PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Sudirman Said

Foto:

Sudirman Said


Nama Lengkap : Sudirman Said

Alias : No Alias

Profesi : Politisi

Agama : Islam

Tempat Lahir : Brebes

Tanggal Lahir : Selasa, 16 April 1963

Zodiac : Aries

Warga Negara : Indonesia


No Relation
BIOGRAFI

Di era pemerintahannya, nampaknya Presiden Joko Widodo benar-benar menginginkan pemerintahan bersih yang didukung dengan jajaran menteri di Kabinet Kerja yang bersih dari catatan korupsi. Hal ini terlihat dari pemilihan menteri yang begitu selektif hingga menghasilkan Sudirman Said sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia.

Menteri yang menjabat di Kabinet Kerja sejak 27 Oktober 2014 ini selain dikenal sebagai pejabat tinggi di jajaran industri minyak dan gas serta direktur utama perusahaan senjata nasional, juga aktif sebagai tokoh antikorupsi.

Lahir di Brebes, Jawa Tengah pada 16 April 1963, Sudirman Said mengawali karirnya dengan menjadi lulusan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) di tahun 1990. Kemudian beliau melanjutkan pendidikannya dengan mengambil master di Bidang Administrasi Bisnis dari George Washington University, Washington, DC, Amerika Serikat pada tahun 1994.

Sebelum menjadi Menteri ESDM, sebenarnya Sudirman Said bukanlah orang baru di sektor ESDM. Beliau pernah menjabat sebagai Direktur Keuangan & Admin di PT. Petrokimia Nusantara Interindo tahun 2003-2005. Kemudian melanjutkan karirnya sebagai Staf Ahli Direktur Utama PT Pertamina di tahun 2007-2008. Sebelum diangkat menjadi Menteri ESDM, Sudirman Said tercatat menjadi Direktur Utama di PT. Pindad.

Selain berkarir di pemerintahan, Sudirman Said juga pernah menjabat sebagai Wakil Dirut PT Petrosea Tbk dan juga Group Chief of Human Capital and Corporate Services di PT Indika Energy Tbk. Kedua perusahaan terbuka tersebut bergerak di bidang energi dan pertambangan.

Suara vokal Sudirman Said dalam menolak korupsi diwujudkannya dengan mendirikan dan menjadi ketua Badan Pelaksana Masyarakat Transparansi Indonesia bersama dengan Erry Riana (Mantan Pimpinan KPK), Kuntoro Mangkusubroto (Kepala UKP4), Sri Mulyani (Mantan Menteri Keuangan), dan beberapa tokoh lainnya. Beberapa kasus yang pernah didorong untuk diselesaikan oleh badan ini adalah Transparansi Anggota Kabinet tahun 2001, Korupsi Penyelewengan Dana Pemilu oleh Anggota KPU tahun 2004, serta Penyelesaian Kasus Bibit Chandra (Cicak versus Buaya). Untuk kasus terakhir ini, Sudirman bersama Rhenald Kasali dan Bambang Harimurti mendorong agar dua pimpinan KPK Bibit Samad Rianto dan Chandra M. Hamzah tidak dikriminalisasi.

Selain mendirikan organisasi tersebut, Sudirman Said juga membentuk Indonesia Institute for Corporate Governance (IICG) pada 2 Juni 2000 untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih
dan sehat.

Riset dan analisa: Febrianti Diah Kusumaningrum

PENDIDIKAN
  • Sarjana Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (1990)
  • Master Bidang Administrasi Bisnis dari George Washington University, Washington, DC, Amerika Serikat (1994)
KARIR
  • Aktivis Anti Korupsi (Pendiri dan Ketua Badan Pelaksana Masyarakat Transparansi Indonesia)
  • Penanggung Jawab Sementara Rektor Universitasi Paramadina
  • Deputi Kepala Badan Pelaksana Rekontruksi dan Rehabilitasi (BRR) Aceh-Nias
  • Staf Ahli Direktur Utama PT Pertamina (Persero)
  • Direktur Human Capital PT Petrosea Tbk
  • Group Chief of Human Capital and Corporate Services PT Indika Energy Tbk
  • Wakil Direktur Utama PT Petrosea
  • Executive Director APEC CEO Summit 2013
  • Direktur Utama PT Pindad
  • Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)
SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Kamis, 16 November 2017 16:12:50 Sudirman Said pimpin Serikat Kedaulatan Bangsa

    Organisasi yang dipelopori para ilmuwan ini didirikan guna menyikapi situasi penyelenggaraan negara akhir-akhir ini, dan menyongsong satu abad kemerdekaan bangsa Indonesia.

  • Selasa, 7 November 2017 19:35:22 PAN Cilacap siap kerja keras menangkan Sudirman di Pilgub Jateng

    Jateng butuh seorang yang bisa jadi manajer untuk menghela laju pembangunan agar tidak makin tertinggal dengan daerah sekitarnya. Dengan pengalamannya menduduki berbagai posisi penting, baik di swasta, BUMN, maupun pemerintahan, Sudirman dianggap tepat menduduki kursi Jateng 1.

  • Jumat, 3 November 2017 08:03:00 Bola panas reklamasi mengarah ke Jokowi

    Bola panas reklamasi mengarah ke Presiden Joko Widodo. Sebab, sebulan sebelum dilantik menjadi Presiden, Joko Widodo yang kala itu masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta mengeluarkan Pergub tentang pedoman teknis membangun dan pelayanan perizinan prasarana reklamasi kawasan strategis pantai utara Jakarta.

  • Kamis, 2 November 2017 14:25:02 Sudirman Said sebut Jokowi pernah keluarkan pergub reklamasi

    Sudirman Said menyebutkan, saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Jokowi pernah mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) terkait reklamasi. Bahkan, kata Sudirman Said, istilah pulau dalam proyek reklamasi lahir dari Pergub yang dikeluarkan Jokowi. Padahal penyebutan pulau untuk reklamasi sebelumnya tak pernah ada.

  • Kamis, 2 November 2017 15:07:23 Ini Pergub reklamasi yang dikeluarkan Jokowi sebulan sebelum jadi Presiden

    Pergub DKI Jakarta Nomor 146 tahun 2014 tentang pedoman teknis membangun dan pelayanan perizinan prasarana reklamasi kawasan strategis pantai utara Jakarta. Pergub ini dikeluarkan sebulan sebelum Jokowi dilantik menjadi Presiden Indonesia.

  • Kamis, 2 November 2017 11:59:14 Sudirman Said sebut saran JK soal reklamasi sepemikiran dengan Anies-Sandi

    Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) menyarankan proyek reklamasi teluk Jakarta yang sudah terlanjur dibangun untuk tetap dilanjutkan. Mantan Ketua Tim Sinkronisasi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, Sudirman Said mengatakan ucapan JK sudah sesuai dengan pemikiran Anies-Sandi.

  • Sabtu, 28 Oktober 2017 15:44:13 Munas Kedaulatan Bangsa Indonesia: Hidupkan kembali tradisi berpikir jangka panjang

    Munas memutuskan membentuk sebuah forum bersama, yang akan menjadi alat untuk menjalankan misi sebagaimana yang tertuang dalam rekomendasi Munas.

  • Jumat, 27 Oktober 2017 10:24:08 Pilgub Jateng, PAN pertimbangkan Sudirman Said dan Ganjar Pranowo

    Pilgub Jateng, PAN pertimbangkan Sudirman Said dan Ganjar Pranowo. Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional (DPP PAN) Zulkifli Hasan, menegaskan, hingga saat ini partainya belum menentukan sikap dalam Pilkada Jawa Tengah. Partainya masih akan melakukan survei untuk menentukan calon yang akan didukung.

  • Kamis, 26 Oktober 2017 19:05:50 Wapres: Perlu kerja keras untuk capai keadilan sosial

    Sementara itu dalam laporannya Ketua Institut Harkat Negeri (IHN), Sudirman Said, sebagai penyelenggara Munas Kedaulatan Bangsa menyampaikan perlunya membangun kesadaran kolektif, bahwa meskipun demokrasi kita mengharuskan adanya kalender Pemilu, Pilkada.

  • Rabu, 25 Oktober 2017 16:01:49 Menjaga kedaulatan perlu sikap kenegarawanan

    Menjaga kedaulatan bangsa memerlukan sikap kenegarawanan. Para pendiri bangsa sudah mencontohkan bagaimana sikap kenegarawanan bukan saja mampu merebut kedaulatan, tetapi juga menjaga dan memperkuatnya.