PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Ray Rangkuti

Foto:

Ray Rangkuti


Nama Lengkap : Ray Rangkuti

Alias : No Alias

Profesi : Aktivis

Agama : Islam

Tempat Lahir : Mandailing Natal, Sumatera Utara, Indonesia

Tanggal Lahir : Rabu, 20 Agustus 1969

Zodiac : Leo

Warga Negara : Indonesian


No Relation
BIOGRAFI

Ray Rangkuti adalah seorang aktivis dan pengamat politik di Indonesia. Merupakan alumnus dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Ray Rangkuti juga ikut aktif dalam gerakan reformasi untuk menumbangkan otoriter Orde Baru.

Dia juga menjadi salah satu pendiri Komite Independen Pemantau Pemilih (KIPP) dan sempat menjadi Sekjen KIPP pasca pemilu 1999.

Setelah melepas jabatan KIPP, Ray Rangkuti mendirikan Lingkar Madani (Lima), sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang beraktivitas memantau pemilu, mengkritisi parlemen, serta memerangi korupsi.

Suara pedas Ray Rangkuti sering terdengar saat mengkritisi para elit partai politik. 

Riset dan analisa oleh Larensi Mahligai Mustika Rani

PENDIDIKAN
  • UIN Syarif Hidayatullah, Ciputat, jurusan Aqidah dan Filsafat
KARIR
  • Pendiri/Direktur Eksekutif Lingkar Madani (Lima)
SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Sabtu, 30 September 2017 17:28:11 Gugatan Setnov dikabulkan dinilai bikin korupsi berjemaah tambah banyak

    "Ini sebetulnya, hanya mempermudah orang melakukan korupsi secara berjemaah, karena, tinggal janjian aja di antara mereka siapa yang kita korbankan, kalau kita korbankan si A cukup si A, orang barang buktinya sama, tidak bisa dipakai lagi kepada si B."

  • Rabu, 27 September 2017 21:44:52 'Makin ke sini tingkah Pansus Angket KPK buat geleng-geleng kepala'

    'Makin ke sini tingkah Pansus Angket KPK buat geleng-geleng kepala'. Direktur Eksekutif Lingkar Madani Ray Rangkuti menilai pansus angket membuat berbagai pihak heran. Sebab, pansus angket selalu mencari isu-isu yang tidak ada subtansinya pada permasalahan.

  • Kamis, 31 Agustus 2017 15:08:19 'Semua parpol harusnya diverifikasi, tak dibeda-bedakan'

    Komisi II DPR meminta KPU menggunakan sistem sensus terhadap verifikasi anggota partai calon peserta pemilu. Hal itu terjadi saat Komisi II DPR menggelar rapat dengan KPU, Bawaslu dan Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri membahas konsultasi Peraturan KPU terkait verifikasi partai politik pemilu 2019.

  • Sabtu, 19 Agustus 2017 08:04:00 Bola panas polemik gedung baru DPR dilempar ke pemerintah

    Setelah mendapat sorotan tajam dan disentil Wapres JK, bola panas pembangunan gedung DPR dilempar ke pemerintah. Wakil Ketua DPR hanya bisa pasrah jika pemerintah akhirnya menganggap pembangunan gedung baru DPR belum diperlukan saat ini.

  • Jumat, 11 Agustus 2017 20:34:02 Minta apartemen, DPR dinilai hanya habiskan uang rakyat

    Dia membandingkan kinerja anggota legislatif itu dengan KPK. Menurut Ray, DPR saat ini bekerja hanya untuk menghabiskan uang rakyat namun tidak sebanding dengan kinerjanya.

  • Rabu, 21 Juni 2017 12:11:26 DPR dinilai ceroboh tangani polemik hak angket KPK

    Ray Rangkuti menilai rencana pemangkasan anggaran Polri lantaran menolak menghadirkan Miryam S Haryani dalam rapat Pansus hak angket KPK merupakan sebuah kecerobohan. Bahkan dengan mengesahkan hak angket KPK saja itu dinilai Ray sebagai kesalahan DPR lantaran melawan asprirasi masyarakat dalam upaya pemberantasan koru

  • Sabtu, 18 Maret 2017 15:03:00 Perubahan sistem Pemilu hanya dianggap 'gali lubang tutup lubang'

    Pendiri Lingkar Madani (LIMA), Ray Rangkuti merasa sistem Pemilu di Indonesia bakal tetap mengalami ketimpangan. Bila ke depannya ada perubahan, dia merasa hanya untuk menutupi kesalahan saja.

  • Jumat, 17 Maret 2017 16:24:50 Dukungan ke Anies-Sandi dinilai lebih untungkan Keluarga Cendana

    Pengamat Lingkar Madani Ray Rangkutin mengatakan, dukungan dari dua anak Soeharto, Titiek Soeharto dan Tommy Soeharto, tidak akan banyak membantu Anies. Sekalipun ada dukungan yang datang jumlahnya tidak akan signifikan dibandingkan dari partai politik.

  • Jumat, 13 Januari 2017 00:31:00 Ini nasihat buat Anies jika mau skak Ahok & Agus saat debat

    Ini nasihat buat Anies jika mau skak Ahok & Agus saat debat. Anies Baswedan masih harus membumikan program-programnya saat debat nanti jika ingin mengalahkan Agus dan Ahok. Sebab slogan 'Maju kotanya, bahagia warganya' dinilai terlalu mengawang-ngawang.

  • Jumat, 11 November 2016 00:15:00 'Dari segi elektoral, Pilgub DKI tak terlalu pengaruhi Pilpres'

    Menurutnya, secara elektoral Pilgub DKI tak terlalu berpengaruh pada kemenangan Pilpres. Sebab penduduk DKI Jakarta hanya 7 juta jiwa sementara provinsi lainnya hingga puluhan juta.