PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Said Aqil Siradj

Foto:

Said Aqil Siradj


Nama Lengkap : Said Aqil Siradj

Alias : No Alias

Profesi : Politisi

Agama : Islam

Tempat Lahir : Cirebon

Tanggal Lahir : Jumat, 3 Juli 1953

Zodiac : Cancer

Hobby : Membaca, Ibadah, Silaturrahmi

Warga Negara : Indonesia


Istri : Nur Hayati Abdul Qodir
Anak : Muhammad Said Aqil, Nisrin Said Aqil, Rihab Said Aqil, Aqil Said Aqil
BIOGRAFI

Prof Dr KH Said Aqil Sirodj,Sosok laki laki religius ini biasa dipanggil dengan panggilan Siradj, kelahiran Cirebon 03 Juli 1953 dengan latar belakang Agama yang kuat,dan selalu ingin memperjuangkan Islam di berbagai aspek. Siradj juga mempunyai latar belakang akademis yang luas dalam ilmu Islam. Alumni S3 University of Umm Al-qura dengan jurusan Aqidah / Firasat islam ini lulus pada tahun 1994 yang sebelumnya mengambil S2 di Universitas Umm al-Qura, jurusan Perbandingan Agama, lulus 1987 dan S1 di Universitas King Abdul Aziz, jurusan Ushuluddin dan Dakwah, lulus 1982.Dengan latar belakang ilmu pendidikan Agama yang kuat dijadikan modal Siradj dalam dakwah dan memperjuangkan Islam di era baru ini.

Nahdlatul Ulama ( NU ) adalah Organisasi Muslim besar Indonesia yang paling berpengaruh di dunia Islam dan saat ini di Pimpin oleh Said Aqil Siradj. Terpilihnya Siradj dalam memimpin organisasi Nahdlatul Ulama merupakan buah dari usaha Siradj dan pendukungnya dalam pemilihan Partai besar tersebut. Dalam pemilihan tersebut, Siradj mengalahkan Slamet Effendi Yusuf.294 Suara yang dikumpulkan Siradj,sedangkan Slamet Effendi Yusuf  hanya mendapatkan 201 suara. Berlanjut ke putaran dua akhirnya Siradj sebagai pemenang dengan suara terunggul sebanyak 178 Suara yang tentunya sudah memenuhi tata tertib Mukhtamar yang mengharuskan seorang calon mengumpulkan poin 99 Suara.
  
Nahdlatul Ulama merupakan organisasi dengan basis keanggotaan yang kebanyakan dari pedesaan dan ciri khas tradisional ini yang membedakan Nahdlatul Ulama dengan organisasi lainnya.Point utama organisasi ini adalah penekanan pada pendidikan dan keterlibatan politik berlandaskan prinsip Islam yang mana sesuai dengan visi misi Siradj. Prof Dr KH Said Aqil Siradj menjabat sebagai Ketua Umum PBNU periode 2010 - 2015.
  
Riset dan analisa oleh Eko Setiawan

PENDIDIKAN
  • S1 Universitas King Abdul Aziz, jurusan Ushuluddin dan Dakwah, lulus 1982
  • S2 Universitas Umm al-Qura, jurusan Perbandingan Agama, lulus 1987
  • S3 University of Umm al-Qura, jurusan Aqidah / Filsafat Islam, lulus 1994
KARIR
  • Tim ahli Bahasa Indonesia dalam surat kabar harian Al-Nadwah Mekkah (1991)
  • Dosen di Institut Pendidikan Tinggi Ilmu Alquran (PTIQ) (1995 - 1997)
  • Dosen Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (1995 - sekarang)
  • Wakil Direktur Universitas Islam Malang (Unisma) (1997 - 1999)
  • MKDU Penasehat Fakultas di Universitas Surabaya (Ubaya) (1998 - sekarang)
  • Wakil Ketua dari lima tim penyusun rancangan AD / ART PKB (1998)
  • Komisi Member (1998 - 1999)
  • Dosen Luar Biasa Institut Islam Tribakti Lirboyo Kediri (1999 - sekarang)
  • MPR anggota fraksi yang mewakili NU (1999 - 2004)
  • Penasehat Masyarakat Pariwisata Indonesia (MPI) (2001 - sekarang)
  • Dosen Pascasarjana ST Ibrahim Maqdum Tuban (2003 - sekarang)
  • UNU Dosen Lulusan Universitas NU Solo (2003 - sekarang)
  • Ketua Umum Pengurus Nahdatul Ulama (PBNU) (2010 - 2015)
SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Rabu, 7 Juni 2017 22:00:18 Ketum PBNU khawatir negara ambruk jika isu negatif kuasai medsos

    Dukung MUI, Ketum PBNU khawatir negara ambruk kalau medsos negatif. media sosial seperti pisau bermata dua, bisa untuk kebaikan tapi juga bisa jadi alat fitnah dan permusuhan. Said berharap lahirnya fatwa ini membuat masyarakat lebih bijak menggunakan media sosial dan bisa diarahkan ke hal-hal positif.

  • Selasa, 6 Juni 2017 07:35:40 Said Aqil sebut PBNU dan Bung Karno tak bisa dipisahkan

    Said Aqil sebut PBNU dan Bung Karno tak bisa dipisahkan. PDI Perjuangan menggelar kegiatan buka puasa bersama dan tarawih dilanjutkan peringatan hari lahir Bung Karno. Kegiatan ini dihadiri warga setempat bersama sejumlah kepala daerah dan seluruh pengurus DPP, DPD dan DPC PDIP se-Indonesia di Kota Blitar, Senin (5/6).

  • Rabu, 31 Mei 2017 21:08:19 Ketum PBNU soal Habib Rizieq: Kalau warga negara yang taat, pulang

    Ketum PBNU soal Habib Rizieq: Kalau warga negara yang taat, pulang. Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj enggan mengomentari kasus chat mesum Habib Rizieq Syihab dengan Firza Husein yang keduanya sudah ditetapkan sebagai tersangka. Terlebih, saat ini Rizieq tengah berada di Arab Saudi dan tak mau pulang ke Indonesia.

  • Rabu, 24 Mei 2017 23:04:00 Pemahaman keliru teroris, lakukan bom bunuh diri masuk surga

    Mereka juga harus memahami tentang sebab-sebab turunnya sebuah ayat dan untuk mempelajari itu tidak cukup belajar hanya dalam waktu yang singkat.

  • Rabu, 24 Mei 2017 23:04:00 Pemahaman keliru teroris, lakukan bom bunuh diri masuk surga

    Mereka juga harus memahami tentang sebab-sebab turunnya sebuah ayat dan untuk mempelajari itu tidak cukup belajar hanya dalam waktu yang singkat.

  • Senin, 22 Mei 2017 17:50:23 Teknologi makin berkembang, PBNU jalin kemitraan dengan XL

    Teknologi makin berkembang, PBNU jalin kemitraan dengan XL. PBNU merupakan organisasi besar sehingga memerlukan sarana komunikasi yang efektif. Awalnya, XL akan membantu mewujudkan sarana pusat komando di kantor PBNU. Selanjutnya, XL akan menerbitkan kartu keanggotaan NU yang diberi nama 'XL Nusantara'.

  • Jumat, 12 Mei 2017 23:30:35 PBNU siap bantu pemerintah ubah ideologi pengikut HTI

    PBNU siap bantu pemerintah ubah ideologi HTI. Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menyatakan siap membantu pemerintah membubarkan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). PBNU mengaku siap melakukan langkah persuasif dengan mengubah ideologi anggota HTI.

  • Jumat, 12 Mei 2017 23:30:35 PBNU siap bantu pemerintah ubah ideologi pengikut HTI

    PBNU siap bantu pemerintah ubah ideologi HTI. Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menyatakan siap membantu pemerintah membubarkan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). PBNU mengaku siap melakukan langkah persuasif dengan mengubah ideologi anggota HTI.

  • Jumat, 5 Mei 2017 10:07:45 Ketum PBNU minta gubernur Kalteng bina ideologi Hizbut Tahrir

    Ketum PBNU minta gubernur Kalteng bina ideologi Hizbut Tahrir. Said mengatakan, para pengurus dan kader Nahdlatul Ulama beserta organisasi di bawahnya mengaku siap berada di garda terdepan dalam menjaga keutuhan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

  • Senin, 10 April 2017 20:58:12 Said Aqil sebut Islam Nusantara damai, beda dengan Timur Tengah

    Said Aqil sebut Islam Nusantara damai, beda dengan Timur Tengah. Walaupun banyak isu SARA selama Pilkada DKI Jakarta, namun itu tidak akan berlangsung lama. Sebab setelah pesta demokrasi itu usai, maka pihak-pihak yang bermain dalam isu SARA akan selesai.