PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Susi Pudjiastuti

Foto:

Susi Pudjiastuti


Nama Lengkap : Susi Pudjiastuti

Alias : No Alias

Profesi : Birokrat

Tempat Lahir : Pangandaran

Tanggal Lahir : Jumat, 15 Januari 1965

Zodiac : Capricorn

Warga Negara : Indonesian


Suami : Christian von Strombeck
Anak : Panji Hilmansyah, Nadine Kaiser, Alvy Xavier
BIOGRAFI

Susi Pudjiastuti adalah Menteri Kelautan dan Perikanan ke-6 Republik Indonesia. Sebelumnya ia dikenal sebagai pengusaha. Ia merupakan pemilik PT ASI Pudjiastuti Marine Product, eksportir produk-produk hasil-hasil perikanan dan PT ASI Pudjiastuti Aviation yang mengoperasikan maskapai penerbangan Susi Air.

Perempuan kelahiran Pangandaran ini merupakan putera Haji Ahmad Karlan dan Hajjah Suwuh Lasminah. Kedua orangtuanya dikenal sebagai pengusaha ternak di Jawa Tengah.

Setelah mengenyam pendidikan hingga tingkat SMP, Susi melanjutkan pendidikannya ke SMA Negeri 1 Yogyakarta. Dia memutuskan berhenti dari bangku kelas 2 di SMAN I Yogyakarta setelah dikeluarkan oleh sekolah karena aktif dalam gerakan golput pada masa itu. Pada tahun 1980-an atau era Orde Baru, gerakan golput adalah hal yang terlarang.

Setelah tidak bersekolah lagi, Susi memulai profesi sebagai pengepul ikan di Pangandaran pada tahun 1983. Pada tahun 1996 dia mendirikan pabrik pengolahan ikan PT ASI Pudjiastuti Marine Product dengan produk unggulan berupa lobster dengan merek 'Susi Brand'.

Pada tahun 2004 ia mendirikan Susi Air. Susi Air awalnya didirikan untuk mengantarkan muatan perikanan PT ASI Pudjiastuti. Kini Susi Air beroperasi dari 5 pangkalan, yaitu Medan (Sumatera Utara), Kendari (Jakarta), Jawa Tengah (Cilacap), Jawa Barat (Pangandaran dan Bandung), Balikpapan (Kalimantan Timur) dan Jayapura (Papua).

Susi menikah dua kali. Suami terakhirnya adalah Christian von Strombeck, seorang ekspatriat yang pernah bekerja di IPTN (Industri Pesawat Terbang Nusantara). Saat ini susi adalah ibu tunggal dengan 3 orang anak dan 1 orang cucu.

Susi Pudjiastuti diangkat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan dalam Kabinet Kerja Joko Widodo-Jusuf Kalla pada 26 Oktober 2014. Susi lantas melepaskan semua posisi di perusahaan untuk lebih fokus di tugas barunya dan menghindari konflik kepentingan antara fungsi regulator dan pelaku bisnis.

Penunjukan Susi sebagai menteri sempat menjadi sorotan publik. Hal itu dikarenakan gaya Susi yang eksentrik dan fakta bahwa ia tak mengenyam pendidikan di bangku kuliah.

Belakangan Susi menjadi sorotan karena mengeluarkan serangkaian kebijakan yang dinilai berani. Salah satunya adalah menenggelamkan kapal asing yang memasuki perairan Indonesia secara ilegal.

Riset dan analisa oleh : Tantri Setyorini

PENDIDIKAN
  • SMA Negeri 1 Yogyakarta
KARIR
  • Menteri Kelautan dan Perikanan Kabinet Kerja 2014-2019
  • Pendiri PT ASI Pudjiastuti Aviation
  • Pendiri PT ASI Pudjiastuti Marine Product
PENGHARGAAN
  • Pelopor Wisata - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Barat - 2004
  • Young Entrepreneur of the Year - Ernst and Young Indonesia - 2005
  • Primaniyarta Award for Best Small & Medium Enterprise Exporter 2005 - Presiden Republik Indonesia - 2006
  • Metro TV Award for Economics - 2006
  • Inspiring Woman 2005 dan Eagle Award 2006 - Metro TV
  • Berprestasi Award - PT Exelcomindo
  • Sofyan Ilyas Award - Kementerian Kelautan dan Perikanan - 2009
  • Ganesha Widyajasa Aditama Award - ITB - 2011
  • Award for Innovative Achievements, Extraordinary Leadership and Significant Contributions to the Economy - APEC - 2011
  • Tokoh Wanita Inspiratif Penggerak Pembangunan - Gubernur Jawa Barat - 2008
SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Selasa, 21 November 2017 06:00:00 Pujian Jokowi untuk Menteri Susi di saat jumlah nelayan RI terus merosot

    "Untung kita punya Menteri Susi yang tenggelamin kapal itu. Kalau dibiarkan terus-menerus habis, yang kena siapa, nelayan kita," kata Presiden Jokowi.

  • Jumat, 3 November 2017 20:05:42 Survei CSIS: Generasi milenial ingin figur baru di Pilpres seperti Emil, Susi & Ahok

    Survei ini dilakukan sejak tanggal 23 sampai dengan 30 Agustus 2017 dengan mengambil suara melalui 600 responden yang berusia 17-29 tahun. Margin of erorr sebesar lebih kurang 4 persen. Responden penelitian juga dipilih secara acak (multistage random sampling) dari 34 provinsi Indonesia.

  • Rabu, 25 Oktober 2017 10:20:47 Menteri Susi dan Netty Heryawan tak hadiri curah gagasan PDIP Jabar

    Ajang adu gagasan yang digelar PDIP untuk melihat calon gubernur Jawa Barat 2018 potensial dihadiri tujuh figur. Adapun dua lainnya yang sebelumnya disebut bakal hadir seperti Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, dan Netty Heryawan tidak terlihat.

  • Rabu, 25 Oktober 2017 06:00:00 5 Fakta ekonomi RI membaik di 3 tahun Jokowi-JK

    Polmark Indonesia merilis hasil surveinya tentang 'Tiga Tahun Jokowi-JK dan Calon Penantang Jokowi 2019'. Hasilnya, mayoritas publik merasa puas dengan kinerja Jokowi-JK selama tiga tahun terakhir. Publik yang merasa puas sebesar 57,6 persen.

  • Minggu, 22 Oktober 2017 18:30:00 Menteri Susi: PDB sektor perikanan RI tertinggi se-Asia Tenggara

    Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti menegaskan, selama tiga tahun kepemimpinannya neraca perdagangan perikanan Indonesia melonjak. Bahkan, saat ini tercatat sebagai yang tertinggi di Asia Tenggara.

  • Minggu, 22 Oktober 2017 15:30:00 Aturan Menteri Susi diklaim tak pengaruhi ekspor ikan kerapu

    Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyatakan berbagai regulasi yang telah dikeluarkan tidak berdampak buruk terhadap ekspor sejumlah komoditas perikanan seperti ikan kerapu. Slamet menilai, awal pemberlakuan Permen KP memang ada pengaruh terhadap usaha budidaya di beberapa lokasi.

  • Jumat, 20 Oktober 2017 13:06:09 Nahkoda kapal asal Thailand ditetapkan sebagai terdakwa kasus Silver Sea 2

    Majelis Hakim Pengadilan Negeri Sabang telah menetapkan Warga Negara Thailand atas nama Yotin Kuarabiab sebagai terdakwa kasus Silver Sea 2. Terdakwa dijatuhi pidana denda Rp 250 juta subsider 6 bulan kurungan, dokumen-dokumen, kapal ikan Silver Sea 2 dan ikan campuran sebanyak 1.930 MT yang sudah dilelang.

  • Jumat, 20 Oktober 2017 14:10:57 Menteri Susi akan buat museum kapal pencuri ikan Indonesia

    Selama 3 tahun menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti sudah menenggelamkan sebanyak 317 kapal asing yang kedapatan mencuri ikan di perairan Indonesia. Saat ini, masih ada setidaknya 90 kapal yang tengah dipersiapkan untuk ditenggelamkan.

  • Jumat, 20 Oktober 2017 12:58:42 Susi tegaskan tetap jadi menteri, tak berniat maju Pilgub Jabar

    Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti diundang Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri untuk makan bersama. Desas-desus beredar jika Susi dilirik untuk dicalonkan dalam pemilihan gubernur Jawa Barat.

  • Rabu, 18 Oktober 2017 13:40:39 Ini prestasi sektor kelautan dan perikanan selama 3 tahun Pemerintahan Jokowi-JK

    Pencapaian pertama adalah menjaga sumber daya lobster, kepiting, dan rajungan bertelur untuk generasi mendatang. Pencapaian kedua ialah pemerintah berhasil melakukan konservasi spesies hiu koboi dan martil. Pihaknya juga menerapkan penggunaan alat penangkap ikan yang ramah lingkungan.