PROFIL BERDASARKAN ABJAD
MANCANEGARA
Suzuki

Foto:

Suzuki


Nama Lengkap : Suzuki

Alias : Suzuki Motor Corporation

Profesi : Perusahaan

Warga Negara : Hamamatsu, Prefektur Shizuoka, Jepang


No Relation
BIOGRAFI

Suzuki Motor Corporation adalah produsen kendaraan seperti mobil, sepeda motor, mesin motor laut, kursi roda dan berbagai mesin pembakaran internal kecil lainnya yang berasal dari Jepang. Perusahaan ini didirikan oleh Michio Suzuki pada bulan Oktober 1909 di Hamamatsu, Shizuoka Prefecture, Jepang. Pada tahun 2011, Suzuki adalah produsen motor terbesar ke-10 di seluruh dunia. Beberapa saingan Suzuki adalah  Nissan, Mitsubishi, Mazda, dan Volkswagen. General Motors sempat memiliki mayoritas saham Suzuki.

Di Indonesia, Suzuki diproduksi dan didistribusikan oleh perusahaan Indomobil Group yang juga berpartner dengan Volvo, Nissan, Audi, Volks Wagen, dan HINO. Suzuki telah hadir di Indonesia sejak Oktober 2010 dan menyebarkan produk Suzuki ke seluruh Indonesia. Kini PT Suzuki Indonesia Sales memiliki kantor pusat di M.T. Haryono Kav.8, Jakarta 13330, Indonesia.

Sejarah Suzuki diawali pada tahun 1909 ketika Michio Suzuki mendirikan Suzuki Loom Works di Hamamatsu, Shizuoka Prefecture, Jepang. Pada tahun 1940, perusahaan mengalami perombakan hingga namanya diubah menjadi Suzuki Loom Manufacturing Co. dan mengangkat Michio SUzuki sebagai presiden perusahaan. 20 tahun kemudian, perusahaan membangun pabrik sendiri bernama Pabrik Takatsuka di Kami-mura, Hamana-gun, Shizuoka.

Beberapa pemboman saat perang pernah memaksa Suzuki menutup pabriknya. Namun, tak lama kemudian perusahaan ini bangkit dan mendaftarkan sahamnya di Bursa Efek Tokyo, Osaka dan Nagoya. Pada Mei 1950, perusahaan pernah mengalami krisis finansial akibat kesulitan yang dihadapi dengan karyawannya.

Sejak Juni 1952, perusahaan mulai memproduksi kendaraan bermotor dengan produk pertamanya yaitu sepeda motor Power Free 36cc. Menyusul kemudian sepeda motor Diamond Free 60cc pada bulan Maret 1953 dan Colleda 125cc pada Maret 1955. Perusahaan kemudian berganti nama menjadi Suzuki Motor Co., Ltd.

Pada tahun 1954, kapasitas produksi perusahaan telah mencapai 6.000 sepeda motor per bulan. Dengan kesuksesan ini, Suzuki kemudian membuat mobil Suzulight pada tahun 1955. Dengan diluncurkannya mobil ini, Suzuki menunjukkan komitmennya untuk menjadi perusahaan yang akan memberikan inovasi terdepan.


Kabar terakhir tentang kepemilikan saham Suzuki jatuh pada tanggal 15 Januari 2010 ketika Volkswagen AG menyelesaikan pembelian 19,9% saham Suzuki Motor Corporation dan membiarkan Volkswagen AG menjadi pemegang mayoritas saham Suzuki.

Riset dan Analisa oleh Kustin Ayuwuragil D.

Last update 16:00  9/11/2013

SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA