PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Rosan Roeslani

Foto:

Rosan Roeslani


Nama Lengkap : Rosan Roeslani

Alias : No Alias

Profesi : Pengusaha

Agama : Islam


No Relation
BIOGRAFI

Bicara soal bisnis tak bisa lepas dari sosok Rosan Perkasa Roeslani, presiden direktur dan direktur dari PT. Berau Coal Energy Tbk. Tak ada niat untuk menekuni bidang ini, dia sendiri menyebutnya sebagai kecelakaan. Sepulang menimba ilmu di Amerika dan memperoleh gelar Sarjana di bidang Administrasi Bisnis, Rosan melamar pekerjaan di perbankan pada 1993. Lalu dia melanjutkan studinya ke Belgia dan mencapai gelar Master di bidang Administrasi Bisnis (MBA) dan kembali ke Jakarta pada 1996.

Di sana dia bersama teman-temannya yang juga bergerak di bidang finance,mendirikan usaha di Jakarta. Rosan mendirikan PT Republik Indonesia Funding atau sering disingkat Finance Indonesia. Mulanya banyak mencibir usahanya, namun mereka tetap berusaha meyakinkan akan membuat financial restructure. Apalagi pada pertengahan 1997, boleh dibilang hampir semua perusahaan di Indonesia butuh restrukturisasi.

Apalagi tahun itu merupakan tahun terburuk yang pernah ada dalam ekonomi Indonesia, dan turut menjalar ke krisis politik dan sosial. Recapital Advisors telah berkembang dari sebuah perusahaan penasehat keuangan kecil menjadi perusahaan besar, terkemuka, dan kompeten dalam hal kerja sama strategis, manajemen aset keuangan dan investor. Prestasi tersebut dicapai dalam waktu kurang dari 13 tahun.

Akhirnya perusahaan tersebut mulai berjalan. Pada 2002 baru berubah nama dari PT Republik Indonesia Funding menjadi Recapital. Dalam tiga tahun terakhir, Recapital Advisors sudah mulai menginjakkan kaki di regional maupun global. Distribusi air Aetra, sekarang menjadi mitra terpercaya pemerintah kota di Vietnam, setelah usaha yang sukses di Jakarta dan Tangerang.

Pendiri perusahaan, Rosan Roeslani, Sandiaga Uno, dan Elvin Ramli percaya bahwa pertumbuhan bisnis yang kuat dan berkelanjutan hanya terjadi jika perusahaan memiliki struktur keuangan yang solid, strategi pembangunan nilai tambah, manajemen organisasi, dan komitmen terhadap tata kelola perusahaan yang baik adalah beberapa kunci sukses di masa depan.

Rosan Roeslani memiliki keahlian dalam menganalisis dan mengembangkan investasi dan diversifikasi portofolio. Dia juga mempunyai ketrampilan dalam restrukturisasi keuangan dan proses merger dan akuisisi. Rosan memiliki jam terbang tinggi dalam analisis mata uang asing. Saat ini, Rosan adalah Komisaris untuk beberapa perusahaan. Antara lain, PT Visi Media Asia Tbk., Saratoga Investama Sedaya, dan Mahaka Media tbk Non-executive Director di Bumi Plc. Founder dan Chairman Amanah Recapital Foundation ini juga menjabat Chairman serta Dewan Pengawas Yayasan Losari.

Sampai sekarang dia bercita-cita ingin memiliki karyawan sampai dengan dua juta orang. Bagi dia cita-cita tersebut bukanlah sepele sebab banyak perusahaan yang Rosan tangani. Karena banyak perusahaan tentu memerlukan sumber daya manusia yang banyak. Melenceng sedikit saja, akan berbahaya. Namun, dengan itu dia bisa membantu banyak orang dengan menyediakan lapangan pekerjaan.

Riset dan analisis oleh Vizcardine Audinovic

KARIR
  • Komisaris PT Visi Media Asia Tbk
  • Komisaris Saratoga Investama Sedaya
  • Komisaris Mahaka Media tbk
  • Non-executive Director di Bumi Plc.
  • Founder dan Chairman Amanah Recapital Foundation Juga Menjabat Chairman
  • Dewan Pengawas Yayasan Losari

 

SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Senin, 6 November 2017 14:05:22 Bos Kadin yakin Pemerintahan Jokowi bisa bawa kemudahan berusaha RI ke peringkat 40

    Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan Roeslani, menyambut baik peningkatan peringkat kemudahan berusaha di Indonesia. Sebab, hal tersebut memberikan satu kepastian bagi pelaku usaha. Rosan mengakui pemerintah secara bertahap terus melakukan perbaikan pada berbagai sektor.

  • Senin, 6 November 2017 14:05:22 Bos Kadin yakin Pemerintahan Jokowi bisa bawa kemudahan berusaha RI ke peringkat 40

    Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan Roeslani, menyambut baik peningkatan peringkat kemudahan berusaha di Indonesia. Sebab, hal tersebut memberikan satu kepastian bagi pelaku usaha. Rosan mengakui pemerintah secara bertahap terus melakukan perbaikan pada berbagai sektor.

  • Jumat, 27 Oktober 2017 09:25:08 Jokowi kumpulkan pengusaha di Istana, ini pembahasan penting 3,5 jam

    "Dari Kadin memang intinya sampaikan ingin berperan serta aktif untuk menciptakan lapangan pekerjaan," ucap Ketua Umum Kadin, Rosan Roeslani.

  • Selasa, 3 Oktober 2017 20:24:14 Bos Kadin minta pemerintah jual aset BUMN ke pengusaha nasional

    Presiden Joko Widodo menghadiri penutupan Rakornas Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Selasa (3/10). Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan P. Roeslani menyampaikan keluhan-keluhan yang dialami oleh para pengusaha.

  • Selasa, 3 Oktober 2017 12:00:48 Kadin gelar rakornas genjot sinergi dengan pemerintah ciptakan lapangan kerja

    Rosan mengungkapkan, saat ini pihaknya tengah mendorong penciptaan lapangan kerja yang seluas-luasnya. Langkah tersebut perlu didukung kebijakan pemerintah yang berpihak pada penciptaan iklim usaha yang kondusif, pertumbuhan ekonomi serta peningkatan daya saing dunia usaha nasional.

  • Jumat, 8 September 2017 07:00:00 5 Serangan pada paket kebijakan ekonomi yang dibanggakan Jokowi

    Presiden Joko Widodo mengklaim paket kebijakan ekonomi telah menaikkan peringkat kemudahan berbisnis dan investasi. Ke-15 paket kebijakan ekonomi, menurutnya, bertujuan memangkas berbagai regulasi dan pita birokrasi yang panjang yang selama ini telah membelenggu ekonomi Indonesia.

  • Selasa, 29 Agustus 2017 07:00:00 Nasib nahas 7-Eleven Indonesia, sudah tutup lalu terlilit utang

    PT Modern International Tbk menutup seluruh gerai convenience store 7-Eleven di Indonesia. Penutupan gerai ini sudah dilakukan sejak 30 Juni 2017. Langkah perusahaan cukup membuat heboh. Sebab, selain menyediakan makanan yang murah, lokasi 7-Eleven biasanya juga sangat strategis dan enak untuk berkumpul.

  • Jumat, 7 April 2017 23:16:00 DPR akan konfirmasi ke Kapolri soal kasus penggelapan saham

    Berdasarkan peraturan BI Nomor 10/15/PBI/2008, Lunardi sebagai pemegang saham lama telah menyetorkan dana segar sebagai tambahan modal BEKS senilai dari Rp 129.638.292.489.

  • Kamis, 1 Desember 2016 09:31:08 Bos Kadin: Dunia usaha butuh stabilitas makro ekonomi & politik

    Kondisi makro ekonomi tetap stabil di tengah sentimen negatif global, yang tercermin pada pertumbuhan ekonomi sebesar 5,02 persen pada kuartal III tahun 2016, inflasi pada Oktober 2016 sebesar 3,31 persen, dan cadangan devisa mencapai USD 115 miliar.

  • Kamis, 1 Desember 2016 11:23:10 Bos Kadin: Donald Trump silakan ke Jokowi belajar Tax Amnesty

    "Amerika mengatakan Presiden (Trump) fokus infrastruktur dan Tax Amnesty. Sama-sama familiar dengan program kita. Kalau begitu, (silakan) bertemu dengan presiden kita (Jokowi)."