PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Susi Pudjiastuti

Foto:

Susi Pudjiastuti


Nama Lengkap : Susi Pudjiastuti

Alias : No Alias

Profesi : Birokrat

Tempat Lahir : Pangandaran

Tanggal Lahir : Jumat, 15 Januari 1965

Zodiac : Capricorn

Warga Negara : Indonesian


Suami : Christian von Strombeck
Anak : Panji Hilmansyah, Nadine Kaiser, Alvy Xavier
BIOGRAFI

Susi Pudjiastuti adalah Menteri Kelautan dan Perikanan ke-6 Republik Indonesia. Sebelumnya ia dikenal sebagai pengusaha. Ia merupakan pemilik PT ASI Pudjiastuti Marine Product, eksportir produk-produk hasil-hasil perikanan dan PT ASI Pudjiastuti Aviation yang mengoperasikan maskapai penerbangan Susi Air.

Perempuan kelahiran Pangandaran ini merupakan putera Haji Ahmad Karlan dan Hajjah Suwuh Lasminah. Kedua orangtuanya dikenal sebagai pengusaha ternak di Jawa Tengah.

Setelah mengenyam pendidikan hingga tingkat SMP, Susi melanjutkan pendidikannya ke SMA Negeri 1 Yogyakarta. Dia memutuskan berhenti dari bangku kelas 2 di SMAN I Yogyakarta setelah dikeluarkan oleh sekolah karena aktif dalam gerakan golput pada masa itu. Pada tahun 1980-an atau era Orde Baru, gerakan golput adalah hal yang terlarang.

Setelah tidak bersekolah lagi, Susi memulai profesi sebagai pengepul ikan di Pangandaran pada tahun 1983. Pada tahun 1996 dia mendirikan pabrik pengolahan ikan PT ASI Pudjiastuti Marine Product dengan produk unggulan berupa lobster dengan merek 'Susi Brand'.

Pada tahun 2004 ia mendirikan Susi Air. Susi Air awalnya didirikan untuk mengantarkan muatan perikanan PT ASI Pudjiastuti. Kini Susi Air beroperasi dari 5 pangkalan, yaitu Medan (Sumatera Utara), Kendari (Jakarta), Jawa Tengah (Cilacap), Jawa Barat (Pangandaran dan Bandung), Balikpapan (Kalimantan Timur) dan Jayapura (Papua).

Susi menikah dua kali. Suami terakhirnya adalah Christian von Strombeck, seorang ekspatriat yang pernah bekerja di IPTN (Industri Pesawat Terbang Nusantara). Saat ini susi adalah ibu tunggal dengan 3 orang anak dan 1 orang cucu.

Susi Pudjiastuti diangkat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan dalam Kabinet Kerja Joko Widodo-Jusuf Kalla pada 26 Oktober 2014. Susi lantas melepaskan semua posisi di perusahaan untuk lebih fokus di tugas barunya dan menghindari konflik kepentingan antara fungsi regulator dan pelaku bisnis.

Penunjukan Susi sebagai menteri sempat menjadi sorotan publik. Hal itu dikarenakan gaya Susi yang eksentrik dan fakta bahwa ia tak mengenyam pendidikan di bangku kuliah.

Belakangan Susi menjadi sorotan karena mengeluarkan serangkaian kebijakan yang dinilai berani. Salah satunya adalah menenggelamkan kapal asing yang memasuki perairan Indonesia secara ilegal.

Riset dan analisa oleh : Tantri Setyorini

PENDIDIKAN
  • SMA Negeri 1 Yogyakarta
KARIR
  • Menteri Kelautan dan Perikanan Kabinet Kerja 2014-2019
  • Pendiri PT ASI Pudjiastuti Aviation
  • Pendiri PT ASI Pudjiastuti Marine Product
PENGHARGAAN
  • Pelopor Wisata - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Barat - 2004
  • Young Entrepreneur of the Year - Ernst and Young Indonesia - 2005
  • Primaniyarta Award for Best Small & Medium Enterprise Exporter 2005 - Presiden Republik Indonesia - 2006
  • Metro TV Award for Economics - 2006
  • Inspiring Woman 2005 dan Eagle Award 2006 - Metro TV
  • Berprestasi Award - PT Exelcomindo
  • Sofyan Ilyas Award - Kementerian Kelautan dan Perikanan - 2009
  • Ganesha Widyajasa Aditama Award - ITB - 2011
  • Award for Innovative Achievements, Extraordinary Leadership and Significant Contributions to the Economy - APEC - 2011
  • Tokoh Wanita Inspiratif Penggerak Pembangunan - Gubernur Jawa Barat - 2008
SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Kamis, 23 Maret 2017 14:28:54 Survei IndoBarometer: Nama Menteri Susi muncul sebagai cagub Jabar

    Survei IndoBarometer: Nama Menteri Susi muncul sebagai cagub Jabar. Nama Susi bersaing dengan 13 nama lainnya. Paling tinggi diperoleh Ridwan Kamil paling tinggi dengan perolehan 22 persen, disusul Deddy Mizwar 14,1 persen, Dede Yusuf Macan Efendi 11,8 persen, Dedi Mulyadi 7,3 persen, Rieke Diah Pitaloka 2,4 persen.

  • Selasa, 21 Maret 2017 09:57:41 Menteri Susi berhasil tangkap 17 kapal asing ilegal di perairan RI

    Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Kapal Pengawas (KP) kembali menangkap sebanyak 17 kapal perikanan asing (KIA) ilegal. 17 Kapal tersebut ditangkap di perairan Natuna, Kepulauan Riau dan perairan Sulawesi Utara.

  • Selasa, 14 Maret 2017 13:22:23 Belum optimal, Susi minta pengusaha taati aturan internasional

    Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti meminta para pengusaha memahami dan mengetahui peran perikanan dalam pembangunan nasional. Luas laut Indonesia harus mempunyai kontribusi terhadap ekonomi nasional. Belum optimal tangkapan ikan lantaran masih banyaknya kegiatan ilegal fishing di perairan Indonesia.

  • Senin, 13 Maret 2017 20:50:51 Menteri Susi resmikan museum harta karun bawah laut Indonesia

    Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengatakan, banyaknya temuan barang muatan kapal tenggelam (BMKT) merupakan kekayaan sejarah yang harus dijaga dengan baik. BMKT yang ditemukan merupakan milik bangsa dan identitas Indonesia sebagai negara maritim.

  • Senin, 13 Maret 2017 21:31:21 Menteri Susi haramkan harta karun bawah laut RI diambil kolektor

    Menteri Susi mengatakan, pihaknya akan melakukan sosialisasi bahwa BMKT sudah resmi menjadi milik negara dan pengangkatan BMKT atau harta karun ini hanya boleh dilakukan oleh negara. Selain itu, Dia menegaskan BMKT atau harta karut tidak boleh diperjualbelikan.

  • Sabtu, 25 Februari 2017 17:30:00 Menteri Susi ajak PBB dan Uni Eropa berantas pencurian ikan

    Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengajak PBB dan Uni Eropa untuk mempertegas komitmen terhadap pengelolaan perikanan berkelanjutan. Salah satunya dalam mengawal pelaksanaan aturan pemberantasan pencurian ikan secara ilegal, dengan memberi konsekuensi yang tegas bagi pelanggarnya.

  • Selasa, 14 Februari 2017 11:04:43 Menteri Susi ajak pengusaha ikan lokal keruk untung dari Ceko

    Menteri Susi ajak pengusaha ikan lokal keruk untung dari Ceko. Menurut Menteri Susi, pada saat ini banyak permintaan dari Republik Ceko untuk komoditas seperti ikan tuna dan daging kepiting. Menteri Susi mengungkapkan impor produk perikanan Republik Ceko dari Indonesia saat ini berada di peringkat ke-19.

  • Rabu, 8 Februari 2017 06:00:00 5 Komentar lucu Jokowi dan tokoh RI terkait Trump dan kebijakannya

    Kemarin, Menteri Keuangan era Presiden SBY, Chatib Basri angkat bicara terkait fenomena ekonomi global saat ini, khususnya sejak Donald Trump menjabat sebagai Presiden AS. Menurut Chatib, kebijakan Trump tidaklah semenakutkan yang dia umbar. Semua pemimpin akan bicara lantang, namun kenyataannya tidak mudah dijalankan.

  • Selasa, 7 Februari 2017 13:57:29 Menteri Susi: Kemenpar akan ajari orang KKP bersihkan pelabuhan

    Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan pihaknya sudah siap mendukung Kemenpar dalam mewujudkan pengembangan wisata bahari. Namun, masih ada beberapa kendala yang harus dihadapi, salah satunya pelabuhan yang masih kotor dan bau.

  • Jumat, 3 Februari 2017 16:19:12 Susi: Reklamasi bukan hal tabu, boleh untuk kepentingan publik

    Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyebut, reklamasi bukanlah hal yang tabu. Menurutnya, boleh saja dilakukan jika memang berdasarkan kepentingan publik, bukan kepentingan bisnis yang tidak akan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar.