PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Tifatul Sembiring

Foto:

Tifatul Sembiring


Nama Lengkap : Tifatul Sembiring

Alias : Tif | Tifsembiring | Tifatul

Profesi : Politisi

Agama : Islam

Tempat Lahir : Bukittinggi, Sumatra Barat

Tanggal Lahir : Kamis, 28 September 1961

Zodiac : Balance

Warga Negara : Indonesia


Istri : Sri Rahayu
Anak : Sabriana, Fathan, Ibrahim, Yusuf, Fatimah, Muhammad, Abdurrahman
BIOGRAFI

Tifatul Sembiring merupakan seorang politikus. Saat ini, dalam Kabinet Bersatu Jilid II, ia menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informasi. Sebelum menjabat sebagai seorang menteri, ia merupakan Presiden Partai Keadilan Sejahtera. Saat itu, ia menggantikan Hidayat Nur Wahid yang mengundurkan diri karena terpilih menjadi Ketua MPR.

Tifatul merupakan lulusan dari Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Informatika dan Komputer (STI&K) Jakarta. Ia mempunyai gelar insinyur komputer. Saat masih menjadi mahasiswa, ia dikenal sebagai seorang aktivis. Ia sempat tergabung dan menjadi aktivis di Pelajar Islam Indonesia (PII).

Sebelum terjun dalam bidang yang ia geluti saat ini yaitu politik, ia sempat menjadi karyawan di PT PLN. Di sana ia bekerja di bidang telekomunikasi dan pemrosesan data.

Tifatul merupakan anak asli dari Sumatra. Orang tuanya berasal dari Suku Karo dan Minangkabau. Ia menikah dengan Sri Rahayu dan memiliki 7 orang anak, yaitu Sabriana, Fathan, Ibrahim, Yusuf, Fatimah, Muhammad, dan Abdurrahman.

Di sisi lain sebagai seorang politikus, Tifatul merupakan seorang pendakwah. Dulu, saat masih menjadi mahasiswa, ia dikenal pula sebagai seorang aktivis dakwah kampus. Di forum inilah, ia bertemu dan mengenal sang istri. Pekerjaannya sebagai politikus dan pendakwah mengharuskannya berada di luar rumah dengan waktu yang cukup lama.

Namun, hal ini cukup dipahami oleh anak-anaknya serta istrinya. Meskipun ia mempunyai jadwal yang cukup padat, ia mengaku selalu berusaha meluangkan waktu dengan keluarganya. Ia tak keberatan, jika anak-anaknya memberinya masukan ataupun kritik. Dengan begitu, ia berkata bahwa anak-anaknya tak akan merasa asing dengan ayahnya meskipun ia sibuk.

Tifatul mengaku bahwa berkarir dalam dunia politik merupakan ibadah dan pengabdian kepada umat. Sehingga, ia berusaha menjalankan pekerjaan ini dengan sebaik-baiknya dan sejujur-jujurnya.

Selain itu, ia juga mempunyai usaha yaitu penerbitan. Di sana, ia direktur sekaligus penulis. Ia menamai perusahaannya dengan Asahuddin Press, Jakarta.

Menginjak usia 50 tahun, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Tifatul Sembiring meluncurkan Biografi berjudul Sepanjang Jalan Dakwah. Buku setebal 623 halaman ini mengupas lengkap perjalanan perjuangan Tifatul Sembiring semasa hidupnya hingga ia dipercaya memangku jabatan sebagai salah satu menteri di dalam Kabinet Indonesia Bersatu jilid II.

Riset dan analisa oleh Dyanara Putri

PENDIDIKAN
  • Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Informatika dan Komputer (STI&K) Jakarta
KARIR
  • Menteri Komunikasi dan Informatika
  • Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) (2005)
  • Pejabat Sementara Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) (2004)
  • Ketua DPP PKS Wilayah Dakwah I Sumatera
  • Humas Partai Keadilan
  • Pendiri Partai Keadilan
  • PT PLN dalam bidang telekomunikasi dan pemrosesan data
SOCIAL MEDIA
twitter.com/tifsembiring

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Senin, 21 Agustus 2017 13:29:34 Didoakan Tifatul berbadan gemuk, ini respons Jokowi

    Juru Bicara Kepresidenan Johan Budi memastikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sama sekali tak merasa tersinggung dengan doa dari Ketua Fraksi PKS di MPR Tifatul Sembiring dalam Sidang Tahunan di Gedung DPR/MPR, 16 Agustus lalu. Kala itu, Tifatul berdoa meminta agar Allah SWT memberikan badan yang gemuk ke Presiden.

  • Jumat, 18 Agustus 2017 11:42:55 Ini tanggapan Ketua MPR soal doa Tiffatul minta Jokowi gemuk

    Ketua MPR Zulkifli Hasan mengatakan doa yang disampaikan Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) MPR, Tifatul Sembiring saat Sidang Tahunan MPR berbeda dengan yang dilaporkan. Saat itu, Tifatul sempat mendoakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar lebih gemuk.

  • Kamis, 17 Agustus 2017 08:04:00 Doa ala politisi DPR, singgung fisik, ganti pemimpin & janji palsu

    Doa ala politisi DPR, singgung fisik, ganti pemimpin & janji palsu. Sejak Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla memimpin negeri ini pada 2014, sudah tiga kali mereka mendengar doa bernada sindiran dari politisi Senayan.

  • Rabu, 16 Agustus 2017 15:38:02 Tifatul tegaskan isi doanya di sidang tahunan MPR bukan sindiran

    Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) MPR Tifatul Sembiring, sempat mendoakan Presiden Joko Widodo (Jokowi)agar lebih gemuk saat ia memimpin pembacaan doa di sidang tahunan MPR. Dia mengaku doa itu yang dia lontarkan itu bukanlah sindiran.

  • Rabu, 16 Agustus 2017 14:03:52 Doakan Jokowi gemuk, Tifatul dinilai politisasi doa dan serang fisik

    Eva menambahkan, doa Tifatul itu juga terkesan ingin menjatuhkan Jokowi karena menyerangnya secara personal bukan kinerjanya selama 3 tahun memerintah.

  • Rabu, 16 Agustus 2017 11:15:04 Doa Tifatul: Lindungilah JK, meski sudah tua tapi semangat membara

    Doa Tifatul: Lindungilah JK, meski sudah tua tapi semangat membara. Selain untuk JK dan Jokowi, Tifatul mendoakan agar pimpinan DPR, DPD dan MPR serta menteri kabinet kerja diberikan perlindungan. Tak hanya itu, dia juga meminta agar pemimpin di negeri ini untuk diberi pencerahan.

  • Rabu, 16 Agustus 2017 11:11:46 Doa Tifatul ke Jokowi: Gemukkan lah badan beliau Ya Allah

    Doa Tifatul ke Jokowi: Gemukkan lah badan beliau Ya Allah. Ketua Fraksi PKS MPR Tifatul Sembiring memimpin doa dalam sidang tahunan MPR di ruang rapat paripurna I, Gedung Kura-kura DPR. Dalam doanya, Tifatul meminta kepada Tuhan agar badan Presiden Joko Widodo menjadi lebih gemuk.

  • Rabu, 16 Agustus 2017 11:11:46 Doa Tifatul ke Jokowi: Gemukkan lah badan beliau Ya Allah

    Doa Tifatul ke Jokowi: Gemukkan lah badan beliau Ya Allah. Ketua Fraksi PKS MPR Tifatul Sembiring memimpin doa dalam sidang tahunan MPR di ruang rapat paripurna I, Gedung Kura-kura DPR. Dalam doanya, Tifatul meminta kepada Tuhan agar badan Presiden Joko Widodo menjadi lebih gemuk.

  • Selasa, 28 Maret 2017 11:22:48 Tifatul Sembiring: Spanduk mereka pasang sendiri, suruh orang nyopot

    Tifatul Sembiring: Spanduk mereka pasang sendiri, suruh orang nyopot. Bicara soal spanduk, rupanya hal ini juga menjadi perhatian petinggi PKS Tifatul Sembiring. Melalui akun Twitternya, Tifatul awalnya berkomentar soal ayam peliharaannya yang telah menetas, kemudian menyindir soal spanduk.

  • Selasa, 14 Maret 2017 11:10:18 PKS soal angket e-KTP Fahri: Agak politis bisa berujung impeachment

    Di internal PKS, nama-nama kader yang terseret korupsi e-KTP telah dimintai keterangan. Sebut saja, Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini hingga Tamsil Lindrung. Dia menyebut Jazuli telah membantah menerima aliran fee 'pemulus' proyek e-KTP sebesar USD 37 ribu.