PROFIL BERDASARKAN ABJAD
MANCANEGARA
Mike Lazaridis

Foto:

Mike Lazaridis


Nama Lengkap : Mike Lazaridis

Alias : Michalis Lazaridis

Profesi : Tokoh Teknologi Informasi

Tempat Lahir : Istanbul, Turki

Tanggal Lahir : Selasa, 14 Maret 1961

Zodiac : Pisces

Hobby : Membaca | Teknologi

Warga Negara : Canada


No Relation
BIOGRAFI

Nama lengkapnya adalah Michalis Lazaridis. Namun ia biasa disapa Mike. Mike lahir pada tanggal 14 Maret 1961 di Istanbul, Turki. Saat umur lima tahun Mike pindah ke Kanada. Hal ini dikarenakan adanya Istanbul Program yang diadakan rutin sejak tahun 1955. Istanbul program merupakan program perpindahan tempat yang disediakan khusus bagi kaum minoritas Yunani yang ada di Istanbul untuk pindah dan menetap di Windsor, Kanada.

 

Mike kecil memiliki hobi membaca. Ia tidak pernah tidak menghabiskan hari tanpa membaca. Bahkan, julukan kutu buku pun melekat padanya. Pada tahun 1973, saat usianya menginjak umur 12 tahun, Mike mendapatkan penghargaan Windsor Public Library karena aktivitas membacanya di atas ambang batas. Ia telah menghabiskan seluruh buku yang ada di perpustakaan Windsor.

 

Berbeda dengan saat duduk di bangku sekolah dasar, Mike remaja lebih berminat pada fungsi alat dan barang elektronik. Minat di bidang elektronik mengantarkan Mike melanjutkan pendidikan di University of Waterloo jurusan Electrical Engineering dengan fokus ilmu komputer. Selain kuliah, Mike memulai usaha di bidang ilmu teknologi nirkabel yang dipelajarinya. Tahun 1984, semasa masih aktif menjadi mahasiswa, Mike memenangkan tender perusahaan raksasa otomotif General Motors. Ia bertugas merancang sistem display pengontrol jaringan komputer. Saat itu, ia mendapatkan hadiah berupa kontrak kerja senilai 500 USD. Berbekal hadiah dari dana kontrak ia mendirikan sebuah perusahaan bernama Research in Motion (RIM) dan melepaskan pendidikannya.

 

Awal mula berdirinya RIM, bergerak pada bidang teknologi barcode untuk film. Perlahan-lahan, RIM mulai merambah wireless dan selanjutnya memperkenalkan Blacberry pada tahun 1999. Sebelumnya, RIM bekerjasama dengan RAM Mobile Data dan perusahaan ponsel Ericsson mengembangkan Inter@ctive Pager 950. Sayang, pager yang berukuran sebesar sabun mandi ini kalah bersaing di pasaran.

 

Tak patah arang dengan hasil yang kurang memuaskan pada peluncuran produknya, Mike mulai merancang sebuah gadget yang dapat memenuhi kebutuhan pertukaran informasi dan data secara realtime melalui teks, suara, maupun push mail. Mendekati peluncuran gadget yang disebut-sebut pintar ini ada sebuah kendala yang menyebabkan Mike harus menemui produk penyedia jasa Lexico Branding, California. Berbagai nama dicoba diberikan pada gadget yang berwarna hitam legam tersebut yang pada akhirnya tercetuslah sebuah nama gadget pintar bernama Blackberry. Nama Blackberry ini diberikan setelah adanya logo gambar yang berbentuk butiran-butiran hitam yang ada pada gadget tersebut. 

Brand adalah penting bagi sebuah produk agar lebih mudah diingat. Terbukti dengan nama Blackberry, penjualan gadget pintar ini terus merangkak naik setiap tahunnya. 

Mempunyai sebuah perusahaan yang besar tak lantas membuat Mike berbangga diri. Sekalipun telah sukses namun ia tetap melakukan banyak riset dan belajar. Ia tak hanya belajar mengenai teknologi, tapi ia juga menguasai teknik pemasaran, manajemen, dan strategi produk ke seluruh dunia. Ia juga sering mendonasikan hasil keuntungan yang ia dapat untuk memajukan teknologi yang ada di University of Waterloo dan mendirikan Perimeter Institute for Theoritical Physics bersama dengan sesama ekskutif RIM yang lain, jim Balsillie dan Douglas Fregin.

 

Riset dan analisa: Atiqoh Hasan   

KARIR
  • Research in Motion, 1984-present
PENGHARGAAN
  • Order of Canada, 2006
  • Rektor kedelapan University of Waterloo, 2003
  • Canada's Nation Builder, 2002
  • Doctor of Engineering, University of Waterloo, 2000
  • Windsor Public Library, 1973
SOCIAL MEDIA
www.facebook.com/Mike Lazaridis

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA