PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Ramadhan Pohan

Foto:

Ramadhan Pohan


Nama Lengkap : Ramadhan Pohan

Alias : No Alias

Profesi : Politisi

Tempat Lahir : Pematang Siantar

Tanggal Lahir : Selasa, 6 Desember 1966

Zodiac : Sagittarius

Hobby : Membaca | Menulis

Warga Negara : Indonesia


No Relation
BIOGRAFI

Ramadhan Pohan merupakan Wakil Sekjen Partai Demokrat yang saat ini menjabat sebagai anggota Komisi II DPR-RI dari Fraksi Demokrat. Nama Ramadhan Pohan sebelumnya tidak pernah terdengar di ranah politik. Pria kelahiran Pematang Siantar, 6 Desember 1966 ini baru memulai karir nya di bidang politik pada tahun 2005. Sebelumnya ia merupakan jurnalis murni yang aktif melaporkan banyak kejadian di luar sana dalam bentuk tulisan dan tayangan live report. 

Di kalangan wartawan Indonesia, nama Ramadhan Pohan sudah banyak dikenal, mengingat kiprahnya di bidang jurnalistik sudah tidak diragukan lagi. Pria yang sempat mendapatkan sertifikat penghargaan MURI "Anggota DPR RI pertama yang Memiliki Website www.ramadhanpohan.com 

Berisi Informasi Keparlemenan dan Konstituen" ini memulai karir di bidang jurnalistik saat dirinya duduk di bangku kuliah. Saat itu, ia kerap kali mengirimkan kolom dan opini di berbagai media. Banyak tulisan-tulisannya yang dimuat di berbagai media yang pada akhirnya mengantarkan dirinya untuk terjun ke bidang jurnalistik lebih lanjut pada tahun 1990. Saat itu, ia tengah duduk di bangku kuliah tingkat dua akhir saat dirinya bergabung dengan Jawa Pos Jakarta sebagai reporter. Karir menjadi reporter di Jakarta ini dilakoninya selama tiga tahun.

Berganti tahun, pada tahun 1993, pria yang akrab disapa Ramadhan ini ditugaskan ke Bulgaria sebagai koresponden dan beralih ke Turki sejak tahun 1996-1998. Tak hanya singgah di dua negara itu saja, pekerjaannya sebagai reporter mengharuskannya terbang dari satu negara ke negara lain. Tercatat ada sekitar lebih dari dua puluh negara di dunia berhasil ia jujuki sebagai bahan pencarian data mengenai kasus dan isu-isu yang sedang berkembang di dunia.

Pada website pribadinya, banyak tercatat laporan-laporan perjalanan korespondensinya di berbagai belahan dunia. Yang menarik, ia merupakan wartawan tetap yang meliput di White House, DPR-AS (Kongres), dan Senat pada tahun 1998 hingga 2004. Ia juga merupakan wartawan Indonesia pertama yang menulis mengenai Barrack Obama melalui konvensi Partai Demokrat di Boston 2004.

Selama di luar negeri, Ramadhan tak hanya bekerja sebagai koresponden, ia memanfaatkan waktu luangnya dengan mengambil studi S2 di American University, Washington DC pada tahun 2002.

Selepas perjalanan hidupnya di negeri orang, pada akhir tahun 2004, pemilik akun twitter @Ramadhanpohan1 ini bergabung dengan The Blora Institute yang merupakan tempat jujukan para wartawan. Saat itu, ia langsung menjabat sebagai direktur, opini publik, dan studi partai politik. Setahun berikutnya, ia mulai merambah bidang politik. Ia ditunjuk sebagai Ketua Bidang Pusat Informasi, BAPPILU DPP Partai Demokrat. Kemudian pada tahun 2006, ia menjadi redaktur pelaksana website kepresidenan www.presidensby.info. Di tahun yang sama, ia juga menjabat sebagai Pimpinan Redaksi koran Jurnal Nasional Jakarta. Tak hanya itu, pada tahun 2008, pria yang hobby membaca ini ditunjuk sebagai penasihat Forum Harmoni Nusantara (FORSAS) hingga kini sekaligus menjabat sebagai Direktur Program Hubungan dan Kerjasama Luar Negeri, Persatuan Wartawan Indonesia Pusat.

Hingga pada tahun 2009, ia mencalonkan diri sebagai anggota DPR-RI periode 2009-2014 dan akhirnya terpilih dari dapil Jatim 7. Ramadhan mengaku bahwa pengetahuannya mengenai bidang politik didapatkan saat ia aktif meliput berbagai macam liputan kenegaraan berbagai negara yang ia singgahi.    

Oleh: Atiqoh Hasan

PENDIDIKAN
  • University (GWU), Washington DC, 2002
  • American University, Washington DC, 2002
  • Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1992
  • SMP Negeri 4 Pematang Siantar
KARIR
  • Anggota DPR-RI Komisi II & BKSAP, 2009-2014
  • Direktur Program Hubungan dan Kerjasama Luar Negeri, Persatuan Wartawan Indonesia Pusat, Jakarta, 2008-sekarang
  • Penasihat Forum Harmoni Nusantara (Forsas) Jakarta, 2008-sekarang
  • Bergabung dengan Partai Demokrat dengan berbagai jabatan, 2005-sekarang
  • The Blora Institute, 2004
  • Reporter Jawa Pos, Amerika Serikat, 1998-2004
  • Reporter Jawa Pos, Turki, 1996-1998
  • Reporter Jawa Pos, Bulgaria, 1992
  • Reporter Jawa Pos untuk Jakarta, 1989-1992
  • Penulis Lepas
PENGHARGAAN
  • Penyerahan Sertifikat MURI Website. "Anggota DPR RI pertama yang Memiliki Website www.ramadhanpohan.com . Berisi Informasi Keparlemenan dan Konstituen." Lokasi: Gd. Nusantara IV lantai dasar MPR-DPR RI. 25 November 2009.
  • Sertifikat MURI majalah GARASI. "Anggota DPR RI pertama yang Memiliki Majalah Transparansi dan Akuntanbilitas Berisi Informasi Keparlemenan dan Konstituen." Lokasi: Gd. Nusantara IV lantai dasar MPR-DPR RI. 25 Januari 2011

Buku:

  • Energi Positif, Opini 100 Tokoh mengenai Indonesia di Era SBY, 2009
  • Puisi dan Cerita Pendek, 1991-1998
  • Para Pembohong, Koleksi Cerita Pendek, 1996
  • The Path Not Taken, Puisi, 1996
SOCIAL MEDIA
www.ramadhanpohan.com
www.rpohan.wordpress.com
www.twitter.com/Ramadhanpohan1
Facebook : Ramadhan Pohan

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Selasa, 31 Januari 2017 14:07:49 Ramadhan Pohan diadili, pengunjung aksi tutup mulut, mata & telinga

    Ramadhan Pohan diadili, pengunjung aksi tutup mulut, mata & telinga. "Kami menilai hukum ini sudah tuli dan buta, tidak bisa melihat dan mendengar keadilan. Bisa saja dalam perkara lain, si miskin yang punya kasus penipuan puluhan juta ditahan, sedangkan ini Rp 15,3 miliar tidak ditahan," kata koordinator aksi, Togam.

  • Selasa, 24 Januari 2017 15:49:22 Eksepsi ditolak, Ramadhan Pohan yakin yang salah akan terungkap

    Wakil Sekjen Partai Demokrat, Ramadhan Pohan, yang didakwa melakukan penipuan atau penggelapan Rp 15,3 miliar, menyatakan siap menjalani persidangan lanjutan setelah eksepsinya ditolak majelis hakim. Dia bahkan yakin pihak yang bersalah dalam perkara itu akan terungkap.

  • Selasa, 24 Januari 2017 13:58:52 Hakim tolak keberatan Ramadhan Pohan, sidang penipuan dilanjutkan

    Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Medan menolak eksepsi atau keberatan Ramadhan Pohan terhadap dakwaan penipuan atau penggelapan sebesar Rp 15,3 miliar. Wakil Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrat ini pun harus menjalani persidangan selanjutnya sebagai terdakwa.

  • Selasa, 17 Januari 2017 14:16:11 Jaksa tolak keberatan Ramadhan Pohan

    Jaksa Penuntut Umum (JPU) menolak nota keberatan atau eksepsi Ramadhan Pohan atas dakwaan kasus penipuan atau penggelapan sebesar Rp 15,3 miliar. Mereka meminta majelis hakim untuk melanjutkan persidangan.

  • Selasa, 3 Januari 2017 20:16:00 Alasan hakim tak tahan Ramadhan Pohan di kasus penipuan Rp 15,3 M

    Alasan hakim tak tahan Ramadhan Pohan di kasus penipuan Rp 15,3 M. Ramadhan Pohan diadili dalam perkara penipuan dan penggelapan Rp 15,3 miliar yang membelitnya di Pengadilan Negeri (PN) Medan, Selasa (3/1). Seperti penyidik polisi dan kejaksaan, majelis hakim juga tidak menahan mantan anggota DPR RI ini.

  • Selasa, 3 Januari 2017 13:51:49 Ramadhan Pohan didakwa tipu ibu dan anak hingga Rp 15,3 miliar

    Ramadhan Pohan didakwa tipu ibu dan anak hingga Rp 15,3 miliar. Setelah ditagih, Ramadhan terus mengelak. Laurenz pun mengadukan kasus itu ke Polda Sumut. Ramadhan Pohan kemudian ditetapkan sebagai tersangka. Namun dia mangkir setelah dua kali dipanggil.

  • Kamis, 8 Desember 2016 04:34:00 Diserahkan ke Kejati Sumut, Ramadhan Pohan tak ditahan

    Diserahkan ke Kejati Sumut, Ramadhan Pohan tak ditahan. Kejaksaan tidak melakukan penahanan terhadap Ramadhan dan Linda dengan alasan keduanya kooperatif, tidak akan melarikan diri ataupun merusak barang bukti.

  • Rabu, 30 November 2016 00:32:00 Kejati Sumut tolak pelimpahan tahap II kasus Ramadhan Pohan

    Kejati Sumut tolak pelimpahan tahap II kasus Ramadhan Pohan. Asintel Kejati Sumut, Nanang Sigit Yulianto mengaku tidak tahu pasti penyakit Linda. Mereka hanya mendapat pemberitahuan kalau perempuan itu menderita penyakit dalam.

  • Senin, 15 Agustus 2016 14:25:25 Polisi didesak tahan Ramadhan Pohan soal kasus penipuan

    Polisi masih berusaha melengkapi berkas Ramadhan Pohan agar segera dijebloskan.

  • Rabu, 27 Juli 2016 14:18:14 Ramadhan Pohan akan ditetapkan lagi tersangka kasus penipuan

    Selain penetapan tersangka, penyidik juga berencana melaksanakan gelar perkara.