PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Ridwan Kamil

Foto:

Ridwan Kamil


Nama Lengkap : Ridwan Kamil

Alias : Mochammad Ridwan Kamil

Profesi : Birokrat

Tempat Lahir : Bandung

Tanggal Lahir : Senin, 4 Oktober 1971

Zodiac : Balance


No Relation
BIOGRAFI

Mochammad Ridwan Kamil atau biasa dipanggil Emil ini adalah Walikota Bandung periode 2013-2018. Sebelum menjadi walikota, ia bekerja sebagai arsitek, dosen dan aktif sebagai aktivis sosial di Indonesia.

Ia menyelesaikan pendidikan tingginya di jurusan Arsitektur ITB, prestasi gemilangnya membawanya meraih beasiswa untuk melanjutkan studi dan lulus S2 di University of California Berkeley. Kemudian, ia melanjutkan pekerjaan profesional sebagai arsitek di berbagai firma di Amerika Serikat.

Bersama timnya, ia telah mengerjakan lebih dari 50 proyek arsitektur dan urban design di benua Amerika, Timur tengah dan Asia dan meraih penghargaan lebih dari 20 kali.

Bermodalkan ilmu pendidikan Urban Design, ia diangkat sebagai penasihat arsitektur kota Jakarta, penasehat ekonomi kreatif Taiwan dan penasehat pembangunan kota Surabaya.

Kini Ridwan Kamil aktif menjabat sebagai Prinsipal PT. Urbane Indonesia, Dosen Jurusan Teknik Arsitektur Institut Teknologi Bandung, dan juga sebagai Senior Urban Design Consultant SOM, EDAW (Hong Kong & San Francisco), dan SAA (Singapura).

Last update 18 September 2013
Riset dan analisis oleh  Anugrah Yogi Pranata

PENDIDIKAN
  • Tahun 1990-1995: Sarjana S-1 Teknik Arsitektur Institut Teknologi Bandung
  • Tahun 1999-2001: Master of Urban Design University of California, Berkeley
KARIR
  • Arsitek
  • Dosen ITB
  • Walikota Bandung periode 2013-2018
SOCIAL MEDIA
@ridwankamil
www.ridwankamil.net

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Minggu, 18 Juni 2017 23:46:00 Saan Mustopa: Ridwan Kamil masih setia dengan NasDem

    Ketua DPW Partai NasDem Jawa Barat Saan Mustopa mengatakan, Ridwan Kamil setelah dideklarasikan sebagai bakal calon gubernur Jawa Barat pada Maret 2017 lalu masih memegang komitmen awal. Saa menyebut Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil masih setia dengan NasDem.

  • Minggu, 18 Juni 2017 22:43:00 NasDem bebaskan Ridwan Kamil cari dukungan ke partai lain

    NasDem bebaskan Ridwan Kamil cari dukungan ke partai lain. Dia mengatakan, dorongan pada Emil sangat penting untuk memperjelas arah koalisi partainya dalam mengusung arsitek lulusan ITB ini. Disadari dia, NasDem sendiri tidak bisa mengusung calonnya sendiri karena hanya memiliki 5 kursi di parlemen.

  • Selasa, 13 Juni 2017 06:36:00 Istikharah Aa Gym dan pasrahnya Ridwan Kamil hadapi Pilgub Jabar

    Sejumlah nama mulai dimunculkan untuk menjadi kandidat calon gubernur Jawa Barat 2018-2023. Ada yang terang-terangan mencari dukungan dan menyatakan siap maju, ada juga yang masih malu-malu meski namanya bersaing di beberapa survei yang telah dirilis.

  • Senin, 12 Juni 2017 17:31:00 Ridwan Kamil sambut baik nama Aa Gym bersaing di survei cagub Jabar

    Nama KH Abdullah Gymnastiar atau yang akrab disapa Aa Gym muncul sebagai salah satu tokoh yang memiliki popularitasi tinggi untuk calon kepala daerah Jawa Barat 2018 mendatang.

  • Senin, 12 Juni 2017 17:44:00 Ridwan Kamil: Kalau kursinya tidak cukup, tidak jadi mencalonkan

    Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, dirinya sedang berikhtiar menuju pencalonan Gubernur Jabar 2018 mendatang. Kang Emil yang saat ini baru mendapat dukungan 5 kursi dari Partai Nasdem, belum mencukupi untuk maju dalam ajang pesta demokrasi warga Jawa Barat tersebut.

  • Jumat, 9 Juni 2017 08:33:00 Elektabilitas tinggi, Ridwan Kamil diserang lawan pakai isu korupsi

    Elektabilitas tinggi, Emil digoyang isu korupsi. Di tengah elektabilitasnya yang tinggi, kabar tak sedap menghampiri arsitek ini. Dia mulai digoyang dengan Kasus dugaan korupsi dana hibah Pemerintah Kota Bandung, yang diberikan kepada Bandung Creative City Forum (BCCF) pada 2012 lalu sebesar Rp 1,3 miliar.

  • Jumat, 9 Juni 2017 23:18:25 Ridwan Kamil: Jangan kaget kalau saya enggak jadi maju Pilgub Jabar

    Ridwan Kamil: Jangan kaget kalau saya enggak jadi maju Pilgub Jabar. Emil tidak menutup kemungkinan gagal bertarung di Pilgub Jabar. Sebab sesuai dengan peraturan dari KPU, jika syarat parpol tidak mencukupi maka otomatis tidak bisa mengusung calon. Kalau gagal, Ridwan Kamil memilih kembali menjadi arsitek.

  • Sabtu, 10 Juni 2017 07:00:00 Gerindra PKS kompak ingin Ridwan Kamil insaf dan bertaubat

    Emil dikabarkan mendapat tekanan sehingga memutuskan menerima pinangan NasDem. Namun saat dikonfirmasi, Emil enggan berkomentar.

  • Kamis, 8 Juni 2017 22:26:00 Emil pastikan Jembatan Layang Antapani aman dilalui kendaraan

    Emil pastikan Jembatan Layang Antapani aman dilalui kendaraan. Pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan, kerusakan yang terjadi di Jembatan Layang Antapani saat ini telah dilakukan perbaikan oleh pihak kontraktor.

  • Kamis, 1 Juni 2017 13:51:34 Ridwan Kamil harap pemerintah pusat kembalikan pelajaran PMP

    Ridwan Kamil harap pemerintah pusat mengembalikan lagi pelajaran PMP. Ridwan Kamil menyampaikan bahwa Pancasila merupakan dasar negara yang sudah final. Sehingga jangan pernah ada lagi hal hal atau ideologi baru yang ingin menggantikan Pancasila.