PROFIL BERDASARKAN ABJAD
MANCANEGARA
Jo-Wilfried Tsonga

Foto:

Jo-Wilfried Tsonga


Nama Lengkap : Jo-Wilfried Tsonga

Alias : Muhammad Ali of Tennis | LeMome | The Kid

Profesi : Olahragawan

Tempat Lahir : Le Mans, Perancis

Tanggal Lahir : Jumat, 2 April 1982

Zodiac : Aries

Warga Negara : Perancis


Ayah : Didier Tsonga
Ibu : Evelyne
Saudara : Sasha, Enzo
BIOGRAFI
Jo-Wilfried Tsonga adalah seorang pemain tenis profesional asal Perancis. Nama Tsonga cukup diperhitungkan di dunia tenis internasional setelah mengalahkan Rafael Nadal di Australin Open 2008, karena sebelumnya ia dikategorikan sebagai pemain yang tidak diunggulkan. Namun di babak final, Tsonga dikalahkan Novak Djokovic dan menjadi juara kedua.
 
Tsonga lahir dan dibesarkan oleh pasangan Didier Tsonga, mantan pemain bola tangan berdarah Kongo, dan Evelyne, seorang guru keturunan Perancis. Tsonga memiliki kakak perempuan yang tidak begitu menyukai olahraga, Sasha, dan seorang adik laki-laki bernama Enzo yang merupakan pemain basket dan anggota tim National Institute of Sports in Vincennes (suburb of Paris). Wajah Tsonga yang mirip dengan petinju dunia Muhammad Ali membuatnya dijuluki sebagai Muhammad Ali of Tennis.

Tsonga merupakan anggota Tennis Club de Paris (TCP), salah satu klub tenis terkenal di Paris, Perancis. Ia memulai karier gemilangnya di dunia tenis sejak di kelas junior. Tsonga berhasil menjuarai US Open Junior 2003 setelah mengalahkan Marcos Baghdatis dan sampai di babak semi final di tiga seri Grand Slam junior lainnya. Setahun kemudian, Tsonga menjadi petenis profesional, dimana ia sempat mengalami cedera di akhir tahun 2004. Cedera bahu kanan juga dialaminya di tahun 2005, kemudian sakit punggung dan bagian perut di sepanjang tahun tersebut sampai awal 2006. Di akhir tahun 2006 pun Tsonga masih mengalami kambuh cedera perutnya, sehingga menyebabkan ia hanya mampu tampil di 8 turnamen sepanjang masa cederanya tersebut.

Pada 2007, sedikit demi sedikit karier Tsonga mulai membaik, ia bahkan mendapat gelar ATP Newcomer of Year 2007. Tsonga juga berhasil menjadi runner-up di Grand Slam Australian Open 2008, setelah sebelumnya ia sanggup mengalahkan Rafael Nadal di semi final. Di situs resmi ATP (Association of Tennis Professionals), nama Tsonga berada di urutan ke-6 sebagai petenis terbaik sedunia sampai pada 14 November 2011.
PENGHARGAAN
Grand Slam finals:
Runner-up di Australian Open 2008 melawan Novak Djokovic
ATP World Tour finals:
Runner-up di London Championship 2011 melawan Roger Federer
Masters Series finals:
Juara pertama Paris Championship 2008 melawan David Nalbandian (tunggal putra)
Juara pertama Shanghai Championship 2009 bersama Julien Benneteau (ganda putra)
Runner-up Paris Championship 2011 melawan Roger Federer (tunggal putra)
SOCIAL MEDIA
twitter.com/tsonga7
facebook.com/tsonga
www.jowiltsonga.fr

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA