PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
TB Hasanuddin

Foto:

TB Hasanuddin


Nama Lengkap : TB Hasanuddin

Alias : No Alias

Profesi : Tokoh Militer

Agama : Islam

Tempat Lahir : Majalengka

Tanggal Lahir : Senin, 8 September 1952

Zodiac : Virgo


Istri : Ika Eviolina
BIOGRAFI

Bernama lengkap Tubagus Hasanuddin, pria yang lahir di Majalengka pada 8 September 1952 lalu ini kini dikenal sebagai anggota DPR/MPR periode 2009-2014 dari daerah pemilihan Jawa Barat 9. Sebelumnya TB Hasanuddin adalah anggota TNI bergelar Mayor Jenderal, dan kini ia menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi I DPR bidang Pertahanan, Intelejen, Luar Negeri & Komunikasi.

Kiprah pria yang sudah dikaruniai dua orang anak ini termasuk paling aktif dalam kapasitasnya sebagai anggota DPR dari PDI Perjuangan. Setiap kali tampil di depan publik, ia hampir selalu mengeluarkan pernyataan yang mengundang pro dan kontra. 

Contohnya saja mengenai beberapa isu pertahanan negara yang diangkatnya di publik, seperti rencana pembelian Main Battle Tank dari Belanda dan pesawat tanpa awak dari Israel. Kritisi yang dilontarkan TB Hasanuddin yang terkesan 'mempertanyakan' kinerja TNI selalu kena bantahan. Akibatnya, muncul pro dan kontra. Ada yang suka dengan sifatnya yang blak-blakan, tapi tak sedikit juga yang mulai mempertanyakan maksud dan tujuan kritisi itu dibawa ke ranah publik.

Namun di samping itu, lulusan pasca sarjana Universitas Pasundan tahun 2006 ini dipercaya sangat tegas dan berwibawa. Tercatat sudah ada beberapa lencana yang pernah disematkan kepadanya seperti Satya Lencana Kesetiaan 24 Tahun, Satya Lencana Dwija Sista, Satya Lencana Wira Karya, Satya Lencana Penugasan PBB, Santi Dharma Garuda XI, Bintang Kartika Eka Paksi Pratama, Bintang Kartika Eka Paksi Nararya, dan Bintang Yudha Dharma Nararya.

Riset dan analisis oleh: Yunita Rachmawati

KARIR
  • Wakil Ketua Komisi I DPR
  • Perwira Tinggi Militer
PENGHARGAAN
  • Satya Lencana Kesetiaan 24 Tahun
  • Satya Lencana Dwija Sista
  • Satya Lencana Wira Karya
  • Satya Lencana Penugasan PBB
  • Santi Dharma Garuda XI
  • Bintang Kartika Eka Paksi Pratama
  • Bintang Kartika Eka Paksi Nararya
  • Bintang Yudha Dharma Nararya
SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Kamis, 23 November 2017 14:12:24 Desember, PDIP bakal umumkan pasangan di Pilgub Jabar

    Desember, PDIP bakal umumkan pasangan di Pilgub Jabar. PDIP akan tetap mengusung kadernya sebagai calon Gubernur ataupun Wakil Gubernur. Calon itu merujuk pada dua nama yaitu Sekda Jabar Iwan Karniwa, Puti Soekarno, hingga Bupati Majalengka Sutrisno.

  • Kamis, 23 November 2017 15:50:48 Pimpinan Komisi I minta Presiden Jokowi tunjuk pengganti Panglima TNI bulan ini

    Pimpinan Komisi I minta Presiden Jokowi tunjuk pengganti Panglima TNI bulan ini. Menurut dia, masa reses DPR mulai 13 Desember hingga 14 Januari 2018. Apabila penunjukan nama Panglima TNI saat memasuki masa reses tak bisa diproses DPR.

  • Selasa, 14 November 2017 07:31:00 Aroma dinasti politik di Pilgub Jawa Barat

    Aroma dinasti politik di Pilgub Jawa Barat. Netty Prasetiyani menjadi salah satu sosok yang disuarakan maju dalam Pilgub Jawa Barat 2018. Netty bukan orang baru, dia adalah kader utama PKS, juga istri dari gubernur Jawa Barat dua periode Ahmad Heryawan.

  • Senin, 23 Oktober 2017 10:44:52 Tb Hasanuddin duga penolakan Panglima TNI ke AS karena alasan politis

    Wakil Ketua Komisi II Tubagus Hasanuddin menyayangkan insiden Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo ditolak saat hendak terbang ke Amerika Serikat. Tubagus mengatakan hal tersebut kemungkinan terjadi karena dua faktor, yakni faktor administrasi dan politis.

  • Senin, 23 Oktober 2017 12:38:21 PDIP akan gelar 'curah gagas' undang cagub Jabar dan para tokoh

    PDIP akan menggelar acara 'curah gagas' yang akan dihadiri oleh tokoh yang diundang atau mendaftar sebagai bakal calon gubernur Jawa Barat pada 25 Oktober 2017. Selain calon yang bakal diusung, PDIP tokoh masyarakat, sesepuh, budayawan, pemuda hingga masyarakat umum.

  • Selasa, 3 Oktober 2017 13:54:25 Komisi I ingin revisi UU soal pertahanan dan keamanan negara

    Komisi I ingin revisi UU soal pertahanan dan keamanan negara. Politisi PDIP tersebut menambahkan, terkait masalah perizinan senjata, persoalan ini perlu perbaikan dengan undang-undang yang jelas supaya pihak terkait memiliki aturan tidak membingungkan.

  • Selasa, 3 Oktober 2017 13:20:48 DPR rapat dengan Menhan, Menkum HAM dan Menlu, bahas kerjasama pertahanan

    DPR rapat dengan Menhan, Menkum HAM dan Menlu, bahas kerjasama pertahanan. Namun rapat ini bukan membahas polemik 5 ribu senjata ilegal yang dicetuskan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Rapat ini rencananya membahas terkait pertahanan negara di perbatasan.

  • Senin, 25 September 2017 08:02:00 Wakil Ketua Komisi I DPR: Panglima TNI membuat ketakutan rakyat

    Wakil Ketua Komisi I DPR: Panglima TNI membuat ketakutan rakyat. Wakil Ketua Komisi I DPR TB Hasanuddin menyayangkan pernyataan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo soal 5000 pucuk senjata ilegal yang dipesan dengan mencatut nama Presiden Joko Widodo (Jokowi).

  • Jumat, 18 Agustus 2017 14:20:15 Politikus PDIP nilai pertemuan Megawati-SBY silaturahmi biasa

    Politikus PDIP Tubagus Hasanuddin mengatakan, peluang kerjasama antara PDIP dan Demokrat bisa saja terjadi pasca pertemuan antara Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Istana Merdeka pada Kamis (17/8). Namun, dia menganggap pertemuan itu hanya silaturahmi tanpa harus melahirkan komitmen tertentu.

  • Rabu, 26 Juli 2017 16:09:29 TB Hasanuddin minta pemerintah lawan kebrutalan Israel di Palestina

    Wakil Ketua Komisi I DPR TB Hasanuddin mengatakan penutupan Masjid Al Aqsa di Yerusalem bukan hanya sekedar mengusik umat Islam. Tapi, tindakan Israel dianggap merupakan pelanggaran yang dilakukan berulang kali terhadap Resolusi Dewan Keamanan PBB dan pelanggaran HAM yang tidak dapat ditoleransi.