PROFIL BERDASARKAN ABJAD
MANCANEGARA
Intel

Foto:

Intel


Nama Lengkap : Intel

Alias : No Alias

Profesi : Perusahaan

Warga Negara : Santa Clara, California, Amerika Serikat


No Relation
BIOGRAFI

Intel Corporation merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang penyedia chip semikonduktor dengan produk utama-nya perangkat dan komputer pribadi, prosesor, motherboard, chipset, komponen server, produk ethernet, nirkabel, barang elektronik konsumen, solid state drive dan produk-produk lainnya. Intel pertama kali didirikan pada tahun 1968 oleh Gordon E. Moore, Robert Noyce dan Arthur Rock di Mountain View, California. Nama Intel sendiri merupakan gabungan dari Integrated Electronics.

Awal berdiri-nya Intel dibedakan oleh kemampuannya untuk membuat semikonduktor. Produk pertama-nya yakni Metal Oxidine Semiconductor (MOS) RAM, 1101 yang kemudian dilanjutkan oleh 3101 Schottky TTL bipolar 64-bit static random-access memory (SRAM) pada tahun 1969. Pada tahun yang sama Intel juga memproduksi 3301 Schottky bipolar 1024 bit read-only memory (ROM). Sejak berdiri Intel tumbuh secara signifikan dengan jangkauan produksi yang lebih luas yang masih didominasi oleh perangkat memori. Pada tahun 1971 Intel mulai menciptakan  mikroprosesor pertama yang tersedia secara komersial yakni Intel 4004 dan mikro komputer pertama seiring dengan berkembangnya bisnis  random-access memory chips. Pada tahun 1983 saat persaingan produk semikonduktor asal Jepang terus terjadi, Intel mulai terfokus dengan komputer pribadi IBM yang nyatanya menuai kesuksesan.  Hingga tahun 1992, Intel mengukuhkan diri sebagai produsen semikonduktor terbesar di dunia menurut Dataquest. Pada akhir tahun 1993, Intel mengumumkan merek prosesor Pentium yang lima kali lebih kuat dari versi asli prosesor Intel i486 dan 300 kali lebih cepat dari prosesor Intel 8088. Pentium terdiri dari 3,1 juta transistor, kecepatan 66 dan 60 MHz, 2 on-chip 8K caches 0,8 micron bi-CMOS sistem.

Selanjutnya pada tahun 1999, Intel meluncurkan generasi terbaru Pentium yakni prosesor Intel Pentium III dan Pentium III Xeon yang menunjukkan hasil maksimal dalam workstation dan server. Pada tahun 2006, Intel memimpin dalam industri teknologi multi-core untuk dekstop dan personal komputer. Selanjutnya Intel juga menjalin kerjasama dengan McAfee untuk layanan software keamanan dan layanan hardware lainnya sejak tahun 2010. Dengan segala inovasi yang telah dilakukan oleh Intel hingga sekarang. Intel telah menjadi pelopor prosesor dan komponen lainnya dalam perkembangan teknologi di dunia.

Riset dan analisa oleh Tryning Rahayu Setya W.

SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA