 2017 18:11:44 Kasus dugaan makar, polisi periksa Rachmawati di rumah

    Kasus dugaan makar, polisi periksa Rachmawati di rumah. Penyidik Polda Metro Jaya masih terus mendalami kasus dugaan makar atas tersangka Rachmawati Soekarnoputri dan tokoh lainnya. Penyidik pun mendatangi kediaman Rachmawati di Jalan Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan untuk menjalani pemeriksaan, hari ini.

  • Sabtu, 14 Januari 2017 12:32:00 Tito soal kasus makar Rachmawati dkk: Hukum tak boleh diintervensi

    Tito soal kasus makar Rachmawati dkk: Hukum tak boleh diintervensi. Jenderal Tito Karnavian, menegaskan, proses hukum yang dilakukan kepada Rachmawati dan kawan-kawan telah merujuk fakta hukum yang dikumpulkan. "Kalau kita kembali ke fakta hukum, tolong jangan dipotong. Kalau fakta hukumnya, pasti kita ajukan."

  • Senin, 9 Januari 2017 13:41:16 Fadli Zon tegaskan Rachmawati tidak lakukan makar

    Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menyebut upaya Rachmawati Soekarnoputri meminta dikembalikannya UUD 1945 lewat MPR/DPR bukan tindakan makar. Untuk itu, dia mendesak kepolisian menghentikan kasus makar menimpa putri Presiden pertama Soekarno.

  • Senin, 9 Januari 2017 10:34:36 Ichsanuddin Noorsy akan diperiksa saksi dugaan makar Rachmawati

    Ichsanuddin Noorsy muncul sebagai salah satu saksi yang bakal diperiksa Polda Metro Jaya untuk tersangka kasus dugaan makar, Rachmawati Soekarnoputri. Pemeriksaan masih berkaitan dengan pertemuan-pertemuan yang digelar para tersangka yang diduga membicarakan rencana makar.

  • Rabu, 4 Januari 2017 13:26:38 Terlibat makar, Rachmawati Soekarnoputri sempat temui Ketua MPR

    "Bagaimana mungkin keinginan menyampaikan aspirasi dan pendapat ke gedung wakil rakyat disamakan dengan makar dan upaya perebutan kekuasaan?," ujar Jubir Rachmawati Soekarnoputri.

  • Kamis, 15 Desember 2016 16:31:40 Yusril tak tahu barang yang diambil polisi saat penggeledahan

    Yusril mengaku belum mendapat berita acara dari pihak kepolisian saat menggeledah kantor dan rumah Rachmawati.

  • Kamis, 15 Desember 2016 15:53:19 Ratna Sarumpaet marah dengar rumah Rachmawati digeledah polisi

    Ratna Sarumpaet marah dengar rumah Rachmawati digeledah polisi. Ratna menuturkan penangkapan polisi terhadap para aktivis dan tokoh pada 2 Desember kemarin merupakan tindakan yang tidak mendasar. Pengalamannya selama menjadi aktivis yang berkali-kali ditangkap pun sangat berbeda dengan yang saat ini.

  • Kamis, 15 Desember 2016 10:08:58 Usai ruang kerja di UBK, rumah Rachmawati digeledah polisi

    Usai ruang kerja di UBK, rumah Rachmawati digeledah polisi. Rachmawati termasuk beberapa tokoh yang ditangkap karena atas dugaan makar. Dirinya diamankan pada saat aksi bela Islam jilid III akan digelar.

  • Kamis, 15 Desember 2016 11:18:41 Suasana kediaman Rachmawati saat digeledah polisi

    Suasana kediaman Rachmawati saat digeledah polisi. Penggeledahan dilakukan di ruang kerja Rachmawati di Universitas Bung Karno (UBK). Aparat mengambil sejumlah dokumen dari ruang kerja tersangka Rachmawati di kampus UBK, di Jalan Pegangsaan Timur, dan Jalan Kimia.

  • Rabu, 14 Desember 2016 17:13:41 Saat Rachmawati dkk mau makar, Tommy Soeharto berada di luar negeri

    Tuduhan penyandang dana kepada Tommy Soeharto di jagad media sosial dalam dugaan aksi makar dibantah Partai Swara Rakyat Indonesia (Parsindo). Mereka mengklaim telah melakukan komunikasi dan menyebut Tommy menyesalkan tuduhan itu.