PROFIL BERDASARKAN ABJAD
MANCANEGARA
Freeport-McMoRan

Foto:

Freeport-McMoRan


Nama Lengkap : Freeport-McMoRan

Alias : Freeport

Profesi : Perusahaan


No Relation
BIOGRAFI

Freeport-McMoRan adalah perusahaan industri pertambangan penghasil tembaga dan emas terbesar di dunia. Bermarkas pusat di Arizona, mineral bumi yang diambil dan diolah perusahaan ini adalah tembaga, emas, perak, dan molybdenum. Kini perusahaan ini dipimpin oleh James R. Moffet.

Pada awal berdirinya di tahun 1912, perusahaan ini didirikan oleh Langbourne Williams Snr. dan bernama Freeport Sulfur Company. kemudian diteruskan oleh putranya Langbourne Williams Jr. berkolaborasi bersama Payne Whitney.

Pada tahun 1955, Freeport menginvestasikan $119.000.000 dalam membangun pertambangan nikel-kobalt di Moa Bay, Kuba, dan kilang minyak di pelabuhan Nickel, Lousiana. berselang dua tahun, 1957, pemerintah Amerika Serikat mengumumkan kontrak untuk membeli Freeport nickel dan kobalt hingga 1965.

Pada tahun 1971 perusahaan ini berganti nama menjadi Freeport Minerals Company untuk tujuan menunjukkan citra sebagai produsen pengolah mineral bumi. 

Seiring dengan perkembangannya, di tahun 1981, perusahaan ini mendirikan Freeport Gold Company yang beroperasi untuk penemuan tambang emas baru di Nevada.

 

Riset dan analisa oleh Anugrah Yogi Pranata

Last update: 10/7/2014

SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Rabu, 18 Oktober 2017 19:13:11 Cara Freeport ciptakan kemandirian ekonomi masyarakat

    PT Freeport Indonesia berkomitmen menciptakan kemandirian masyarakat Mimika, Papua, melalui pengembangan ekonomi berbasis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang memiliki daya saing tinggi.

  • Selasa, 17 Oktober 2017 13:32:12 Menko Luhut: 51 persen saham Freeport tidak ada tawar menawar

    Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan berkunjung ke Washington DC, Amerika Serikat (AS). Luhut juga bertemu dengan Menteri Perdagangan AS Wilbur Louis Ross untuk membicarakan perihal perdagangan antara Indonesia-Amerika. Salah satunya, membahas mengenai hasil negosiasi Freeport di Indonesia.

  • Jumat, 13 Oktober 2017 15:22:08 Menteri Rini tunjuk Budi Gunadi Sadikin pimpin Inalum untuk ambil saham Freeport

    Menteri Rini tunjuk Budi Gunadi Sadikin pimpin Inalum untuk ambil saham Freeport. Budi mengungkapkan dirinya belum mendapat angka pasti soal besaran divestasi saham Freeport yang akan dibeli Inalum. Sebab, skema ini masih dalam pembahasan bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri ESDM Ignasius Jonan.

  • Jumat, 13 Oktober 2017 08:00:00 Mengupas untung rugi kepemilikan 51 persen saham divestasi Freeport

    Pemerintah dan PT Freeport tengah bernegosiasi mengenai skema divestasi 51 persen saham perusahaan asal Amerika Serikat tersebut. Kedua belah pihak belum menemui titik temu mengenai harga dan skema pelepasan. Kebijakan divestasi merupakan amanat dari UU Minerba tahun 2009.

  • Rabu, 11 Oktober 2017 19:07:07 Belum ada kecocokan, finalisasi divestasi saham Freeport mundur hingga awal 2019

    Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan pelepasan saham atau divestasi saham PT Freeport Indonesia mundur menjadi awal tahun 2019. Sebelumnya, proses pelepasan saham tersebut direncanakan rampung pada Desember 2018.

  • Rabu, 11 Oktober 2017 16:36:24 BKPM sebut negosiasi Freeport berpengaruh pada iklim investasi RI

    Kepala Pusat Bantuan Hukum Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Riyatno berharap agar perundingan antara pemerintah dengan PT Freeport Indonesia berjalan dengan baik. Sebab, hal ini akan berpengaruh pada iklim investasi dalam negeri.

  • Rabu, 11 Oktober 2017 14:56:39 Jika negara mengejar pemasukan, 51 persen saham divestasi Freeport tak menguntungkan

    Investasi proyek pertambangan pada umumnya berskala besar dan berisiko tinggi. Selain itu penambangan memerlukan investasi terus menerus untuk keperluan persiapan sebelum dilakukan penggalian badan bijih yang dituju. Perusahaan pertambangan pada umumnya menggunakan keuntungan usaha untuk dana investasi pengembangan.

  • Selasa, 10 Oktober 2017 17:11:05 DPR minta hasil perundingan dengan Freeport diungkap ke publik

    Anggota Komisi VII DPR RI, Ramson Siagian mengaku senang dengan keberhasilan pemerintah yang berhasil melakukan negosiasi divestasi saham sebesar 51 persen. Sebab, selama 40 tahun, untuk pertama kalinya pemerintah mampu ambil alih saham Freeport.

  • Selasa, 10 Oktober 2017 14:56:20 BPK temukan pembayaran royalti Freeport rugikan negara Rp 6 T periode 2009-2015

    Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melaporkan 687 hasil pemeriksaan yang termuat 14.997 permasalahan kepada Presiden Joko Widodo. Salah satunya soal royalti PT Freeport Indonesia yang menggunakan tarif lebih rendah dalam Kontrak Karya (KK) dari besaran tarif industri pertambangan saat ini.

  • Senin, 9 Oktober 2017 18:27:36 Menteri Jonan siap buka-bukaan strategi dalam negosiasi kontrak Freeport

    Komisi VII kembali mempertanyakan strategi-strategi pemerintah dalam rangka menyelesaikan negosiasi dengan PT Freeport Indonesia. Menteri Ignasius Jonan mengungkapkan terdapat beberapa poin strategi pemerintah yang tidak dapat diberitahukan secara terbuka. Dia meminta untuk pembicaraan dapat dilakukan tertutup.