PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Ridwan Kamil

Foto:

Ridwan Kamil


Nama Lengkap : Ridwan Kamil

Alias : Mochammad Ridwan Kamil

Profesi : Birokrat

Tempat Lahir : Bandung

Tanggal Lahir : Senin, 4 Oktober 1971

Zodiac : Balance


No Relation
BIOGRAFI

Mochammad Ridwan Kamil atau biasa dipanggil Emil ini adalah Walikota Bandung periode 2013-2018. Sebelum menjadi walikota, ia bekerja sebagai arsitek, dosen dan aktif sebagai aktivis sosial di Indonesia.

Ia menyelesaikan pendidikan tingginya di jurusan Arsitektur ITB, prestasi gemilangnya membawanya meraih beasiswa untuk melanjutkan studi dan lulus S2 di University of California Berkeley. Kemudian, ia melanjutkan pekerjaan profesional sebagai arsitek di berbagai firma di Amerika Serikat.

Bersama timnya, ia telah mengerjakan lebih dari 50 proyek arsitektur dan urban design di benua Amerika, Timur tengah dan Asia dan meraih penghargaan lebih dari 20 kali.

Bermodalkan ilmu pendidikan Urban Design, ia diangkat sebagai penasihat arsitektur kota Jakarta, penasehat ekonomi kreatif Taiwan dan penasehat pembangunan kota Surabaya.

Kini Ridwan Kamil aktif menjabat sebagai Prinsipal PT. Urbane Indonesia, Dosen Jurusan Teknik Arsitektur Institut Teknologi Bandung, dan juga sebagai Senior Urban Design Consultant SOM, EDAW (Hong Kong & San Francisco), dan SAA (Singapura).

Last update 18 September 2013
Riset dan analisis oleh  Anugrah Yogi Pranata

PENDIDIKAN
  • Tahun 1990-1995: Sarjana S-1 Teknik Arsitektur Institut Teknologi Bandung
  • Tahun 1999-2001: Master of Urban Design University of California, Berkeley
KARIR
  • Arsitek
  • Dosen ITB
  • Walikota Bandung periode 2013-2018
SOCIAL MEDIA
@ridwankamil
www.ridwankamil.net

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Sabtu, 25 Maret 2017 19:54:00 Pilgub Jabar diprediksi tidak lebih dari empat pasang calon

    Nama-nama itu muncul berdasarkan grafik pemberitaan di media-media mainstream.

  • Jumat, 24 Maret 2017 23:17:28 Dedi Mulyadi: Saya mah apa atuh dibanding Ridwan Kamil, Deddy Mizwar

    Dedi Mulyadi: Saya mah apa atuh dibanding Ridwan Kamil, Deddy Mizwar. Dengan nada bercanda Dedi sudah bersyukur namanya masuk daftar calon gubernur.

  • Jumat, 24 Maret 2017 18:38:24 Partai Golkar baru say hello ke Ridwan Kamil

    Partai Golkar baru say hello ke Ridwan Kamil. Partai Golkar mengaku belum melakukan komunikasi politik dengan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Golkar menyadari tidak bisa seorang diri bertarung di Pilgub Jabar.

  • Sabtu, 25 Maret 2017 06:27:00 Pilgub Jabar, Dedi Mulyadi yang malu-malu & Ridwan Kamil optimistis

    Pilgub Jabar, Dedi Mulyadi yang malu-malu & Ridwan Kamil optimistis. Nama-nama calon kuat gubernur Jabar, merespon dengan cara berbeda. Ada yang malu-malu, ada yang terang-terangan menyatakan kesiapannya bertarung di Pilgub Jabar. Bahkan tak segan mengaku sudah didekati sejumlah partai politik.

  • Kamis, 23 Maret 2017 20:07:52 Gerindra 'tutup pintu' buat Ridwan Kamil di Pilgub Jabar

    Gerindra tutup pintu buat Ridwan Kamil di Pilgub Jabar. Wakil Ketua DPP Gerindra Shodiq Mudjahid mengakui, ada atau tidaknya Emil tidak berpengaruh terhadap situasi ditubuh Gerindra. Karena selama ini Emil tidak memberikan kesan serta pengaruh apapun kepada partai pengusungnya di Pilwalkot.

  • Jumat, 24 Maret 2017 08:01:00 Gerindra merasa dilupakan Emil karena pilih Jokowi daripada Prabowo

    Gerindra merasa dilupakan Emil karena pilih Jokowi daripada Prabowo. Wakil Ketua DPP Gerindra Shodiq Mudjahid mengakui, ada atau tidaknya Emil tidak berpengaruh terhadap situasi di tubuh Gerindra. Karena selama ini Emil tidak memberikan kesan serta pengaruh apapun kepada partai pengusungnya di Pilwalkot.

  • Kamis, 23 Maret 2017 15:26:33 Survei: Elektabilitas Emil tertinggi, Deddy Mizwar terpopuler

    Elektabilitas Emil mencapai 25 persen, mengalahkan nama lain yang berpotensi maju Pilgub Jabar. Sementara untuk tingkat popularitas, Deddy Mizwar menduduki peringkat pertama dengan persentase 97.

  • Kamis, 23 Maret 2017 13:52:28 Masuk bursa Pilpres, Ridwan Kamil bilang 'semua indah pada waktunya'

    Masuk bursa Pilpres, Ridwan Kamil bilang 'semua indah pada waktunya' Saat disinggung terkait mimpi mengikuti Pemilihan Presiden, Emil menampik hal tersebut. Menurutnya rencana untuk mengikuti pilpres masih terlalu jauh. "Belumlah, terlalu jauh. Semua indah pada waktunya," dalihnya.

  • Rabu, 22 Maret 2017 16:02:44 Ahok, Agus Yudhoyono dan Ridwan Kamil masuk bursa Pilpres 2019

    Ahok, Agus Yudhoyono dan Ridwan Kamil masuk bursa Pilpres 2019. Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari‎ mengatakan,‎ beberapa nama baru muncul dalam kandidat calon presiden. Namun, dia mengaku kaget karena nama anak Presiden Indonesia ke enam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) muncul sebagai kandidat.

  • Selasa, 21 Maret 2017 22:48:53 Gerindra ogah dukung Ridwan Kamil di Pilgub Jabar

    Saat Emil diusung Partai NasDem, salah satu kesepakatan ter‎tulis yaitu mendukung Joko Widodo kembali menjadi Presiden tahun 2019. Hal itu dinilai menjadi catatan Partai Gerindra. Sebab bukan tidak mungkin Prabowo akan kembali ikut Pilpres dua tahun mendatang.