PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Ridwan Kamil

Foto:

Ridwan Kamil


Nama Lengkap : Ridwan Kamil

Alias : Mochammad Ridwan Kamil

Profesi : Birokrat

Tempat Lahir : Bandung

Tanggal Lahir : Senin, 4 Oktober 1971

Zodiac : Balance


No Relation
BIOGRAFI

Mochammad Ridwan Kamil atau biasa dipanggil Emil ini adalah Walikota Bandung periode 2013-2018. Sebelum menjadi walikota, ia bekerja sebagai arsitek, dosen dan aktif sebagai aktivis sosial di Indonesia.

Ia menyelesaikan pendidikan tingginya di jurusan Arsitektur ITB, prestasi gemilangnya membawanya meraih beasiswa untuk melanjutkan studi dan lulus S2 di University of California Berkeley. Kemudian, ia melanjutkan pekerjaan profesional sebagai arsitek di berbagai firma di Amerika Serikat.

Bersama timnya, ia telah mengerjakan lebih dari 50 proyek arsitektur dan urban design di benua Amerika, Timur tengah dan Asia dan meraih penghargaan lebih dari 20 kali.

Bermodalkan ilmu pendidikan Urban Design, ia diangkat sebagai penasihat arsitektur kota Jakarta, penasehat ekonomi kreatif Taiwan dan penasehat pembangunan kota Surabaya.

Kini Ridwan Kamil aktif menjabat sebagai Prinsipal PT. Urbane Indonesia, Dosen Jurusan Teknik Arsitektur Institut Teknologi Bandung, dan juga sebagai Senior Urban Design Consultant SOM, EDAW (Hong Kong & San Francisco), dan SAA (Singapura).

Last update 18 September 2013
Riset dan analisis oleh  Anugrah Yogi Pranata

PENDIDIKAN
  • Tahun 1990-1995: Sarjana S-1 Teknik Arsitektur Institut Teknologi Bandung
  • Tahun 1999-2001: Master of Urban Design University of California, Berkeley
KARIR
  • Arsitek
  • Dosen ITB
  • Walikota Bandung periode 2013-2018
SOCIAL MEDIA
@ridwankamil
www.ridwankamil.net

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Kamis, 16 November 2017 16:29:00 Dukung Ridwan Kamil dinilai keputusan terbaik Partai Golkar

    Dukung Ridwan Kamil dinilai keputusan terbaik Partai Golkar. Partai Golkar memutuskan mendukung Wali Kota Bandung Ridwan Kamil untuk Pilgub Jabar 2018. Ketua Himpunan Pengusaha Kosgoro (HPK) 1957 Kota Bekasi, Zainul Miftah menyatakan, pihaknya mendukung keputusan DPP Golkar itu.

  • Selasa, 14 November 2017 17:18:24 Sekjen NasDem sebut koalisi Ridwan Kamil sedang diskusi bahas Cawagub

    Sekjen NasDem sebut koalisi Ridwan Kamil sedang diskusi bahas Cawagub. Golkar mengajukan Daniel Mutaqien untuk mendampingi Emil. Sementara PPP usulkan Uu Ruzhanul Ulum, dan PKB ingin Syaiful Huda dampingi wali kota Bandung itu.

  • Selasa, 14 November 2017 17:05:32 PKB yakin koalisi Ridwan Kamil tak pecah karena berebut kursi cawagub

    PKB yakin koalisi Ridwan Kamil tak pecah karena berebut kursi cawagub. Salah satu cara menyelesaikan 'benang kusut' perebutan cawagub Emil adalah dengan musyawarah. Musyawarah antar partai pendukung Emil bisa menyatukan koalisi.

  • Jumat, 10 November 2017 15:28:04 Golkar segera proses pembuatan kartu tanda anggota untuk Ridwan Kamil

    Golkar segera proses pembuatan kartu tanda anggota untuk Ridwan Kamil. Golkar sudah mempertimbangkan secara matang sebelum menerima keinginan Ridwan Kamil menjadi kader.

  • Jumat, 10 November 2017 03:55:00 Daniel Mutaqien dinilai bisa jadi kartu mati Ridwan Kamil

    Surat Keputusan (SK) rekomendasi pasangan cagub-cawagub Partai Golkar di Pilgub Jabar 2018 resmi dikeluarkan per hari ini. Pasangan tersebut yakni Ridwan Kamil dan Daniel Mutaqien Syafiuddin.

  • Kamis, 9 November 2017 17:14:47 Setnov perintahkan kader Golkar kompak menangkan Emil-Daniel di Pilgub Jabar

    Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto resmi menyerahkan surat keputusan rekomendasi penetapan pencalonan Ridwan Kamil-Daniel Mutaqien sebagai bakal calon Gubernur dan wakil Gubernur Provinsi Jawa Barat. Dalam sambutannya, Setnov memerintahkan kader memenangkan duet Emil-Daniel di Pilgub Jawa Barat 2018.

  • Kamis, 9 November 2017 14:47:48 Setya Novanto serahkan SK Golkar pada Ridwan Kamil dan Daniel Mutaqien

    Setya Novanto serahkan SK Golkar pada Ridwan Kamil dan Daniel Mutaqien. Partai Golkar resmi memberikan surat keputusan (SK) dan rekomendasi Ridwan Kamil dan Daniel Mutaqien sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat hari ini. SK Penetapan langsung diserahkan oleh Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto.

  • Kamis, 9 November 2017 16:49:26 Sekjen Golkar yakin PKB, PPP dan NasDem setuju pasangan Emil-Daniel

    Sekjen Golkar yakin PKB, PPP dan NasDem setuju pasangan Emil-Daniel. Pemilihan pasangan Emil-Daniel, kata Idrus, juga telah melalui proses panjang. Idrus menjelaskan, salah satu pertimbangannya adalah geopolitik. Latar belakang Daniel yang berasal dari kawasan Pantura diyakini bisa meraup suara yang besar.

  • Kamis, 9 November 2017 10:04:28 Golkar serahkan SK dukungan Emil-Daniel di Jakarta, kader Jabar geram

    Golkar serahkan SK dukungan Emil-Daniel di Jakarta, kader Jabar geram. DPP Partai Golkar dikabarkan akan menyerahkan Surat Rekomendasi pencalonan Ridwan Kamil – Daniel Mutaqien untuk maju dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat di Kantor DPP Partai Golkar di Jakarta pada Kamis (9/11), Pukul 13.00 WIB.

  • Rabu, 8 November 2017 19:24:00 PPP minta Emil koordinasi dengan partai pengusung bahas bacawagub

    PPP minta Emil koordinasi dengan partai pengusung bahas bacawagub. Menurutnya tiga partai pengusung Ridwan Kamil atau disapa Emil mulai dari PKB, NasDem, PPP kecuali Golkar sudah mempunyai kesepakatan. Bahwa calon wakil harus dipilih berdasarkan pilihan Emil itu juga harus memiliki hasil survei yang tinggi.