PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Susi Pudjiastuti

Foto:

Susi Pudjiastuti


Nama Lengkap : Susi Pudjiastuti

Alias : No Alias

Profesi : Birokrat

Tempat Lahir : Pangandaran

Tanggal Lahir : Jumat, 15 Januari 1965

Zodiac : Capricorn

Warga Negara : Indonesian


Suami : Christian von Strombeck
Anak : Panji Hilmansyah, Nadine Kaiser, Alvy Xavier
BIOGRAFI

Susi Pudjiastuti adalah Menteri Kelautan dan Perikanan ke-6 Republik Indonesia. Sebelumnya ia dikenal sebagai pengusaha. Ia merupakan pemilik PT ASI Pudjiastuti Marine Product, eksportir produk-produk hasil-hasil perikanan dan PT ASI Pudjiastuti Aviation yang mengoperasikan maskapai penerbangan Susi Air.

Perempuan kelahiran Pangandaran ini merupakan putera Haji Ahmad Karlan dan Hajjah Suwuh Lasminah. Kedua orangtuanya dikenal sebagai pengusaha ternak di Jawa Tengah.

Setelah mengenyam pendidikan hingga tingkat SMP, Susi melanjutkan pendidikannya ke SMA Negeri 1 Yogyakarta. Dia memutuskan berhenti dari bangku kelas 2 di SMAN I Yogyakarta setelah dikeluarkan oleh sekolah karena aktif dalam gerakan golput pada masa itu. Pada tahun 1980-an atau era Orde Baru, gerakan golput adalah hal yang terlarang.

Setelah tidak bersekolah lagi, Susi memulai profesi sebagai pengepul ikan di Pangandaran pada tahun 1983. Pada tahun 1996 dia mendirikan pabrik pengolahan ikan PT ASI Pudjiastuti Marine Product dengan produk unggulan berupa lobster dengan merek 'Susi Brand'.

Pada tahun 2004 ia mendirikan Susi Air. Susi Air awalnya didirikan untuk mengantarkan muatan perikanan PT ASI Pudjiastuti. Kini Susi Air beroperasi dari 5 pangkalan, yaitu Medan (Sumatera Utara), Kendari (Jakarta), Jawa Tengah (Cilacap), Jawa Barat (Pangandaran dan Bandung), Balikpapan (Kalimantan Timur) dan Jayapura (Papua).

Susi menikah dua kali. Suami terakhirnya adalah Christian von Strombeck, seorang ekspatriat yang pernah bekerja di IPTN (Industri Pesawat Terbang Nusantara). Saat ini susi adalah ibu tunggal dengan 3 orang anak dan 1 orang cucu.

Susi Pudjiastuti diangkat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan dalam Kabinet Kerja Joko Widodo-Jusuf Kalla pada 26 Oktober 2014. Susi lantas melepaskan semua posisi di perusahaan untuk lebih fokus di tugas barunya dan menghindari konflik kepentingan antara fungsi regulator dan pelaku bisnis.

Penunjukan Susi sebagai menteri sempat menjadi sorotan publik. Hal itu dikarenakan gaya Susi yang eksentrik dan fakta bahwa ia tak mengenyam pendidikan di bangku kuliah.

Belakangan Susi menjadi sorotan karena mengeluarkan serangkaian kebijakan yang dinilai berani. Salah satunya adalah menenggelamkan kapal asing yang memasuki perairan Indonesia secara ilegal.

Riset dan analisa oleh : Tantri Setyorini

PENDIDIKAN
  • SMA Negeri 1 Yogyakarta
KARIR
  • Menteri Kelautan dan Perikanan Kabinet Kerja 2014-2019
  • Pendiri PT ASI Pudjiastuti Aviation
  • Pendiri PT ASI Pudjiastuti Marine Product
PENGHARGAAN
  • Pelopor Wisata - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Barat - 2004
  • Young Entrepreneur of the Year - Ernst and Young Indonesia - 2005
  • Primaniyarta Award for Best Small & Medium Enterprise Exporter 2005 - Presiden Republik Indonesia - 2006
  • Metro TV Award for Economics - 2006
  • Inspiring Woman 2005 dan Eagle Award 2006 - Metro TV
  • Berprestasi Award - PT Exelcomindo
  • Sofyan Ilyas Award - Kementerian Kelautan dan Perikanan - 2009
  • Ganesha Widyajasa Aditama Award - ITB - 2011
  • Award for Innovative Achievements, Extraordinary Leadership and Significant Contributions to the Economy - APEC - 2011
  • Tokoh Wanita Inspiratif Penggerak Pembangunan - Gubernur Jawa Barat - 2008
SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Selasa, 20 Juni 2017 16:59:19 Tinjau arus mudik, Djarot dan Menhub joget Maumere di Kp Rambutan

    Tinjau arus mudik, Djarot dan Menhub joget Maumere di Kp Rambutan. Saat meninjau panggung ini, Djarot dan Budi Karya diajak Polwan untuk berjoget Maumere. Terlihat pula, sejumlah pemudik ikut berjoget dengan mereka.

  • Senin, 19 Juni 2017 08:00:00 4 Menteri ini cetak sejarah baru di kabinet Jokowi-JK

    Ada beberapa menteri Jokowi-JK yang berhasil mencetak rekor baru. Mereka adalah Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menko PMK Puan Maharan dan Wamen ESDM Arcandra Tahar. Apa saja rekornya?

  • Jumat, 16 Juni 2017 15:27:46 Menteri Susi: Kartel pangan di Indonesia itu luar biasa

    Menteri Susi: Kartel pangan di Indonesia itu luar biasa. Inilah yang membuat harga pangan di Indonesia masih bergejolak. Menurutnya, kasus penyimpangan ketentuan impor garam yang menjerat Direktur Utama PT Garam Achmad Boediono juga ada faktor permainan kartel pangan.

  • Jumat, 16 Juni 2017 13:21:16 Susi: Cetak sejarah, sejak 2014 konsumsi ikan capai rekor tertinggi

    Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan kondisi perikanan di Indonesia di tahun ini masih sangat baik. Menurutnya, dalam dua tahun terakhir terjadi sejarah baru di dunia perikanan Indonesia yaitu peningkatan konsumsi ikan dalam negeri naik signifikan.

  • Jumat, 16 Juni 2017 13:23:43 Susi: Kesuksesan tak akan didapat dalam pemberantasan pencuri ikan

    Susi: Kesuksesan tak akan didapat dalam pemberantasan pencuri ikan. Sebab, besarnya sumber daya perikanan, membuat modus pencurian ikan akan terus berinovasi. Satu hal yang bisa dilakukan negara ialah membagi zona wilayah yang menjadi hak nelayan suatu negara menangkap ikan.

  • Jumat, 16 Juni 2017 06:00:00 4 Fakta di balik para anak buah Jokowi kedapatan tengah tertidur

    4 Fakta di balik para anak buah Jokowi kedapatan tengah tertidur. Wakil ketua DPR Fahri Hamzah meminta semua pihak tidak memandang negatif mengenai foto menteri tertidur di bandara. Dia justru mengapresiasi kinerja para menteri tersebut. Fahri mengapresiasi dedikasi pada menteri yang bekerja tak kenal waktu untuk RI.

  • Kamis, 15 Juni 2017 13:15:39 Blak-blakan Menteri Susi soal foto tidur di bandara AS bikin heboh

    Blak-blakan Menteri Susi soal foto tidur di bandara AS bikin heboh. Menurut Menteri Susi, dirinya kelelahan dengan segala rangkaian acara di Negeri Paman Sam tersebut. Maka dari itu, saat menunggu jadwal penerbangan, Menteri Susi mengaku ketiduran. Saat itu, dirinya harus menunggu berjam-jam sebelum penerbangan.

  • Selasa, 13 Juni 2017 19:33:44 Fahri soal foto menteri tidur: Jangan dipandang negatif, kasihan

    Wakil ketua DPR Fahri Hamzah meminta semua pihak tidak memandang negatif mengenai foto menteri tertidur di bandara. Dia justru mengapresiasi kinerja para menteri tersebut.

  • Selasa, 13 Juni 2017 17:03:36 Menteri Susi ajak dunia tumpas pencuri ikan untuk bangun negara

    Menteri Susi ajak dunia tumpas pencuri ikan untuk bangun negara. Di Indonesia, lanjutnya, Produk Domestik Bruto (PDB) sektor perikanan saat ini adalah 50 persen lebih tinggi daripada PDB nasional. Selain itu, Menteri Susi juga menyatakan komoditas ikan berkontribusi besar terhadap deflasi Indonesia.

  • Senin, 12 Juni 2017 09:21:53 Ini pesan penting Menteri Susi di Konferensi Laut PBB di New York

    "Lautan menutup sekitar 71 persen permukaan bumi. Lautan harus dilindungi untuk menumbuhkan dan menjaga kelestarian kehidupan laut. Ini merupakan tugas kita untuk menjaga hak lautan," kata Menteri Susi.