PROFIL BERDASARKAN ABJAD
MANCANEGARA
Eric Emerson Schmidt

Foto:

Eric Emerson Schmidt


Nama Lengkap : Eric Emerson Schmidt

Alias : No Alias

Profesi : -

Tempat Lahir : Washington, D.C., Amerika Serikat

Tanggal Lahir : Rabu, 27 April 1955

Zodiac : Taurus

Warga Negara : Amerika Serikat


No Relation
BIOGRAFI

Eric Emerson Schmidt adalah seorang teknisi, mantan anggota dewan direktur Apple Inc, dan pimpinan eksekutif Google yang lahir di Washington, D.C, Amerika Serikat pada 27 April 1955. Lulusan dari SMA Yorktown, Virginia ini juga seorang pembuat pendamping perangkat lunak penganalisis leksikal lex untuk Unix.

Pria yang merupakan salah satu orang terkaya di dunia dengan kekayaan 7,5 Milyar Dollar Amerika ini juga menjabat sebagai anggota Dewan Kepercayaan Universitas Carnegie Mellon dan Universitas Princeton. Schmidt adalah lulusan Universitas Princeton, dimana ia mendapatkan gelar B.S. dalam bidang Teknik Elektro pada 1976.

Kemudian, Schmidt melanjutkan pendidikannya ke Universitas California, Berkeley. Di Universitas California ia bertemu dengan istrinya, Wendy Boyle, yang ia nikahi pada tahun 1980 dan kemudian tinggal di Atherton, California. Dari pernikahannya, Schmidt memiliki dua orang anak, Sophie dan Allison. Pada 2011, ia berpisah dari Wendy dan berkencan dengan beberapa wanita.
Diawal karirnya, Schmidt bergabung dengan Sun Microsystem pada tahun 1983 sebagai seorang manajer perangkat lunak. Pada bulan April 1997, Schmidt menjadi pimpinan Eksekutif di Novell, perusahaan software di Amerika dan keluar. Kemudian, pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin mewawancara Schmidt dan terkesan olehnya.

Pada 2001, Schmidt resmi direkrut untuk menjalankan perusahaan mereka dibawah panduan John Doerr dan Michael Moritz. Pada 28 Agustus 2006, pria yang digaji $250 ribu sebulan oleh Google ini menjadi salah satu Direktur di perusahaan Apple dan pada 3 Agustus 2009 mengundurkan diri dikarenakan konflik ketertarikan yang timbul dari kompetisi yang semakin ketat antara Google dan Apple.

Setelah meraih kesuksesannya dengan Google, tidak sampai disitu, Schmidt juga menjadi salah seorang penasehat informal kepresidenan Barack Obama dan pendiri Innovation Endeavors. Selain itu, ia juga menjadi pemimpin di New American Foundation.

Riset dan analisis: Desti Ayu Ruhiyati

KARIR
  • Pimpinan Eksekutif, Google
  • Penasehat (informal) Kepresidenan Barack Obama
  • Pendiri Innovation Endeavors
  • Direktur New American Foundation
SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA