PROFIL BERDASARKAN ABJAD
MANCANEGARA
Freeport-McMoRan

Foto:

Freeport-McMoRan


Nama Lengkap : Freeport-McMoRan

Alias : Freeport

Profesi : Perusahaan


No Relation
BIOGRAFI

Freeport-McMoRan adalah perusahaan industri pertambangan penghasil tembaga dan emas terbesar di dunia. Bermarkas pusat di Arizona, mineral bumi yang diambil dan diolah perusahaan ini adalah tembaga, emas, perak, dan molybdenum. Kini perusahaan ini dipimpin oleh James R. Moffet.

Pada awal berdirinya di tahun 1912, perusahaan ini didirikan oleh Langbourne Williams Snr. dan bernama Freeport Sulfur Company. kemudian diteruskan oleh putranya Langbourne Williams Jr. berkolaborasi bersama Payne Whitney.

Pada tahun 1955, Freeport menginvestasikan $119.000.000 dalam membangun pertambangan nikel-kobalt di Moa Bay, Kuba, dan kilang minyak di pelabuhan Nickel, Lousiana. berselang dua tahun, 1957, pemerintah Amerika Serikat mengumumkan kontrak untuk membeli Freeport nickel dan kobalt hingga 1965.

Pada tahun 1971 perusahaan ini berganti nama menjadi Freeport Minerals Company untuk tujuan menunjukkan citra sebagai produsen pengolah mineral bumi. 

Seiring dengan perkembangannya, di tahun 1981, perusahaan ini mendirikan Freeport Gold Company yang beroperasi untuk penemuan tambang emas baru di Nevada.

 

Riset dan analisa oleh Anugrah Yogi Pranata

Last update: 10/7/2014

SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Jumat, 18 Agustus 2017 17:10:18 Menengok cara Freeport rayakan HUT Kemerdekaan RI ke-72

    PT Freeport Indonesia menggelar upacara bendera di ketinggian 2.958 meter dari permukaan laut di lapangan Tembagapura, Papua. Pelaksanaan upacara tertinggi ini berlangsung di tengah cuaca berkabut, dingin dan gerimis. Pada penghujung pelaksanaan upacara, suhu mencapai 15 derajat.

  • Rabu, 16 Agustus 2017 20:59:03 Ikuti jejak Menkeu, Jonan bungkam saat ditanya soal Freeport

    Menteri Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM), Ignasius Jonan menggelar konferensi pers terkait Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2018 di Kementerian ESDM, Jakarta. Namun, Jonan bungkam saat ditanya soal perkembangan negosiasi PT Freeport Indonesia.

  • Kamis, 17 Agustus 2017 11:28:15 Harumkan Indonesia dari Papua

    PTFI beroperasi di daerah terpencil dengan kondisi lingkungan yang sulit di Papua, Indonesia dan menerapkan teknologi terbaik dan praktek terkini dalam operasinya. Freeport Indonesia berkarya dan berkontribusi bersama untuk negeri tercinta, Indonesia.

  • Selasa, 15 Agustus 2017 19:55:00 Temui Jokowi, Dubes AS singgung soal kontrak Freeport

    Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kehormatan Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R. Donov‎an di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (15/8). Pertemuan ini menyinggung masalah kontrak PT Freeport Indonesia yang belum selesai.

  • Selasa, 15 Agustus 2017 18:03:16 Pemerintah diminta cabut izin ekspor konsentrat Freeport

    Pengamat Ekonomi Energi dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Fahmy Radhi meminta agar pemerintah segera mencabut izin ekspor konsentrat yang dimiliki Freeport. Sebab, pencabutan izin tersebut bukan hanya karena bertentangan dengan Undang-undang Minerba tetapi juga akan menguatkan posisi tawar pemerintah Indonesia.

  • Selasa, 15 Agustus 2017 13:04:11 Menko Luhut soal Freeport: Negara ini jangan diatur-atur orang lain

    Menko Luhut soal Freeport: Negara ini jangan diatur-atur orang lain. Dia mengatakan Freeport harus paham bahwa tiap entitas usaha harus mengikuti aturan dalam negeri. Tidak bisa perusahaan memaksakan kehendaknya. Dia mengatakan pemerintah Indonesia tentunya menginginkan agar negosiasi menguntungkan kedua belah pihak

  • Senin, 14 Agustus 2017 21:27:54 Syarat Luhut jika Freeport minta perpanjangan kontrak hingga 2041

    Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan mengaku tidak masalah jika kontrak PT Freeport Indonesia diperpanjang hingga 2041. Namun, Freeport harus mengikuti aturan main pemerintah yang hanya bisa memberikan izin perpanjangan secara bertahap tiap 10 tahun.

  • Jumat, 11 Agustus 2017 18:33:21 Biasa bicara tegas, ini alasan Sri Mulyani bungkam bahas Freeport

    Biasa bicara tegas, ini alasan Sri Mulyani bungkam bahas Freeport. Menkeu Sri mengungkapkan 4 hal yang tengah difinalkan yaitu perihal perpanjangan operasi, smelter, masalah penerimaan negara, dan kepastian investasi serta divestasi.

  • Kamis, 10 Agustus 2017 18:06:02 Dua jam rapat bahas Freeport dengan Jonan, menkeu pergi tanpa bicara

    Dua jam rapat bahas Freeport dengan Jonan, menkeu pergi tanpa bicara. Direktur Jenderal Mineral dan Batubara (Minerba) Kementerian ESDM, Bambang Gatot melakukan hal serupa. Bambang enggan membahas PT Freeport karena menurutnya belum ada perkembangan baru.

  • Senin, 7 Agustus 2017 18:15:00 ESDM tengah pelajari permintaan Freeport soal stabilitas investasi

    Kementerian Keuangan telah menyiapkan Peraturan Pemerintah yang mengatur stabilitas investasi dengan PT Freeport Indonesia. Adapun konsep peraturan pemerintah tersebut sudah diterima untuk dipelajari oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan.