PROFIL BERDASARKAN ABJAD
MANCANEGARA
Datsun

Foto:

Datsun


Nama Lengkap : Datsun

Alias : No Alias

Profesi : Perusahaan

Warga Negara : Jepang


No Relation
BIOGRAFI

Datsun merupakan sebuah merek mobil yang sekarang berada di bawah wewenang Nissan Motor Co. Ltd. Perusahaan ini berpusat di Jepang. Nama Datsun sendiri diciptakan pertama kali oleh DAT Motorcar Co. yang berarti "lebih besar dari yang ada", nama ini juga dapat diartikan sebagai akronim nama investor, yakni Kenjiro Den, Rokuro Aoyama, dan Meitaro Takeuchi. Nama ini mulai dipakai sejak tahun 1931 sebelum diambil alih oleh Nissan Motor Co. Ltd. pada tahun 1934. Hingga pada akhirnya merek Datsun dihapuskan oleh Nissan sejak bulan Maret 1986. Namun pada tanggal 20 Maret 2012 lalu, Nissan memutuskan untuk memakai kembali merek ini yang kemudian dipakai di Indonesia, Afrika Selatan, India dan Rusia.

Perkembangan Datsun pada awalnya tak lepas dari peran serta Masujiro Hashimoto yang merupakan seorang insinyur terlatih Amerika. Pada saat itu dia mulai membuat Kwaishinsha Motors dengan sokongan dari tiga investor. Mobil buatan-nya yang pertama selesai pada tahun 1912 . Sayangnya, mobil tersebut tidak begitu mendapat apresiasi oleh publik. Dua tahun berselang, Datsu kemudian menciptakan prototipe untuk DAT Model 31 yang nyatanya lebih mendapat perhatian. Hal ini dibantu dengan pemakaian nama Datsun secara resmi. Sejak tahun 1915, DAT mulai memasarkan produk ke pasaran. Salah satunya adalah DAT Model 31 dan diteruskan dengan DAT Model 41 di tahun 1925. DAT Model 41 sendiri merupakan tipe mobil mewah dengan harga ekonomis. Mobil ini didukung dengan mesin 15 tenaga kuda, dengan kapasitas 5 penumpang. Produksi mobil ini masih rendah karena prosesnya masih dibuat dengan tangan. Selain itu, warga Jepang juga masih mengandalkan kereta api dan jasa pengiriman sehingga mereka masih jarang memakai mobil.

Karena beberapa masalah financial, pada tahun 1917 perusahaan diambil alih oleh agen penjualan Kwaishinsha Motors dan kemudian menjadi Dat Motor Vehicle Co,. Perusahaan baru ini berhasil membuat DAT Model 51 yang dilengkapi dengan mesin berpendingin berkapasitas 15 tenaga kuda, dan transmisi manual. DAT juga menjalin kerjasama dengan Tokyo Gas Denki untuk memproduksi kendaraan industri pada era tahun 1920-an. Pada tahun 1923 saat Gempa Bumi yang terjadi di Jepang merupakan masa di mana banyak industri mengalami masalah. Seiring dengan berjalannya waktu, banyak bermunculan kendaraan-kendaraan impor, seperti Ford, dan GM. Di saat inilah DAT juga ikut andil dalam pemasaran produk.

Produk DAT ternyata dapat diterima oleh publik. Hal ini seiring dengan pengembangan inovasi baru pada mobil dan truk sejak tahun 1926. Perusahaan ini juga menjalin kemitraan dengan Jitsuyo Jidosha Seizo untuk membentuk Dat Automobile Manufacturing Co. of Osaka. Terbukti dengan dijalinnya kerjasama ini membuat perusahaan semakin berkembang untuk memproduksi tidak hanya mobil saja, namun lebih terfokus pada pengembangan truk. Perkembangan perusahaan semakin kokoh saat pada tahun 1930-an Nissan mengambil alih perusahaan dengan inovasi transportasi militer. Pada tahun 1930 DAT kembali memperkenalkan prototipe Model 91 dengan nama "Datson". Nama ini kemudian diganti karena mengandung arti yang kurang baik sehingga berubah menjadi "Datsun". Sejak saat itu Datsun terus memproduksi produk lainnya seperti sedan dan pick-up.

Pada tahun 1958, Datsun mulai melebarkan sayap hingga ke Amerika yang dimulai dalam Los Angeles Imported Car Show. Bermula dari acara itu, Datsun kemudian mulai mengimpor mobil-nya ke pasaran Amerika Serikat. Permintaan semakin berkembang sehingga pada tanggal 28 September 1960 berdirilah Nissan Motor Corp U.S.A.  Pada beberapa waktu merek Datsun tidak dipakai lagi hingga pada tahun 2012 Nissan memutuskan untuk memakai kembali merek Datsun. Beberapa produk Datsun antara lain Datsun Fairlady, Datsun 240Z (USDM) or Fairlady Z (JDM), Datsun 720 dan beberapa tipe produk lainnya.

Riset dan analisa oleh Tryning Rahayu Setya W.

Last update 29/10/2013 14:00

SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Jumat, 11 Agustus 2017 18:47:26 Datsun tawarkan mobil limited edition Rp 148 juta di GIIAS 2017

    Datsun tawarkan mobil limited edition Rp 148 juta di GIIAS 2017. Dalam pameran ini, Datsun hanya menyediakan 5 unit untuk mobil ini. Bagian luar dari Datsun GO PI menunjukkan sebuah desain mewah dengan paduan cantik dari pola batik dari berbagai penjuru Indonesia dengan dominasi warna merah.