PROFIL BERDASARKAN ABJAD
MANCANEGARA
Tomas Berdych

Foto:

Tomas Berdych


Nama Lengkap : Tomas Berdych

Alias : No Alias

Profesi : Olahragawan

Tempat Lahir : Valašské Mezirící, Cekoslowakia

Tanggal Lahir : Selasa, 17 September 1985

Zodiac : Virgo

Warga Negara : Republik Ceko


Ayah : Martin
Ibu : Hana
BIOGRAFI
TomᚠBerdych merupakan pemain tenis profesional asal Republik Ceko. Prestasi terbaik Berdych adalah ketika ia berhasil mencapai runner-up di Turnamen Wimledon 2010, dan babak semifinal France Open 2010. Ia adalah petenis terbaik ke-7 dunia berdasarkan karier yang telah ia tempuh sejak terjun di tenis profesional sampai dengan 21 November 2011.

Berdych dibesarkan oleh pasangan suami istri Martin dan Hana. Martin, ayahnya, merupakan seorang insinyur kereta api, sementara Hana, ibunya, adalah seorang dokter. Pelatih Berdych sejak tahun 2008 adalah Tomas Krupa. Ia juga memiliki seorang psikoterapis pribadi bernama Martin Janousek. 

Berdych mulai bermain tenis ketika ia berusia 5 tahun di sebuah klub tenis di tempat tinggalnya, Valasske Mezirici. Dalam waktu singkat, Berdych berhasil berada di puncak kejuaraan tenis kelas junior. Setelah menjuarai Czech Championship, Berdych pindah ke klub tenis Prostejov, dimana ia menemukan lawan yang lebih menantang dan proses manajemen yang lebih baik. Latihan beberapa tahun membuat Berdych mampu memenangkan turnamen tenis bergengsi dengan lawan yang lebih tua darinya, salah satunya di Pardubice.

Berdych menjadi petenis profesional pada tahun 2002 saat usianya masih 17 tahun setelah peringkat dunianya naik sebanyak hampir 800 posisi di ATP (Association of Tennis Professionals). Di kejuaraan ATP Masters Series finals, Berdych pun berhasil menyabet juara pertama dalam Paris Championship 2005. Sementara prestasi terbaik yang Berdyh tunjukkan sampai saat ini di gelar Grand Slam adalah menjadi runner-up pada Turnamen Wimbledon 2010.
PENGHARGAAN
Grand Slam finals:
Runner-up Turnamen Wimbledon 2010 melawan Rafael Nadal
ATP Masters Series finals:
Juara pertama Paris Championship 2005 melawan Ivan Ljubicic
Runner-up Miami Championship 2010 melawan Andy Roddick
SOCIAL MEDIA
facebook.com/tomasberdych
www.tomasberdych.cz

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA