PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Sudirman Said

Foto:

Sudirman Said


Nama Lengkap : Sudirman Said

Alias : No Alias

Profesi : Politisi

Agama : Islam

Tempat Lahir : Brebes

Tanggal Lahir : Selasa, 16 April 1963

Zodiac : Aries

Warga Negara : Indonesia


No Relation
BIOGRAFI

Di era pemerintahannya, nampaknya Presiden Joko Widodo benar-benar menginginkan pemerintahan bersih yang didukung dengan jajaran menteri di Kabinet Kerja yang bersih dari catatan korupsi. Hal ini terlihat dari pemilihan menteri yang begitu selektif hingga menghasilkan Sudirman Said sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia.

Menteri yang menjabat di Kabinet Kerja sejak 27 Oktober 2014 ini selain dikenal sebagai pejabat tinggi di jajaran industri minyak dan gas serta direktur utama perusahaan senjata nasional, juga aktif sebagai tokoh antikorupsi.

Lahir di Brebes, Jawa Tengah pada 16 April 1963, Sudirman Said mengawali karirnya dengan menjadi lulusan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) di tahun 1990. Kemudian beliau melanjutkan pendidikannya dengan mengambil master di Bidang Administrasi Bisnis dari George Washington University, Washington, DC, Amerika Serikat pada tahun 1994.

Sebelum menjadi Menteri ESDM, sebenarnya Sudirman Said bukanlah orang baru di sektor ESDM. Beliau pernah menjabat sebagai Direktur Keuangan & Admin di PT. Petrokimia Nusantara Interindo tahun 2003-2005. Kemudian melanjutkan karirnya sebagai Staf Ahli Direktur Utama PT Pertamina di tahun 2007-2008. Sebelum diangkat menjadi Menteri ESDM, Sudirman Said tercatat menjadi Direktur Utama di PT. Pindad.

Selain berkarir di pemerintahan, Sudirman Said juga pernah menjabat sebagai Wakil Dirut PT Petrosea Tbk dan juga Group Chief of Human Capital and Corporate Services di PT Indika Energy Tbk. Kedua perusahaan terbuka tersebut bergerak di bidang energi dan pertambangan.

Suara vokal Sudirman Said dalam menolak korupsi diwujudkannya dengan mendirikan dan menjadi ketua Badan Pelaksana Masyarakat Transparansi Indonesia bersama dengan Erry Riana (Mantan Pimpinan KPK), Kuntoro Mangkusubroto (Kepala UKP4), Sri Mulyani (Mantan Menteri Keuangan), dan beberapa tokoh lainnya. Beberapa kasus yang pernah didorong untuk diselesaikan oleh badan ini adalah Transparansi Anggota Kabinet tahun 2001, Korupsi Penyelewengan Dana Pemilu oleh Anggota KPU tahun 2004, serta Penyelesaian Kasus Bibit Chandra (Cicak versus Buaya). Untuk kasus terakhir ini, Sudirman bersama Rhenald Kasali dan Bambang Harimurti mendorong agar dua pimpinan KPK Bibit Samad Rianto dan Chandra M. Hamzah tidak dikriminalisasi.

Selain mendirikan organisasi tersebut, Sudirman Said juga membentuk Indonesia Institute for Corporate Governance (IICG) pada 2 Juni 2000 untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih
dan sehat.

Riset dan analisa: Febrianti Diah Kusumaningrum

PENDIDIKAN
  • Sarjana Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (1990)
  • Master Bidang Administrasi Bisnis dari George Washington University, Washington, DC, Amerika Serikat (1994)
KARIR
  • Aktivis Anti Korupsi (Pendiri dan Ketua Badan Pelaksana Masyarakat Transparansi Indonesia)
  • Penanggung Jawab Sementara Rektor Universitasi Paramadina
  • Deputi Kepala Badan Pelaksana Rekontruksi dan Rehabilitasi (BRR) Aceh-Nias
  • Staf Ahli Direktur Utama PT Pertamina (Persero)
  • Direktur Human Capital PT Petrosea Tbk
  • Group Chief of Human Capital and Corporate Services PT Indika Energy Tbk
  • Wakil Direktur Utama PT Petrosea
  • Executive Director APEC CEO Summit 2013
  • Direktur Utama PT Pindad
  • Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)
SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Jumat, 15 September 2017 13:55:43 Sudirman Said: Harkat demokrasi Indonesia harus dikembalikan

    Sudirman Said: Harkat demokrasi Indonesia harus dikembalikan. Bakal calon Gubernur Jawa Tengah Sudirman Said menilai, sudah saatnya mengembalikan harkat demokrasi untuk memajukan kesejahteraan umum dan kesejahteraan bangsa. Salah satu caranya dengan membudayakan sistem meritokrasi.

  • Rabu, 13 September 2017 17:39:34 Kunjungi Lapas Brebes, Sudirman Said sindir pejabat menghindar proses hukum

    Kunjungi Lapas Brebes, Sudirman Said sindir pejabat menghindar proses hukum. Sudirman Said usai kepulangannya menunaikan ibadah haji, langsung melakukan safari politik sosialisasi pencalonan dirinya sebagai bakal Calon Gubernur (Cagub) di kampung halamannya di Brebes, Jawa Tengah, Rabu (13/9).

  • Rabu, 30 Agustus 2017 20:46:31 Tertarik usung Marwan Jafar-Sudirman Said, Cak Imin bikin duet 'Makadim'

    Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar yang akrab disapa Cak Imin tertarik dengan sosok pengurus DPP PKB Marwan Jafar dan mantan Menteri ESDM Sudirman Said di Pilgub Jateng. Bahkan dia berwacana untuk menduetkan keduanya.

  • Selasa, 29 Agustus 2017 18:28:41 Cagub Jateng dari Gerindra sudah mengerucut tiga nama, ada Sudirman Said

    Cagub Jateng dari Gerindra sudah mengerucut tiga nama, ada Sudirman Said. DPW Partai Gerindra Jawa Tengah telah mengerucutkan nama bakal calon gubernur untuk Pilgub Jateng 2018. Gerindra saat ini tengah menimang tiga nama yang akan diusung. Mereka adalah Ferry Juliantono, Abdul Wachid dan Sudirman Said.

  • Kamis, 24 Agustus 2017 23:11:00 Sudirman Said miris kondisi petani di Jawa Tengah masih terbelakang

    Mantan Menteri ESDM Sudirman Said menilai jika kondisi petani di Jawa Tengah selama dipimpin Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo masih dalam kondisi terbelakang.

  • Jumat, 25 Agustus 2017 06:19:00 Tebar pesona Sudirman Said di tanah Jawa Tengah

    Tebar pesona Sudirman Said di tanah Jawa Tengah. Tebar pesona pun dilakukannya dengan berkeliling di beberapa Pondok Pesantren (Ponpes) di Jateng.

  • Kamis, 24 Agustus 2017 06:05:00 Sederet tokoh nasional berambisi jadi 'raja kecil' di daerah

    Sederet tokoh nasional berambisi jadi 'raja kecil' di daerah. Pilkada serentak 2018 sudah di depan mata. Sejumlah bakal calon penguasa daerah sudah mengungkapkan niatnya menjadi 'raja kecil' baik di tingkat provinsi, kabupaten atau kota.

  • Senin, 21 Agustus 2017 11:52:32 Ini alasan Sudirman Said nekat maju Pilgub Jateng 2018

    Sudirman mengaku ada beberapa hal yang mendorong dirinya untuk maju dalam pilgub hingga ingin menjadi orang nomor satu di Jawa Tengah. Salah satunya adalah mengembalikan Jateng sebagai tulang punggung Indonesia seperti pada masa lalu.

  • Senin, 21 Agustus 2017 05:00:00 Sudirman Said ngaku didukung Gerindra, PKS dan PAN di Pilgub Jateng

    "Tiga partai yang bicaranya makin mengerucut artinya berkaitan dengan (Pilgub) Jawa Tengah yang sering saya sebut, PAN anda dengar sering menyebut-nyebut itu. Kemudian juga PKS dan juga Gerindra," kata Sudirman

  • Senin, 21 Agustus 2017 14:05:11 Sudirman Said: Mahasiswa harus melek, dorong orang baik masuk politik

    Sudirman Said: Mahasiswa harus melek, dorong orang baik masuk politik. Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said mengajak para mahasiswa untuk melek politik. Dia meminta para mahasiswa untuk terus mencermati dan mendorong kehidupan politik di Tanah Air.