PROFIL BERDASARKAN ABJAD
MANCANEGARA
Janko Tipsarevic

Foto:

Janko Tipsarevic


Nama Lengkap : Janko Tipsarevic

Alias : No Alias

Profesi : Olahragawan

Agama : Kristen

Tempat Lahir : Belgrade, Serbia

Tanggal Lahir : Jumat, 22 Juni 1984

Zodiac : Cancer

Hobby : Snowboarding | DJ

Warga Negara : Serbia


Ayah : Pavle
Ibu : Vesna
Saudara : Veljko
Istri : Biljana Sesevic
BIOGRAFI
Janko Tipsarevic adalah seorang pemain tenis profesional asal Serbia. Peringkat tertinggi yang pernah diraih Tipsarevic adalah di posisi ke-9 sampai pada 14 November 2011 menurut ATP (Association of Tennis Professionals).

Tipsarevic lahir dan dibesarkan oleh seorang ayah yang berprofesi sebagai profesor, Pavle, dan ibu rumah tangga, Vesna. Tipsarevic juga memiliki seorang adik laki-laki yang bernama Veljko. Nenek dari Tipsarevic merupakan penggemar fanatik cucunya, dimana ia selalu menyimpan jurnal-jurnal cucunya. Petenis yang lancar berbahasa Serbia, Rusia dan Inggris ini telah menikah dengan seorang pembawa acara televisi, Biljana Sesevic, pada 4 Juli 2010, dimana pernikahan sederhana mereka didatangi oleh teman-teman petenis Tipsarevic asal Serbia, seperti Novak Djokovic, Nenad Zimonjic, dan Viktor Troicki.

Penggemar Andre Agassi dan Yevgeny Kafelnikov ini mulai bermain tenis sejak usianya 6 tahun. Pada bulan April 1993, dimana Tipsarevic menginjak 8 tahun, ia bermain di sebuah klub tenis AS New Belgrade dengan seorang pelatih asal Rusia, Roman Savochkin. Tipsarevic pun berhasil meraih gelar juara pertamanya pada Australian Open 2001 di kelas tunggal junior. Ia juga mampu mencapai babak kuarter final di French Open pada tahun yang sama, sehingga membuatnya dinobatkan sebagai petenis junior terbaik ke-2 sedunia di tahun 2001. Tipsarevic juga mengikuti Davis Cup setiap tahunnya sejak 2000. Saat itu, ia menjadi petenis termuda, dimana pada Davis Cup 2001 dan 2002 ia bermain untuk FR Yugoslavia. Tipsarevic lalu menjadi petenis profesional di tahun 2002. Kemudian tahun-tahun berikutnya ia bermain untuk Serbia. Selain itu, prestasinya di Grand Slam adalah mencapai babak ke-4 pada Turnamen Wimbledon 2007 dan 2008.

Tipsarevic memiliki tato di beberapa bagian tubuhnya, seperti di lengan kirinya yang bertuliskan Dostoyevsky (Beauty will save the world, kutipan dari novel Rusia The Idiot). Sementara di lengan kanannya, ada dua huruf inisial masing-masing nama ayah, ibu, adik, dan namanya sendiri dalam huruf Jepang katakana. Di punggung Tipsarevic juga dikabarkan ada tato dari kutipan dari seorang filsuf Jerman, Arthur Schopenhauer.
PENGHARGAAN
Prestasi:
ATP Career Finals, tunggal:
25 Oktober 2009, Runner-up ATP Rusia melawan Mikhail Youzhny
19 Juni 2010, Runner-up ATP Belanda melawan Sergiy Stakhovsky
27 Februari 2011, Runner-up ATP US melawan Juan Martín del Potro
18 Juni 2011, Runner-up ATP UK melawan Andreas Seppi
2 Oktober 2011, Juara pertama ATP Malaysia melawan Marcos Baghdatis
23 Oktober 2011, Juara pertama ATP Rusia melawan Viktor Troicki
30 Oktober 2011, Runner-up ATP Rusia melawan Marin Cilic
ATP Career Finals, ganda:
10 Januari 2010, Runner-up ATP India bersama Lu Yen-Hsun
24 Oktober 2010, Runner-up ATP Rusia bersama Viktor Troicki

Penghargaan:
2002, Best Male Tennis Player di Yugoslavia
2003, Best Male Tennis Player di Yugoslavia
2004, Best Male Tennis Player di Serbia dan Montenegro
SOCIAL MEDIA
twitter.com/TipsarevicJanko
facebook.com/pages/Janko-Tipsarevic-Official/141927235835621
jtipsarevic.com

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA