PROFIL BERDASARKAN ABJAD
MANCANEGARA
Ann Dunham

Foto:

Ann Dunham


Nama Lengkap : Ann Dunham

Alias : Stanley Ann Dunham | Ann Soetoro

Profesi : Aktivis

Tempat Lahir : Wichita, Kansas, Amerika Serikat

Tanggal Lahir : Minggu, 29 November 1942

Zodiac : Sagittarius

Warga Negara : Amerika


Suami : Barack Obama, Sr., Lolo Soetoro
Anak : Barack Obama, Maya Soetoro
BIOGRAFI

Ann Dunham yang lahir pada 29 November 1942 di Wichita, Kansas, Amerika Serikat, adalah ibu dari salah satu Presiden Amerika Serikat, yakni Barrack Obama. Beliau adalah putri dari ibu bernama Madelyn yang juga merupakan wakil presiden bank lokal pertama yang berjenis kelamin perempuan dan ayah bernama Stanley Dunham yang merupakan seorang tentara veteran dan pedagang perabotan. Saat lahir beliau diberi nama Stanley Ann Dunham karena sang ayah sebenarnya menginginkan lahirnya seorang putra.

Saat mengambil kelas bahasa di University of Hawaii, Ann Dunham bertemu dengan Barrack H. Obama, Sr. dan menikah pada 4 Agustus 1961. Pasangan tersebut dianugerahi seorang anak yang diberi nama Barrack Obama, Jr. Kemudian Ann Dunham mengundurkan diri dari University of Hawaii setelah menempuh satu semester untuk mengurusi keluarga baru beliau. Di tahun 1964, Ann dunham memutuskan untuk bercerai dari suami beliau Barrack Obama, Sr. setelah mengetahui tentang kehidupan sang suami dalam revitalisasi ekonomi Kenya. Dengan bantuan dari keluarga dan pemerintah Hawaii, beliau berhasil mengambil hak asuh untuk sang anak, Barrack Obama, Jr.

Kemudian beliau melanjutkan pendidikan yang tertunda di University of Hawaii disamping mengasuh sang anak. Saat itulah Ann Dunham memiliki hubungan romantis dengan salah seorang mahasiswa dari Indonesia bernama Lolo Soetoro. Di tahun 1967, Lolo Soetoro melamar Ann Dunham, dan setelah pernikahan Ann Dunham mengganti nama beliau menjadi Ann Soetoro. Mereka kemudian pindah ke Indonesia dan menetap di dekat kota Jakarta. Di tahun 1970 Ann Soetoro dianugerahi seorang putri dan diberi nama Maya Soetoro.

Saat sang putra sudah menginjak umur 10 tahun, Ann Dunham mengirim Obama ke Hawaii untuk menempuh pendidikan dan tinggal di tempat kakek dan neneknya. Setahun kemudian Ann Dunham dan sang putri, Maya, ikut kembali ke Hawaii. Di sana Ann Dunham kembali terfokus kepada pendidikan dengan mengambil studi antropologi orang Indonesia di University of Hawaii. Tahun 1980 adalah tahun di mana Ann Dunham mengajukan cerai kepada sang suami, Lolo Soetoro. Setelah menyelesaikan pendidikan, beliau kembali ke Indonesia dan bekerja di Ford Foundation namun si Obama yang telah berusia 14 tahun tak mau ikut kembali ke Indonesia. Di tahun 1988 hingga 1992, beliau membantu Indonesia dalam mengadakan program mikro kredit di mana pengusaha kecil dapat mengambil pinjaman yang kecil, dan membuat Indonesia menjadi pemimpin dunia dalam mikro kredit.

Selama beberapa tahun, Ann dan sang putri, Maya, berpindah ke beberapa Negara, dari Pakistan ke New York, dan kembali ke Hawaii. Di tahun 1992, Ann Dunham berhasil mengambil gelar doktoral. Pada tahun 1994, Ann mengeluh tentang rasa sakit di perut beliau saat pesta makan malam di Jakarta. Beberapa bulan kemudian beliau didiagnosis menderita kanker ovarium dan Rahim. Akhirnya beliau meninggal pada 7 November 1995 dalam usia 52 tahun.

 

Riset dan Analisis: Galih Setyo Pribadi

PENDIDIKAN

University of Hawaii

KARIR

Ford Foundation

SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
    Data Kosong